Oaktree Blog

Freight Forwarder adalah : Tugas dan Tips Memilih Forwarder!

Freight Forwarder adalah

Apa Itu Freight Forwarder?

Freight forwarder adalah individu atau perusahaan yang dapat membantu Anda menavigasi kompleksitas logistik dalam hal mengelola pengiriman, ekspor dan impor barang. Freight forwarder menggunakan keahlian logistik, pengetahuan bea cukai, dan jaringan mitra pengiriman mereka untuk membantu perusahaan mengirim dari A ke B sambil mengoptimalkan pengiriman untuk kecepatan dan biaya.

Freight forwarder datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Forwarder yang lebih kecil mungkin berspesialisasi hanya dalam satu jenis pengiriman atau hanya beberapa jalur pengiriman di mana mereka memiliki hubungan dengan mitra lokal mereka. Beberapa dapat menawarkan jasa pengiriman barang melalui laut atau udara, atau keduanya. Forwarder yang lebih besar pada dasarnya adalah freight forwarder global.

Beberapa perusahaan ekspedisi menggunakan kendaraan dan gudang mereka sendiri, tetapi ada juga perusahaan pengiriman yang beroperasi tanpa memiliki aset ini dengan memilih operator terbaik untuk setiap bagian pengiriman.

Sebagai contoh, Janio mengkhususkan diri dalam pengiriman barang internasional ke dan di seluruh Asia Tenggara. Dari layanan angkutan udara dan laut internasional di seluruh pasar utama seperti Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Filipina hingga membantu impor dari negara-negara seperti Inggris dan Australia. Layanan truk lintas batas antara Malaysia dan Singapura juga tersedia.

Tugas & Fungsi Freight Forwarder

Definisi apa itu pengirim barang, apa yang mereka lakukan dan keuntungan menggunakan perusahaan ekspedisi

Baca juga  Freight Forwarding di Indonesia: Pentingnya Untuk Logistik

Jika Anda mulai berekspansi secara internasional dan tidak terbiasa dengan seluk beluk pengiriman internasional, kesalahan bisa merugikan. Penampungan Anda terjebak di bea cukai akan mendatangkan malapetaka pada operasi Anda dan sulit untuk diselesaikan.

Freight forwarder berfungsi sebagai perantara antara pengirim dan mitra pengiriman yang diperlukan pada setiap langkah untuk mendapatkan kiriman mereka dari titik A ke B. Mereka dapat dianggap sebagai agen perjalanan untuk kargo.

Dalam proses mengelola pengiriman internasional Anda, pengirim barang pada dasarnya mengelola bea cukai atas nama Anda dan mengatur serta mengelola pengiriman Anda untuk mendapatkan hasil yang paling ekonomis.

Freight Forwarders Menavigasi Ekspor dan Impor Bea Cukai

Proses bea cukai bisa jadi rumit, terutama di kawasan seperti Asia Tenggara di mana setiap negara memiliki prosedur dan persyaratan kepabeanan sendiri.

Banyak forwarder internasional menyediakan layanan perantara pabean di mana mereka menangani dokumentasi pabean dan prosedur bea cukai di negara pengimpor dan pengekspor atas nama Anda. Perusahaan ekspedisi yang berpengalaman akan terbiasa dengan proses bea cukai di berbagai negara ini dan membantu menjaga pengiriman Anda tetap sesuai.

Mereka akan memberi tahu Anda tentang dokumen mana yang harus diperoleh saat mengatur ini sehingga semua dokumen yang diperlukan diserahkan tepat waktu. Ini penting untuk Asia Tenggara di mana bea cukai bisa menjadi rumit karena setiap negara memiliki peraturan dan persyaratan bea cukainya sendiri. Bekerja dengan forwarder dengan pengalaman pialang pabean regional yang mapan dapat membantu menjaga pengiriman Anda bergerak dengan lancar dari titik A ke titik B.

Baca juga  Proof Of Delivery adalah: Pengertian, Cara dan Manfaatnya

Khususnya untuk pengirim baru, bekerja dengan pengirim barang yang tepat dapat menghemat waktu berharga perusahaan Anda yang dapat dihabiskan untuk mempelajari prosedur ini dari awal. Penghematan waktu yang diperoleh dari ini adalah bagian dari alasan mengapa perusahaan tertentu yang lebih mapan juga bergantung pada perusahaan ekspedisi.

Freight Forwarders Mengoptimalkan dan Mengelola Pengiriman

Apakah pengirim pilihan Anda memiliki armada sendiri atau sebaliknya, mereka akan memberi tahu Anda moda transportasi mana yang paling sesuai untuk kebutuhan pengiriman Anda saat ini, kemudian mengatur semua yang diperlukan untuk melakukan pengiriman dengan mitra jaringan mereka. Freight forwarder cenderung melakukan hal berikut untuk membantu Anda:

  • Memilih maskapai yang tepat di setiap bagian perjalanan untuk rute tercepat dan paling ekonomis – baik laut, udara, atau darat
  • Menegosiasikan tarif pengiriman massal untuk memberi Anda harga yang lebih baik
  • Menyelenggarakan dokumentasi bea cukai
  • Pelacakan Status Kargo – terutama jika mereka memiliki portal online yang melayani pengiriman internasional
  • Pemecahan masalah – Freight forwarder juga turun tangan jika ada kemungkinan terjadi kesalahan dengan kiriman Anda
  • Operator besar dapat memberi Anda layanan hebat ke banyak negara, tetapi dengan biaya tinggi. Untuk mendapatkan layanan hebat dengan harga yang wajar, diperlukan hubungan dengan beberapa operator spesialis lokal. Terutama jika Anda melakukan pengiriman ke beberapa negara, menjaga hubungan dengan banyak dari jenis operator ini dapat menjadi tantangan.

Dengan bekerja dengan forwarder, Anda dapat memanfaatkan pengoptimalan mereka untuk biaya dan kecepatan yang berasal dari hubungan baik dengan operator mereka tanpa perlu membangun hubungan ini dari bawah ke atas.

Baca juga  Receiving adalah: Bukan Sekadar Terima Tapi Lebih dari Itu

Cara Mendapatkan Hasil Maksimal dari Jasa Freight Forwarder

Jika ini adalah pertama kalinya Anda bekerja dengan pengirim barang, pertemuan awal biasanya mencakup hal-hal berikut:

  • Mereka akan mencakup semua yang perlu Anda ketahui tentang pengiriman, dan juga menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin Anda miliki tentang jalur dan pengiriman Anda. Mereka juga akan memberi saran tentang dokumen pengiriman utama yang mungkin Anda perlukan, atau jika ada dokumentasi khusus seperti izin atau lisensi yang diperlukan untuk pengiriman Anda
  • Mereka akan memberikan saran dan memberikan opsi yang lebih sesuai dengan pengiriman Anda dan kebutuhan logistik Anda saat ini
  • Perwakilan pengirim barang Anda juga akan memberi tahu Anda tentang kemajuan pengiriman Anda atau jika ada risiko penundaan yang signifikan.
  • Beberapa mungkin juga memiliki solusi teknologi seperti portal pengiriman yang memberikan pembaruan rutin pada semua pengiriman barang internasional Anda.

Ini juga membantu mempersiapkan informasi berikut untuk membuat pertemuan lebih efisien dan efektif:

  • Incoterm – mis. apakah Anda menyetujui persyaratan FOB atau CIF dengan pihak pembelian (impor) atau penjualan (ekspor) Anda
  • Komoditas – jenis produk yang ingin Anda kirim
  • Kode HS (jika ada) – Kode Sistem Harmonisasi yang digunakan untuk mengidentifikasi jenis barang yang Anda kirim
  • Pelabuhan Asal
  • Pelabuhan Tujuan
  • Kuantitas – jumlah barang yang dikirim
  • Berat kotor dan volumetrik – Berat kotor adalah berat sebenarnya dan berat volumetrik adalah berapa banyak ruang yang dibutuhkan
  • Dimensi – panjang x lebar x tinggi
  • Tanggal Kesiapan Kargo – perkiraan tanggal saat kargo siap untuk dikirim
  • Apakah Anda mengirimkan barang berbahaya (DGR)?
  • Faktur komersial dan daftar pengepakan
  • Alamat pengambilan
  • Alamat pengiriman

Demikian informasi mengenai freight forwarder, semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top