Oaktree Blog

Ukuran Dalam Kontainer 20 Feet : Ketahui Sebelum Kirim Barang

Ukuran Dalam Kontainer 20 Feet

Ketika berbicara tentang perdagangan internasional, ukuran dalam kontainer 20 feet seringkali menjadi ukuran standar yang digunakan untuk mengirimkan barang dari satu negara ke negara lain. Kontainer 20 feet adalah jenis kontainer yang paling umum digunakan untuk pengiriman barang melalui jalur laut dan memiliki kapasitas sekitar 33 kubik meter.

Berikut ini adalah beberapa informasi tentang ukuran dalam kontainer 20 feet:

Dimensi Fisik Ukuran Dalam Kontainer 20 Feet

Ukuran dalam container 20 feet adalah 6,06 meter panjang, 2,44 meter lebar, dan 2,59 meter tinggi. Hal ini membuatnya dapat menampung muatan seberat 28.200 kg, yang merupakan kapasitas maksimum yang diperbolehkan oleh badan regulasi pengiriman internasional.

Baca juga  Kebijakan Pemerintah Tentang Pemberitahuan Impor Barang

Jenis Kontainer

Selain kontainer 20 feet standar, ada juga beberapa jenis kontainer lainnya yang memiliki ukuran yang sama. Jenis kontainer tersebut antara lain:

  • Kontainer Open Top: memiliki tutup atas yang dapat dibuka untuk memudahkan pengisian dan pengosongan muatan yang lebih besar.
  • Kontainer Flat Rack: tidak memiliki sisi dan tutup atas, sehingga cocok untuk muatan berukuran besar atau berbentuk aneh.
  • Kontainer Reefer: dilengkapi dengan sistem pendingin dan cocok untuk pengiriman barang yang memerlukan suhu konstan, seperti makanan dan obat-obatan.
Baca juga  Pajak Impor Barang: Aturan dan Dampaknya

Jenis Muatan

Ukuran kontainer 20 feet cocok untuk mengirimkan berbagai jenis muatan, termasuk:

  • Barang dagangan umum seperti pakaian, mainan, dan aksesori elektronik.
  • Bahan baku industri seperti kawat baja, karet, dan plastik.
  • Barang kemasan yang membutuhkan perlindungan ekstra seperti peralatan rumah tangga, furnitur, dan seni.
  • Barang yang membutuhkan suhu kontrol seperti makanan dan obat-obatan.

Pengiriman Internasional

Kontainer 20 feet sering digunakan untuk pengiriman barang melalui jalur laut, yang merupakan pilihan yang lebih murah dibandingkan dengan pengiriman udara. Waktu pengiriman biasanya memakan waktu antara beberapa minggu hingga beberapa bulan, tergantung pada jarak dan rute pengiriman.

Baca juga  Apa Itu Container Depot dalam Bisnis Logistik Modern?

Harga Pengiriman Dalam Kontainer 20 Feet

Biaya pengiriman barang dalam kontainer 20 feet tergantung pada berbagai faktor, seperti jarak pengiriman, jenis muatan, dan jenis kontainer yang digunakan. Namun, dalam banyak kasus, pengiriman dalam kontainer 20 feet lebih ekonomis daripada pengiriman dalam kontainer yang lebih besar atau pengiriman melalui jalur udara.

Dalam kesimpulannya, ukuran kontainer 20 feet adalah standar yang umum digunakan dalam pengiriman barang melalui jalur laut di seluruh dunia. Ukuran yang cukup besar ini cocok untuk berbagai jenis muatan dan dapat membantu bisnis untuk menghemat biaya pengiriman internasional. Namun, dalam memilih jenis kontainer yang tepat, perlu dipertimbangkan jenis muatan, rute pengiriman, dan kebutuhan bisnis Anda.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top