Oaktree Blog

Pengertian Perdagangan Internasional: Manfaat dan Untungnya

Pengertian Perdagangan Internasional Manfaat dan Untungnya

Pengertian perdagangan internasional adalah dinamika jual-beli barang dan jasa yang melintasi batas negara. Transaksi ini melibatkan berbagai pihak, mulai dari individu hingga entitas pemerintahan, dengan tujuan utama meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Product (GDP).

Manfaat perdagangan internasional tak terbatas hanya pada pertumbuhan ekonomi, melainkan juga merambah ke berbagai aspek lainnya seperti industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi, dan ekspansi perusahaan multinasional.

Pengertian Perdagangan Internasional Menurut Ahli

Berikut beberapa pandangan ahli mengenai pengertian perdagangan internasional:

  • Menurut Setiawan dan Lestari, perdagangan internasional adalah aktivitas perdagangan yang melibatkan penduduk suatu negara dengan negara lainnya, yang didasarkan pada kesepakatan bersama. Transaksi bisa terjadi antarindividu, antarperorangan dengan pemerintah, atau bahkan antara pemerintah negara.
  • Menurut Basri dan Munandar menjelaskan bahwa perdagangan internasional terjadi karena perbedaan sumber daya antar negara yang berkolaborasi. Ketika negara memiliki sumber daya yang berbeda dengan mitranya, maka terjadi kesempatan untuk memproduksi barang dalam jumlah yang cukup besar.
  • Menurut Huala Adolf mengartikan perdagangan internasional sebagai aktivitas tukar-menukar atau jual-beli antar negara, dengan tujuan memperoleh manfaat dan keuntungan.
Baca juga  Kemasan Tersier Adalah : Pengertian dan Contohnya

Mengapa Ada Perdagangan Internasional?

Faktor-faktor pendorong adanya perdagangan internasional meliputi:

  1. Kebutuhan Negara dan Masyarakat: Tiap negara memiliki kebutuhan yang bervariasi, dan tak mampu memproduksi semua kebutuhannya sendiri. Perdagangan internasional menjadi sarana untuk memenuhi kebutuhan yang tak dapat diproduksi dalam negeri.
  2. Perbedaan Sumber Daya Alam: Perbedaan sumber daya alam antar negara, seperti yang terjadi dalam perdagangan antara Indonesia dan Australia, menciptakan peluang pertukaran barang yang menguntungkan kedua belah pihak.
  3. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia: Untuk bersaing di pasar global, perlu adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), sehingga perdagangan internasional mendorong pengembangan SDM yang lebih baik.
  4. Peningkatan Pendapatan Negara: Pendapatan negara meningkat melalui pajak dan pendapatan dari transaksi ekspor dan impor.
  5. Perluasan Target Pasar: Perdagangan internasional memungkinkan perusahaan untuk memproduksi lebih banyak dan memperluas target pasar ke luar negeri.
  6. Perbedaan Iklim dan Selera: Perbedaan iklim memengaruhi hasil produksi, sehingga perdagangan internasional diperlukan untuk mengatasi perbedaan ini. Selain itu, perbedaan selera konsumen antarnegara menciptakan peluang perdagangan yang saling menguntungkan.
  7. Transportasi Antarnegara: Transportasi darat, udara, dan laut menjadi faktor penting yang mendorong perdagangan internasional.
  8. Mencari Dukungan Luar Negeri: Perdagangan internasional dapat digunakan untuk mencari dukungan luar negeri saat diperlukan, dengan banyak mitra dagang yang dapat memberikan dukungan.
Baca juga  Software Accounting Accurate Untuk Perusahaan Ekspor

Manfaat International Trade

Manfaat dari perdagangan internasional meliputi:

  • Membangun Persahabatan Antar Negara: Melalui ketergantungan ekonomi yang saling terjalin, perdagangan internasional membantu membangun hubungan persahabatan antar negara.
  • Akses ke Barang yang Tidak Diproduksi Secara Lokal: Perdagangan internasional memungkinkan akses ke barang-barang yang tidak diproduksi di dalam negeri, bergantung pada faktor seperti geografi, iklim, dan tingkat penguasaan teknologi.
  • Keuntungan dari Spesialisasi: Negara dapat fokus pada produksi barang tertentu, memanfaatkan keuntungan dari spesialisasi dalam perdagangan internasional.
  • Peningkatan Pendapatan dan Ekspansi Pasar: Melalui ekspor, negara dapat memperluas pasar dan meningkatkan keuntungan, memungkinkan penjualan produk berlebih ke luar negeri.
  • Transfer Teknologi Modern: Perdagangan internasional memfasilitasi transfer teknologi modern, memungkinkan negara untuk belajar teknik produksi yang lebih efisien dan manajemen yang lebih modern.
Baca juga  TMS Forwarder : Manfaat Teknologi TMS di Industri Forwarding

Penting untuk diingat bahwa perdagangan internasional juga memiliki kerugian, seperti kesulitan dalam beradaptasi di pasar global dan produk dalam negeri yang tidak dapat bersaing dengan barang impor. Keseluruhan, perdagangan internasional memiliki dampak yang signifikan pada ekonomi dan hubungan antar negara, serta mendorong pertumbuhan dan perkembangan di berbagai sektor.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top