Oaktree Blog

Ekspedisi Logistik : Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya

Ekspedisi logistik menjadi booming belakangan ini karena banyaknya e-commerce yang menjadi pilihan bagi masyarakat untuk melakukan sebuah transaksi.

Di tahun 2022 ke 2023 saja, industri untuk bidang ekspedisi atau logistik juga diprediksi akan kembali naik mengingat akan semakin banyaknya transaksi yang memerlukan banyaknya pengiriman dan semakin dengan mudah gitu lho.

Tetapi apakah Anda tau, kalau ekspedisi dan logistik mempunyai pengertian yang berbeda,? kita akan coba bahas tuntas di artikel ini ya, so pastikan kamu membacanya sampai habis.

Pengertian Ekspedisi dan Logistik

Dari 2 istilah berikut adalah hal yang berbeda.

Ekspedisi

Ekspedisi dalam hal umum artinya adalah suatu kegiatan berupa perjalanan untuk mencapai sebuah lokasi tertentu. Tujuannya bisa bervariasi, ada yang untuk penelitian maupun menjelajahi sebuah kawasan. Sampai sini mulai paham ya dengan pengertiannya?

Tapi jika kita mengaitkannya dengan kirim barang maka ekspedisi adalah adalah sebuah perusahaan yang mempunyai kegiatan mengirim barang dengan kapasitas sedang hingga kecil ke berbagai daerah.

Baca juga  Consolidasi Dalam Dunia Logistik Adalah

Pengiriman dengan jenis layanan ekspedisi, dinilai lebih cepat sampai karena ada pilihan layanan sampai dalam satu hari. Makanya layanan ini sangat populer di kalangan masyarakat.

Karena ada layanan yang mengacu pada kecepatan sampai dan harga yang lebih murah ketimbang layanan lain.

Logistik

Logistik memiliki arti yang mengacu lebih kepada pengelolaan berbagai jenis kegiatan yang berhubungan dengan kirim, pengadaan, penyediaan gudang, hingga menyimpan berbagai jenis barang dengan aturan yang jelas.

Jika kita berbicara soal logistik, jasa logistik adalah suatu perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman barang, gudang, manajemen, hingga transportasi. Jadi cakupan-nya lebih luas ketimbang ekspedisi. Logistik dalam hal ini bisa pengiriman jauh ya gaes, bisa sampai ke luar negeri atau mancanegara.

Baca Juga : Sistem Forwarding Indonesia : Maximalkan Bisnis Dengan Oaktree

Kenali 3 Jenis Macam Pengiriman Ekspedisi dan Logistik

Dari macam – macam pengiriman kategori ekspedisi atau logistik, secara umum sama. Simak 3 contoh jasa logistik dan ekspedisi dilihat dari rute pengirimannya.

  • Pengiriman Laut

Nah, perlu Anda ketahui bahwa pengiriman melalui jalur laut, bisa tergolong murah dan lebih banyak lokasi yang bisa dicapai. Hanya saja soal waktu sampai-nya akan lebih lama, karena tergantung pada kondisi rute laut yang dilewati kapal pembawa barang.

Baca juga  Shipment Being Held as Shippers Request, Apa itu Artinya?

Kalau kita dibandingkan (ojo dibandingke) dengan varian pengiriman yang lain, memang akan cukup lama tapi banyak yang memilih rute laut karena harganya yang lebih terjangkau.

Ada beberapa jenis kapal yang biasa digunakan untuk mengirimkan barang lewat ekspedisi maupun logistik, diantaranya adalah kapal cepat, kontainer. Kapal khusus pembawa barang yang juga disebut kapal kargo, dan kapal Pelni.

  • Pengiriman Darat

Ekspedisi maupun logistik banyak menggunakan pengiriman darat, alasannya karena proses pengiriman lebih mudah, juga tergolong aman soal pengemasan dan pelacakan selama proses kirim. Tapi soal jangkauan pengiriman lebih terbatas yaitu hanya antar provinsi yang ada di satu kepulauan.

Kekurangan yang perlu dijadikan pertimbangan adalah Loading barang di satu truk akan menunggu hingga truk penuh. Biasanya akan butuh waktu lama tergantung banyaknya barang.

  • Pengiriman Udara

Sementara untuk pengiriman udara sendiri, menggunakan armada pesawat terbang dengan kelebihan dari segi kecepatan sampai-nya barang dan praktis dari segi prosedur.

Baca juga  Sea Waybill : Pengertian & Fungsinya Pengiriman Barang Maritim

Namun pertimbangan yang membuat banyak orang berpikir dua kali untuk pakai rute udara adalah biaya pengiriman yang lebih mahal. Apalagi kalau dibandingkan dengan pengiriman laut dan darat.

Jumlah barang yang bisa dikirim juga terbatas hingga skala menengah saja, karena kapasitas beban pesawat yang juga terbatas.

Pengiriman udara memang lebih cepat, cuma dari biaya juga lebih mahal, kebanyakan dari kita menggunakan pengiriman darat yang ekonomis.

Di negara Indonesia sudah ada beberapa armada pesawat komersial yang menjadi andalan jasa ekspedisi maupun logistik, seperti Garuda Indonesia, Sriwijaya Air dan masih banyak lagi.

Nah Itulah penjelasan lengkap seputar pengertian hingga hal-hal penting lainnya seputar ekspedisi dan logistik. Semoga bermanfaat buat Anda, yang ingin menggunakan layanan tersebut.

Baca Juga : Expedited Shipping: Cek Pengertian dan Kelebihannya!

Software Ekspedisi Logistik?

Dari tadi kita sudah membahas tentang ekspedisi dan logistik, tapi tau gak kalau ternyata ada software yang bisa menghandle ini semua, software apa itu? Oaktree. Oaktree memberikan kemudahan untuk operasional logistik dan ekspedisi karena semuanya terintegrasi dengan satu sama lain.

Untuk informasi lebih lanjut bisa coba bertanya dulu ya ke sini.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top