Oaktree Blog

Sistem Forwarding Indonesia : Maximalkan Bisnis Dengan Oaktree

Sistem forwarding Indonesia – Pertama – tama nih, kalian udah pada tau tentang forwarding belum, nah untuk yang belum tau mungkin bisa cek artikel kita yang lain yang membahas tentang forwarding ya. Nah Bagi Anda yang sudah paham sekiranya sudah tau pasti dengan alur atau flow dari bisnis sebuah forwarding atau forwarder?

Untuk Anda yang sudah tau flownya, pasti memerlukan sebuah sistem dalam menjalankan bisnisnya, karena sudah tau lah ya, bagaimana ribetnya proses pengiriman, komunikasi dan koordinasi dengan divisi marketing, belum kalau ada informasi apa – apa dari admin logistik. Wahh, tidak membayangkan bagaimana ribetnya pasti sangat sulit jika semuanya harus dikelola secara manual dan menggunakan kertas untuk pencatatannya.

Tapi tenang, dizaman yang serba digital ini, kami ada solusinya untuk Anda yang bisnisnya berkecimpung dalam dunia forwarding.

Kenalkan, Oaktree.

Pertama – tama kami coba jelaskan dulu ya, Apa itu Oaktree.

Apa Itu Oaktree?

Oaktree adalah sistem freight forwarding pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan berbagai divisi seperti marketing, operasional, finance dan accounting. Singkatnya seperti itu ya.

Nah di Oaktree itu mencakup apa saja? Freight Forwarding pastinya, Freight forwarding sendiri adalah Perusahaan yang bergerak di jasa pengangkutan barang secara keseluruhan, Freight forwading bisa berfungsi sebagai EMKL, Pelayaran, Jasa kepabeanan, bahkan pengiriman door to door.

Baca juga  Overbrengen Adalah? Pengertian & Penjelasan Lengkapnya

Tidak hanya itu, Oaktree juga mencakup untuk logistik, Logistik sendiri itu adalah Suatu rangkaian upaya yang mencakup efektivitas perencanaan, implementasi, sampai pengawasan atas suatu proses perpindahan produk barang atau jasa, energi, atau sumber daya lain, dari titik awal hingga titik pengguna.

Background dari oaktree sudah cukup untuk dipahami ya?

Lanjut.

Kenapa Harus Menggunakan Sistem Forwarding?

Mari kita bahas kenapa harus menggunakan sistem forwarding,

pertama – tama mari kita bayangkan jika kita tidak menggunakan sistem forwarding :

  • Manual atau Semi Systemized

Seperti diawal tadi ya semua prosesnya dikerjakan secara manual maka akan sangat merepotkan dari lini bisnis, contohnya apa yang manual? bisa dari pencatatan, transaksi, pengiriman, dan masih banyak lagi. Kerugian dari hal ini adalah apa? sudah pasti waktu yang pertama, dan tenaga yang terbuang sia – sia, karena daripada untuk memikirkan hal ini lebih baik dipergunakan untuk memikirkan hal lain dari segi ide bisnis atau pemasaran.

  • Delay Report

Anda harus tau bahwa dalam bisnis Forwarding akan ada yang namanya laporan terkait pengiriman atau apapun hal itu, nah itu jika Anda menggunakan sistem yang konvensional maka yang terjadi adalah lambatnya report yang terjadi.

  • High Error Rate

Manual akan menimbulkan banyaknya error, bisa saja kita typo untuk mengirimkan status, ya namanya manusia tingkat ketelitian dan fokus mereka sangatlah terbatas, karena itu akan ada banyak sekali error baik dari informasi, laporan dan hal lainnya.

  • Menggunakan kertas
Baca juga  Freight Forwarder adalah : Tugas dan Tips Memilih Forwarder!

Berapa banyak kertas yang akan Anda gunakan untuk membuat laporan? berapa banyak tinta yang akan terbuang untuk menuliskan report – report perjalanan atau pengiriman suatu barang? hal itu akan memakan waktu dan tenaga yang jelas, Anda akan mudah lelah, tim Anda akan sangat tidak fokus dalam pekerjaannya, karena penggunaan kertas.

Belum lagi kalau hilang, terbakar atau dibawa orang, sangat sangat tidak rekomendasi, dalam hal ini yang ada malah akan merugikan perusahaan.

  • Harus ke Kantor

Tidak adanya sistem membuat Anda dan tim harus ready selalu ke kantor, hal ini sangat membuang waktu, bayangkan jika kondisi sedang macet? atau sedang ada banjir, atau badai? Sudah pasti hal ini akan menghambat bisnis Anda untuk tetap berjalan. Koordinasi akan tersendat dan semua akan berantakan.

Nah, bisa dibayangkan kan, jika kalian tidak menggunakan sebuah sistem untuk menjalankan bisnis betapa rumitnya dan pusingnya yang akan terjadi.

Serba digital sekarang ini ada Oaktree.

Sistem Forwarding Oaktree

Seperti diawal yang sudah dijelaskan oaktree akan membantu perusahaan freight forwarding Anda dari segi sistem dan digital.

Baca juga  Pengiriman Barang Via Udara : Syarat dan Ketentuannya

Keuntungannya apa saja ya?

  • Integrasi Sistem

Oaktree ter-integrasi dengan sistem accounting seperti Accurate, sehingga Anda dapat dengan mudah mengelola pembukuan dari segi bisnis forwarding.

Integrasi juga terjadi dalam beberapa divisi, misal Marketing, Operasional, dan Accounting. Dengan oaktree semua menjadi kesatuan dalam sebuah modul yang akan sangat memudahkan penggunanya. Terutama Anda selaku pebisnis dalam bidang forwarding.

Apa lagi?

  • Live Report

Semua report akan hadir secara real time saat itu juga, sehingga akan memaximalkan waktu yang ada dan potensi yang bisa tercipta.

  • Low Error Rate

Dari segi error akan sangat kecil sekali ada, semuanya ter integrasi dengan sistem dan jelas, serta tersimpan dalam penyimpanan yang bisa diakses kapan dan dimana saja. Jadi untuk pebisnis hanya perlu fokus dari segi marketing untuk urusan seperti ini Oaktree sangat sangat bisa diandalkan.

  • Tidak menggunakan Kertas

Jelas ya, karena penyimpanan yang terletak dalam server cloud akan memudahkan kita dan tidak perlu lagi untuk menyimpan laporan dikertas, hal ini juga menghindari dari kehilangan data dan yang lain.

  • Kerja darimana saja

Kerjakan semuanya darimana saja, saat di mall, saat di cafe lagi kepikiran tentang laporan tinggal buka Oaktree semua tersaji secara real time dan saat itu juga.

Kesimpulannya

Sudah saatnya Anda mulai berfikir kedepannya, dunia sudah semakin digital jangan sampai tertinggal, khususnya Anda pelaku bisnis pakai Forwarding bisa menggunakan Oaktree sebagai sistemnya.

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami

Bagikan artikel ini ke

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Layanan paling populer di Indonesia untuk bisnis
EMKL EMKU Logistik Distribusi |