Oaktree Blog

Admin Logistik Adalah : Pengertian dan Tugas Tanggung Jawabnya

admin logistik adalah

Admin logistik mempunyai peran untuk mengurus administrasi logistik sebuah perusahaan, jadi pekerjaan ini sebenarnya mengurusi apa? bisa seperti pengelolaan barang seperti pengadaan, penyimpanan, dan pemeliharaan.

Bagi kalian yang berkecimpung dalam dunia forwarding atau freight forwarding mungkin akan lebih mengetahui tentang admin logistik. Dalam artikel ini akan kita coba jelaskan tentang pengertiannya itu sendiri, tugas dan tanggung jawabnya dalam melakukan pekerjaannya, berapa gaji dari admin logistik, serta tips dalam merekrut admin logistik.

Selanjutnya yuk mari kita bahas tentang admin logistik dibawah ini ya,

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Logistik

Seperti apa saja tugas dan tanggung jawab admin logistik, bisa kalian lihat dibawah ini ya :

Baca juga  Freight Forwarding di Indonesia: Pentingnya Untuk Logistik

1. Melakukan Pengadaan dan Pemrosesan Barang

Dalam pekerjaannya seorang admin logistik biasanya melakukan proses pengadaan, biasanya untuk proses pengadaan sendiri adalah biasanya mencakup dengan pemrosesan barang yang akan siap kirim. Selain itu juga terkait dengan detail pekerjaan lainnya harus memahami arus rantai pasokan barang, aset dan juga sistem pengiriman. Karena proses pengiriman ini memiliki sistem dan log pengiriman yang harus diisi oleh admin.

2. Mengoperasikan Software tentang logistik dan melakukan monitoring

Seorang admin logistik biasanya dibantu oleh software yang menangani hal ini, salah satu software yang bisa digunakan adalah oaktree.id.

Untuk pencatatan sendiri biasanya menggunakan sotftware ERP atau software lain yang menunjang pekerjaan dari seorang adminlogistik.

Seorang admin logistik harus mampu mengoprasikan perangkat lunak pengiriman, agar bisa melakukan pelacakan sistem pengiriman. Agar tepat waktu dan memastikan tidak ada kendala pengiriman. Serta menjaga komunikasi dengan kurir, agar tidak miss dalam pengiriman dan mengefektifkan pengiriman.

Baca juga  Arti FOB : Pengertian, Asal & Tujuan Free On Board

3. Melakukan perbaruan catatan persediaan dan lokasi barang

Setiap pekerjaan ataupun lokasi dimana barang itu biasanya diletakkan, akan selalu ada update terkait dengan stok dan jumlah dari barang ataupun lokasi. Biasanya untuk waktu tertentu perusahaan akan melakukan cek fisik atau yang biasa dikenal dengan stock opname.

4. Membuat laporan administrasi

Dalam setiap pekerjaan yang dilakukannya, admin logistik wajib untuk membuat yang namanya laporan administrasi karena hal ini adalah yang perlu karena memastikan untuk gudang bisa menampung barang datang dan penataannya sesuai dengan kategori barang. Peletakan barang, dan memastikan muat atau tidaknya sehingga bisa melakukan analisa ketersediaan barang cukup antara pemesanan dan ruang yang  tersedia.

5. Selalu melakukan koordinasi dengan staff internal dan komunikasi dengan vendor

Melakukan pekerjaan adalah sesuatu hal yang harus untuk koordinasi antar divisi, entah itu divisi marketing, divisi operasional ataupun finance. Hal ini akan memudahkan karena kita bekerja untuk mencapai tujuan dari perusahaan atau organisasi.

Baca juga  Apa Itu Shipping Instruction? Simak Penjelasan Lengkapnya

6. Melakukan pengecekan surat dan transaksi yang masuk – keluar gudang

Surat dan transaksi adalah pekerjaan yang harus dilakukan seorang admin khususnya adminlogistik, hal ini sangat diperlukan karena penting untuk membuat surat dan transaksi yang masuk serta keluar untuk kepentingan logistik. Hal ini kami meyakini adalah pekerjaan yang memerlukan detail dan teliti karena menyangkut dengan legalitas sebuah perusahaan.

Rata – Rata Gaji Untuk

gaji admin logistik
gaji

Mengutip dari Indeed, rata – rata gajinya sendiri untuk di Indonesia sendiri mencapai 3.792.811 nah hal ini tergantung dari tempat dimana kalian tinggal, karena biasanya untuk gaji sendiri bisa berbeda – beda.

Baca Juga : Bea Cukai (Customs) : Pengertian dan 2 Contoh Barangnya

Software Untuk Admin Logistik

Kita semua tahu bahwasannya dalam pekerjaan memerlukan yang namanya software untuk menunjang aktivitas pekerjaannya,

kita ingin share sedikit tentang oaktree, Oaktree adalah software yang bisa menghandle beragam divisi mulai dari marketing, operasional, dan finance serta accounting. Semua tugas dan tanggung jawab admin tadi bisa diserahkan dengan software oaktree. Masalah surat menyurat akan langsung terkitim otomatis dan penerima akan mendapatkan notifikasi jika mereka mendapatkan surat.

Untuk masalah peng-kategorian barang, semuanya bisa dengan mudah terselesaikan dengan oaktree, Anda tidak perlu khawatir dengan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang software oaktree bisa menghubungi kami di Whatsapp.

Terimakasih sudah membaca artikel ini ya, semoga bermanfaat dan selalu dalam keadaan sehat!.

 

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top