Oaktree Blog

Apa Itu Palet? Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Apa Itu Palet Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Untuk rekan-rekan yang bergerak di sektor logistik atau ekspedisi, pasti tidak asing lagi dengan istilah palet. Apa itu Palet? Palet merupakan alat dengan struktur datar yang umumnya digunakan untuk mengangkut barang di dalam gudang ekspedisi.

Dalam upaya mempermudah proses pemindahan dan penempatan barang, perusahaan ekspedisi dilengkapi dengan beragam peralatan, termasuk palet. Palet dapat terbuat dari berbagai bahan, walaupun kayu adalah yang paling umum. Untuk lebih memahami tentang palet dan fungsinya, mari kita bahas lebih lanjut.

Apa itu Palet?

Dalam bahasa Inggris, palet diartikan sebagai struktur datar yang digunakan untuk menahan beban dengan posisi yang stabil. Dalam aktivitas pengiriman barang, palet berperan penting dalam mempermudah proses pengiriman dan penempatan barang.

Baca juga  Manifest Serah Artinya Dalam Pengiriman POS Indonesia

Secara umum, palet adalah platform horizontal yang memiliki 4 sisi yang memungkinkan untuk diangkat dan dipindahkan oleh truk, forklift, atau peralatan penanganan material lainnya. Fungsi utamanya adalah melindungi barang dan menahan beban di atasnya.

Biasanya, palet terbuat dari kayu, namun ada juga yang terbuat dari plastik dan kardus. Pemilihan bahan palet biasanya disesuaikan dengan berat barang yang akan diletakkan di atasnya.

Baca juga  Komunitas Importir Indonesia: Koneksikan Bisnis dengan Berkomunitas

Fungsi Palet

Palet umumnya digunakan dalam industri logistik untuk mempermudah pemindahan barang dari atau ke dalam gudang logistik. Barang yang diletakkan di atas palet akan memudahkan pekerja untuk membawanya. Setelah barang diletakkan di atas forklift, akan lebih mudah untuk diangkat dan dipindahkan. Palet juga berfungsi sebagai pelindung dari lantai yang basah atau benda-benda yang dapat merusak barang.

Jenis Palet

Dalam dunia logistik, terdapat berbagai jenis palet yang digunakan, antara lain:

Berdasarkan Drive Direction Palet:

  1. Palet 2 ways: Memiliki dua sisi yang memungkinkan forklift mengambil barang dari belakang dan depan.
  2. Palet 4 ways: Memiliki empat bagian untuk mengangkat, yaitu depan, belakang, kiri, dan kanan. Biasanya digunakan untuk mengangkat barang dalam tumpukan tinggi.
Baca juga  Software Accounting Accurate Untuk Perusahaan Ekspor

Berdasarkan Bahan Material Palet

  • Palet kayu: Umum digunakan karena kuat dan harganya terjangkau.
  • Palet plastik: Lebih awet dan tidak mudah rusak.
  • Palet kardus: Ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.
  • Palet logam: Sangat kuat dan kokoh, namun rentan terhadap air dan karat.

Dalam dunia logistik, sudah tahukan apa itu palet? palet merupakan perlengkapan yang sangat penting. Oleh karena itu, pemilihan jenis palet harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda memiliki gudang penyimpanan, pastikan untuk memiliki palet guna memudahkan proses pemindahan dan melindungi barang dari risiko kerusakan.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top