Oaktree Blog

Shipper Artinya: Peran dan Tips Penting dalam Pengiriman Kargo

Shipper Artinya Peran dan Tips Penting dalam Pengiriman Kargo

Siapa sebenarnya yang dimaksud dengan “shipper artinya” di dunia kargo, terutama dalam konteks pelanggan vendor? Istilah ini sering disebut, tetapi apa yang sebenarnya bisa mereka lakukan di ranah pengiriman barang?

“Shipper” artinya yang berasal dari bahasa Inggris dan diartikan sebagai “pengirim,” dalam konteks bahasa Indonesia merujuk pada seseorang yang meminta layanan pengiriman melalui ekspedisi atau jasa pengiriman. Meskipun istilah ini kerap disebut dalam dunia logistik, namun, seorang shipper bukanlah pelaku langsung pengiriman. Dalam bahasa Indonesia, istilah ini bisa disandingkan dengan kurir atau sopir untuk pengiriman besar yang menggunakan truk.

Pengertian Shipper

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, “shipper” memiliki arti harfiah sebagai “pengirim” dalam bahasa Indonesia. Kata “pengirim” sendiri bersumber dari kata “kirim,” yang berada dalam kelas nomina atau kata benda, merujuk kepada nama orang, tempat, atau benda lainnya.

Baca juga  Freight Forwarding System Software

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), “pengirim” adalah orang yang mengirim atau orang yang menyuruh untuk menyampaikan. Dengan melihat definisi harfiah dari KBBI, dapat disimpulkan bahwa istilah “shipper” merujuk pada individu yang meminta layanan pengiriman kepada jasa kargo. Orang yang mengirim barang tersebut kemudian dapat disebut sebagai supir atau kurir.

Tips Sebelum Mengirim Barang (Pertama Kali)

Bagi mereka yang baru pertama kali menjadi shipper atau ingin mengirim barang, ada beberapa tips sederhana untuk memastikan pengalaman pengiriman pertama tidak merepotkan.

Baca juga  CDD (Colt Diesel Double) Definisi dan Perbedaan dengan CDE

Pahami Jasa Pengiriman di Indonesia

Sebelum mengirim barang, lakukan riset terhadap jasa pengiriman yang tersedia di Indonesia. Cari informasi melalui pencarian daring dengan kata kunci seperti “jasa ekspedisi murah di Indonesia.” Kunjungi situs web masing-masing dan cari produk pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan.

Kenali Produk dari Setiap Jasa Pengiriman

Produk pada jasa pengiriman umumnya mencakup layanan same day service, besok sampai, pengiriman reguler, pengiriman ekonomis, dan pengiriman cargo LTL. Pahami jenis produk ini dan pilih sesuai dengan kebutuhan, apakah Anda memerlukan pengiriman cepat, ekonomis, atau yang lebih santai dengan harga terjangkau.

Baca juga  Surat Penawaran Barang: Memahami Pentingnya dalam Bisnis

Pelajari Cara Packing Barang

Pelajari cara packing barang dengan teliti, sesuai dengan jenis barang yang dikirim. Gunakan material seperti bubble wrap, plastik pembungkus, karton, atau styrofoam untuk barang yang tidak tahan banting. Pastikan tidak ada ruang kosong agar barang tidak goyang atau tumpah.

Tulis Alamat Pengiriman dengan Benar

Menulis alamat pengiriman yang benar sangat penting. Pastikan barang sampai sesuai dengan alamat yang dicantumkan. Sertakan juga alamat pengirim untuk memudahkan kurir menghubungi jika diperlukan.

Cari Pengiriman Terdekat dengan Lokasi Rumah

Temukan kantor cabang jasa pengiriman terdekat dengan lokasi rumah. Pilih J&T, SiCepat, JNE, Tiki, atau Pos Indonesia yang berada dalam jarak dekat. Mulailah dengan mengirim barang dari kantor cabang terdekat untuk memahami kebutuhan dan prosedur pengiriman.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menjalani pengalaman pengiriman barang yang lebih lancar, terutama bagi mereka yang baru pertama kali terlibat dalam proses pengiriman kargo.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top