Oaktree Blog

Mengenal Berbagai Jenis, Volume, dan Kapasitas Muatan Truk

Mengenal Berbagai Jenis, Volume, dan Kapasitas Muatan Truk

Blog Oaktree – Truk, si raksasa jalanan yang selalu siap mengangkut segala beban dengan kekuatannya yang hebat. Namun, tahukah kamu bahwa setiap truk memiliki muatan yang berbeda-beda? Ya, meskipun dari luar terlihat sama, namun kapasitasnya bisa bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti jumlah sumbu dan kapasitas volume muatan truk.

Apa Itu Sumbu Truk dan Kubikasi?

Sumbu truk adalah bagian tempat roda terpasang. Pada mobil biasa, umumnya hanya ada dua sumbu, tetapi pada truk, semakin banyak sumbu maka akan semakin banyak roda yang terpasang. Sedangkan kubikasi adalah volume suatu benda dengan ukuran panjang, lebar, dan tinggi yang berbeda atau sama. Satuan dari kubikasi ini disebut dengan CBM.

Baca juga  Tentang Pelabuhan Bali dan Informasi Menarik Yang Ada

Contoh sederhana perhitungan kubikasi adalah jika ada lemari dengan berat 20 Kg, panjang 1,5 meter, lebar 1 meter, dan tinggi 2 meter, maka kubikasinya adalah 150 x 100 x 200 cm / 1.000.000 (perhitungan standar sewa container) = 3 CBM.

Jenis, Volume, dan Kapasitas Muatan Truk

Dalam dunia logistik, penting sekali untuk mengetahui kapasitas muatan truk agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengiriman. Yuk, kita bahas lebih lanjut tentang muatan truk!

Truk Pickup

Kapasitas Muatan Truk Pickup

Truk pickup adalah yang paling sering kita jumpai di jalan raya Indonesia. Bentuknya kecil dengan kotak terbuka di bagian belakang. Biasanya memiliki 2 sumbu dan 4 roda.

Truk pickup dapat membawa muatan maksimal sekitar 1,5 ton dengan volume maksimal sekitar 1 CBM. Namun, ada juga jenis pickup bak yang memiliki volume lebih besar.

Baca juga  HS Code : Pengertian dan Cara Menggunakannya

Truk Colt Diesel Engkel (CDE)

Kapasitas Muatan Truk Colt Diesel Double (CDD)

Truk diesel ini biasa digunakan untuk perjalanan di jalan raya biasa. Memiliki 2 sumbu dan 4 roda, mirip dengan pickup. Truk CDE mampu membawa muatan rata-rata sekitar 2 ton dengan kubikasi sekitar 6 CBM. Cocok untuk mengangkut barang dari distributor ke supermarket atau dari pabrik.

Truk Colt Diesel Double (CDD)

Kapasitas Muatan Truk Colt Diesel Double (CDD)

Truk ini memiliki lebih banyak roda, yaitu 6 roda dengan 2 sumbu. Cocok digunakan untuk medan berat seperti perkebunan atau pertambangan. Muatannya lebih besar dari truk CDE, dengan kapasitas maksimal yang sesuai dengan kebutuhan medan berat.

Truk Fuso

Kapasitas Muatan Truk Fuso

Truk ini serupa dengan CDD, namun memiliki kapasitas yang lebih besar. Dikenal sebagai truk medium dengan kapasitas yang memadai untuk berbagai kebutuhan.

Baca juga  Porl of Lading : Dokumen Yang Harus Anda Ketahui

Truk Tronton

Kapasitas Muatan Truk Tronton

Truk ini menjadi favorit banyak ekspedisi karena harga yang terjangkau dan kemudahan dalam mengangkut barang. Memiliki 3 sumbu dan 10 roda. Bervariasi tergantung pada jenis dan ukuran truknya.

Truk Wingbox

Kapasitas Muatan Truk Wingbox

Truk ini memiliki sisi yang bisa dibuka sehingga memudahkan dalam proses bongkar muatan.
Kapasitas Muatan Truk Wingbox Tergantung pada jenis dan ukuran, namun umumnya memiliki kapasitas yang serupa dengan truk tronton.

Truk Trailer

Kapasitas Muatan Truk Trailer

Dirancang untuk mengangkut barang berat seperti alat berat atau kendaraan. Kapasitas Muatan Truk Trailer Sangat besar, tergantung pada jenis trailer dan sumbu yang digunakan.

Container bukanlah truk, melainkan peti kemas yang fleksibel untuk mengirim barang. Ada container 20 feet, 40 feet, dan high cube dengan variasi tipe dry dan reefer. Sangat cocok untuk pengiriman barang besar ke mana pun.

Dengan mengetahui berbagai jenis dan kapasitas muatan truk, kita bisa lebih efisien dalam mengatur pengiriman barang dan menjaga agar barang tetap aman selama perjalanan. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu!

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top