Oaktree Blog

Overload Artinya: Kelebihan Muatan (Penyebab dan Solusinya)

Overload artinya

Bagi Anda yang menyukai belanja online, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Overload, bukan? Apalagi jika bertepatan dengan momen-momen tertentu, seperti saat liburan atau akhir tahun. Overload artinya berlaku untuk konteks pengiriman paket melalui jasa pengiriman, ya. Tidak dalam hal-hal umum lainnya.

Kata overload artinya jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebenarnya bisa diartikan sebagai “kelebihan muatan” yang sebenarnya memiliki arti yang luas.

Overload Artinya Dalam Pengiriman

Overload berarti melampaui kapasitas. Dalam hal pengiriman, ini berarti terlalu banyak barang yang dikirim, di luar kapasitas jasa pengiriman.

Mari kita ambil contoh sederhana. Sebagai contoh:

Layanan pengiriman dapat mengirimkan hingga 2000 paket per hari. Kemudian suatu hari ternyata paket yang masuk melebihi 2000 paket. Misalnya, hingga 4000 paket.

Baca juga  Fulfillment Adalah : Simak Penjelasan Lengkapnya

Maka jasa pengiriman pasti akan kewalahan dengan memproses 2000 paket, karena jumlah ini sudah melebihi kapasitasnya yang biasanya hanya mampu mengirim 1000 paket per hari. Kondisi ini disebut kelebihan beban.

Kapan dan Penyebab Overload Bisa Terjadi?

Overload biasanya terjadi saat hari libur atau akhir tahun. Selama waktu ini, jumlah pengiriman akan meningkat secara signifikan. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa kelebihan beban juga dapat terjadi pada hari-hari biasa.

Misalnya saja ketika ada online marketplace yang menjalankan sejumlah promosi menarik, seperti diskon besar-besaran dan lain sebagainya. Ini akan menarik pelanggan dan meningkatkan pasokan, yang menyebabkan kemacetan.

Efek dari Overload Pengiriman

Biasanya ketika jasa pengiriman kelebihan beban, hampir semua paket yang dikirim akan mengalami sedikit keterlambatan.

Misalnya, Anda biasanya mengirim atau menerima barang dalam 1-3 hari. Nah, bila overload bisa mencapai 1 minggu, atau bahkan lebih.

Solusi Overload Dalam Pengiriman

Bagi kita yang berbelanja atau berjualan secara online, tentunya kita ingin paketnya cepat sampai tujuan. Namun, karena kemacetan yang dialami oleh jasa pengiriman, saat ini tidak banyak yang bisa kami lakukan selain bersabar dan menunggu. Namun, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda mengatasi kemacetan pengiriman. Coba lakukan hal berikut:

Baca juga  Solusi Manajemen Pengiriman Freight Forwarding dari Oaktree.id

Penerima: Lakukan pembelian online terlebih dahulu

Di sini kami berasumsi bahwa Anda adalah penerima barang yang menerima paket dari situs atau aplikasi jual beli online. Nah, solusi agar paket kamu bisa lebih cepat terkirim adalah dengan berbelanja jauh-jauh hari. Misalnya, belanja sebelum liburan atau jauh sebelum akhir tahun.

Katakanlah Anda berbelanja 10 hari lebih awal setelah mengevaluasi probabilitas pengiriman. Dengan cara ini kita dapat menghindari kelebihan beban.

Pengirim: Gunakan layanan pengiriman tercepat

Saat mengirim paket, Anda akan menemukan beberapa layanan durasi pengiriman. Dengan asumsi Anda di sini sebagai forwarder. Disarankan untuk menggunakan layanan dengan pengiriman tercepat.

Baca juga  Freight Forwarding di Indonesia: Pentingnya Untuk Logistik

Misalnya, forwarder menawarkan dua jenis layanan:

Pengiriman paket dengan estimasi waktu pengiriman 1-3 hari.
Pengiriman paket dengan perkiraan waktu tiba besok.

Jadi condong ke pilihan layanan kedua, yaitu sampai besok. Oleh karena itu, paket kami bisa mendapatkan prioritasnya sendiri.

Penerima: ambil sendiri paketnya

Sangat penting untuk selalu mengecek nomor resi agar kita bisa mengetahui dimana paket tersebut berada saat ini.

Nah, agar lebih cepat, begitu kita tahu paket sudah sampai di kota tujuan, akan lebih baik jika kita langsung mengambilnya sendiri.

Pasalnya, mungkin kurir juga menemukan banyak paket untuk dikirim, sehingga proses pengiriman ke alamat yang bersangkutan akan memakan waktu lebih lama.

Oleh karena itu, akan jauh lebih cepat jika kita datang langsung ke kantornya untuk mengambil paket.

Pengirim dan penerima: hubungi pengirim

Jika kami sedang menunggu paket, tetapi ternyata proses pengirimannya di luar perkiraan, maka coba hubungi layanan pengiriman.

Dengan cara ini, ekspedisi akan menghubungi departemen terkait untuk mendapatkan informasi tambahan, yang akan dikirimkan kepada Anda nanti. Sudah ada banyak akun resmi ekspedisi di jejaring sosial.

Demikian informasi mengenai overload artinya kelebihan muatan yang pastinya ada dampak dan solusinya bagi Anda sebagai penerima maupun pengirim paket/barang.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top