Oaktree Blog

Expedited Shipping: Cek Pengertian dan Kelebihannya!

Expedited Shipping Cek Pengertian dan Kelebihannya!

Ketika Anda memiliki barang untuk dikirim, tidak ada waktu untuk disia-siakan. Terutama ketika Survei Wawasan Konsumen Global PwC menunjukkan ekspektasi untuk pengiriman yang cepat, fleksibel, dan andal lebih tinggi dari sebelumnya. Kabar baiknya bagi pengirim adalah bahwa pengiriman tidak harus rumit, dan kendala waktu adalah alasan mengapa Anda mungkin tertarik dengan expedited shipping.

Masih asing dengan konsepnya? Dalam posting ini, kami akan membahas pertanyaan expedited shipping yang paling umum untuk membantu Anda memutuskan apakah opsi ini tepat untuk Anda.

Apa itu expedited shipping?

Expedited shipping (pengiriman dipercepat) adalah metode pengiriman dimana barang dikirim lebih cepat dari biasanya. Untuk mempercepat proses, truk pengangkut barang yang akan dipercepat jarang berhenti di tengah perjalanan. Pengiriman dipercepat bergerak langsung dari penjemputan ke pengiriman. Biasanya, perusahaan truk yang menawarkan jasa angkutan barang cepat ini dalam satu truk dengan dua pengemudi yang bekerja secara bergiliran untuk mengurangi waktu tempuh.

Baca juga  Cara Menulis Alamat Paket Supaya Cepat Sampai Tujuan!

Seberapa cepat expedited shipping?

Jika biasanya dibutuhkan lima hari untuk paket Anda tiba, apa pun yang kurang dari waktu itu akan dipercepat. Namun, meskipun bervariasi menurut perusahaan, waktu pengiriman yang dipercepat rata-rata adalah 2 hingga 3 hari, yang menghemat satu atau dua hari dibandingkan dengan pengiriman standar.

Untuk memfasilitasi pengiriman dan memastikan pengiriman cepat, kami menyarankan pengirim untuk mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Tarif expedited shipping. Tarif pengiriman yang dipercepat dapat melebihi tarif standar. Penyedia layanan pengiriman online dapat membantu Anda mendapatkan tarif pengiriman terbaik dan paling kompetitif.
  • Pelacakan daring. Pastikan operator yang Anda gunakan memungkinkan Anda melacak paket Anda. Dengan cara ini Anda dapat melihat di mana pengiriman Anda dan mengantisipasi masalah yang mungkin timbul.
  • Pilihan pengiriman. Memahami opsi pengiriman Anda adalah penting. Apakah kargo akan duduk di satu atau dua truk? Apakah Anda memerlukan truk lengkap atau hanya sebagian?
Baca juga  Berapa Biaya Demurrage per Hari? Begini Perhitungannya!

Persiapan yang tepat dapat sangat membantu dan perusahaan 3PL dapat membantu merencanakan dan melaksanakan pengiriman.

Apakah expedited shipping sebanding dengan biaya?

Jika Anda membutuhkan pengiriman yang dikirimkan tepat waktu, maka expedited shipping sepadan dengan uangnya. Terlepas dari ukuran, semua pengiriman dapat dipercepat ketika datang ke urgensi.

Berikut adalah beberapa contoh di mana pengiriman yang dipercepat adalah pilihan yang layak:

  • Fasilitas medis membutuhkan alat dan perlengkapan untuk perawatan darurat.
  • Lead time membutuhkan restocking tepat waktu.
  • Ketika peralatan kritis gagal dalam operasi penambangan, suku cadang diperlukan untuk membuatnya tetap berjalan.

Skenario di atas adalah tipikal, tetapi layanan yang dipercepat dapat digunakan kapan pun Anda membutuhkan pengiriman ekspres. Biaya tambahan memberikan manfaat kecepatan, pemrosesan yang lebih sedikit, pembaruan pengiriman waktu nyata, dan keamanan tambahan untuk item Anda.

Pengiriman dipercepat vs pengiriman standar

Layanan pengiriman standar biasanya merupakan pilihan pengiriman termurah untuk toko online dan pelanggannya. Bergantung pada penyedia pemenuhan dan operator yang digunakan, pengiriman standar berarti antara tiga dan tujuh hari kerja sejak pesanan dikirim hingga saat pesanan tiba di depan pintu pelanggan.

Baca juga  KIR adalah Serangkaian Kegiatan Uji Kendaraan Bermotor

Beberapa perusahaan pengiriman membanggakan pengiriman dua hari sebagai standar mereka, sementara yang lain menjelaskan bahwa pengiriman standar berarti Anda harus menunggu sebentar untuk menerima pesanan Anda. Toko-toko dalam kategori terakhir umumnya menawarkan alternatif pengiriman dipercepat, seperti pengiriman 2 hari atau hari berikutnya, untuk pelanggan yang membutuhkan pesanan mereka lebih cepat.

Penting untuk dicatat bahwa sebagian besar penjual menghitung waktu pengiriman berdasarkan saat pesanan dikirim, bukan saat dibuat. Artinya, jika pesanan dilakukan dengan pengiriman 2 hari yang dipilih, 2 hari tersebut belum tentu termasuk waktu pemrosesan pesanan terutama jika waktu tersebut jatuh pada akhir pekan atau hari libur.

Pengiriman cepat vs pengiriman ekspres

Tergantung pada pengecer dan operator yang terlibat, pengiriman cepat dan pengiriman ekspres dapat memiliki berbagai arti atau digunakan secara bergantian. Secara umum, ketika opsi pengiriman ekspres dan dipercepat ditawarkan, pengiriman ekspres lebih cepat, sering kali berarti pengiriman 2 hari atau hari berikutnya, sedangkan dipercepat hanya berarti “lebih cepat dari standar”.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top