Oaktree Blog

Demurrage Adalah : Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya

demurrage adalah

Sebagian kita yang mungkin adalah pelaku dalam kegiatan ekspor impor mungkin tau dengan istilah demurrage, tetapi bagaimana dengan yang lain? dalam hal ini mungkin Anda membaca lebih agar bisa meningkatkan pengetahuan tentang ekspor impor.

Pada artikel ini kita akan coba membahas tentang demurrage, yang mungkin masih asing ditelinga kalian.

Pengertian Demurrage

Demurrage adalah biaya yang dikenakan untuk mengkompensasi pemilik kapal atau transportasi lainnya akibat keterlambatan pengiriman. Biaya ini timbul dari keterlambatan dalam pengiriman barang atau bahan bakar ke pelabuhan tujuan.

Demurrage merupakan bentuk dari kompensasi untuk pemilik kapal atau transportasi lainnya yang mengalami kerugian karena keterlambatan pengiriman.

Baca juga  Drop Point Artinya Titik Lokasi Pengambilan Barang

Pembayaran demurrage dimulai ketika suatu kapal tiba di pelabuhan tujuan terlambat. Pembayaran demurrage berakhir ketika barang atau bahan bakar yang dikirim telah diterima pada saat yang telah ditentukan.

Pembayaran demurrage dapat berupa uang tunai atau bentuk lainnya, tergantung pada kesepakatan yang dibuat antara pemilik kapal atau transportasi dan pihak pengirim.

Ketika menghitung biaya demurrage, beberapa variabel harus dipertimbangkan, seperti harga bahan bakar, lama pengiriman, dan biaya transportasi. Harga bahan bakar biasanya ditentukan berdasarkan jenis bahan bakar yang digunakan dan jumlah bahan bakar yang dibutuhkan. Lama pengiriman dipengaruhi oleh jarak yang harus ditempuh dan kondisi lalu lintas. Biaya transportasi berbeda-beda tergantung pada jenis barang yang dikirim dan lokasi tujuan.

Baca juga  Pengertian Sistem Produksi dan Jenisnya Yang Perlu Dipahami

Ketika menghitung biaya demurrage, pemilik kapal atau transportasi lainnya harus memperhitungkan biaya yang dikenakan akibat keterlambatan pengiriman. Biaya demurrage berbeda-beda untuk setiap pengiriman, tergantung pada jenis barang yang dikirim dan jarak yang harus ditempuh.

Demurrage bertujuan untuk memastikan bahwa pemilik kapal atau transportasi lainnya mendapatkan kompensasi yang adil karena keterlambatan pengiriman.

Biaya demurrage juga dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional, karena menciptakan insentif bagi pemilik kapal atau transportasi lainnya untuk memastikan bahwa pengiriman tiba di pelabuhan tujuan tepat waktu.

Mengenal Biaya Demurrage Saat Ekspor Impor

Dalam bisnins ekspor dan impor, kita sering mendengar dengan adanya denda yang dikenakan kepada pemilik barang, baik dari instansi pemerintah maupun denda yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan pelayaran (shipping line).

Baca juga  Arti Kata dari Vessel dalam Kelautan

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Bea Cukai Robert Leonard Marbun, Rabu (05/10) menjelaskan bahwa pengenaan denda oleh shipping line sebagai pemilik peti kemas kepada penyewa peti kemas atau pemilik barang, baik importir maupun eksportir umumnya terjadi karena adanya keterlambatan pengembalian peti kemas kepada pihak perusahaan pelayaran.“Tidak semua denda yang dikenakan kepada importir dan eksportir berasal dari instansi pemerintah. Denda juga bisa berasal dari pihak perusahaan pelayaran. Untuk menghindari tambahan biaya yang tidak perlu, baiknya importir,eksportir, dan masyarakat mengenal demurrage,” ujar Robert.

Selengkapnya dalam artikel beacukai.go.id

 

 

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top