Oaktree Blog

Pengertian CHC & THC dalam Industri Pengiriman Kontainer

Pengertian CHC & THC dalam Industri Pengiriman Kontainer

Industri pengiriman kontainer adalah dunia yang kompleks dengan berbagai istilah dan konsep yang perlu dipahami. Salah satu aspek kunci dalam bisnis ini adalah Container Handling Charge, yang dikenal sebagai CHC (Container Handling Charges) dan juga biaya tambahan yang dikenal sebagai THC (Terminal Handling Charges). Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi kedua konsep ini dan memahami pengertian CHC dan THC serta dampaknya dalam industri pengiriman kontainer.

Pengertian Container Handling Charge (CHC)

Penting untuk memiliki pemahaman yang kokoh tentang apa itu CHC sebelum melangkah lebih jauh. Jadi pengertian CHC, atau Container Handling Charge adalah merujuk pada biaya yang dikenakan oleh pengelola terminal petikemas kepada perusahaan pelayaran atau shipping line. Biaya ini mencakup layanan dari saat kapal sandar di pelabuhan hingga kontainer ditumpuk di area penumpukan atau stacking/container yard. Dalam esensi, CHC adalah kontribusi atas jasa penanganan yang dilakukan oleh pengelola terminal.

  • Mengapa CHC Dikenakan oleh Pengelola Terminal
    Pertanyaan yang sering muncul adalah mengapa CHC perlu ada. Pengelola terminal harus memastikan operasional yang lancar, termasuk bongkar muat kontainer secara efisien dan pengelolaan area penumpukan yang aman. Biaya CHC sebenarnya mencerminkan porsi dari biaya operasional ini, dan hal ini penting dalam menjaga kualitas layanan terminal serta infrastruktur yang diperlukan.
  • Proses CHC dari Kapal Hingga Tumpukan Kontainer
    Proses CHC dimulai ketika kapal tiba di pelabuhan dan muatan mulai dibongkar. Pengelola terminal bertanggung jawab atas penanganan kontainer selama tahap ini, termasuk pengaturan logistik internal, pemindahan, dan penyimpanan kontainer dengan aman. Proses ini berlanjut hingga kontainer ditempatkan dalam tumpukan di area penumpukan. Setiap langkah dalam proses ini memiliki biaya yang mencakup perawatan dan pengoperasian fasilitas terminal.
  • Pengaruh CHC Terhadap Biaya Pengiriman
    Penting untuk diingat bahwa biaya CHC merupakan faktor yang harus diperhitungkan dalam perencanaan biaya pengiriman. Shipping line harus mempertimbangkan biaya ini ketika menentukan harga pengiriman kepada klien mereka. Oleh karena itu, pemahaman yang jelas tentang struktur biaya CHC dapat membantu shipping line dalam menentukan harga yang kompetitif dan realistis.
Baca juga  Stripping Container adalah dan Segala Kearifan di Dalamnya

Pengertian THC dalam Pengiriman Kontainer

Selain pengertian CHC, biaya yang sering kali ditemui dalam pengiriman kontainer adalah THC atau Terminal Handling Charges. THC merujuk pada biaya tambahan yang dikenakan oleh perusahaan pelayaran kepada pemilik barang atau pengirim. Meskipun terdengar mirip dengan CHC, THC memiliki peran dan sumber yang berbeda.

Kaitan Antara Pemilik Barang, Perusahaan Pelayaran, dan THC

THC sebenarnya adalah pungutan yang dilakukan oleh perusahaan pelayaran asing, bukan oleh pengelola terminal. Ini menciptakan kerancuan yang kadang-kadang membuat pengirim atau pemilik barang mengira bahwa biaya tersebut merupakan tanggung jawab pengelola terminal. THC sebenarnya mencakup biaya pengumpulan dan pengangkutan kontainer kosong dari dan ke pelabuhan muat.

Baca juga  Overload Artinya: Kelebihan Muatan (Penyebab dan Solusinya)

THC, sebagai biaya tambahan, secara langsung mempengaruhi total biaya pengiriman barang. Ketika pemilik barang atau pengirim menerima tagihan pengiriman, biaya THC akan menjadi bagian dari jumlah yang harus dibayarkan. Oleh karena itu, pemahaman tentang bagaimana THC dihitung dan diterapkan sangat penting dalam merencanakan anggaran pengiriman.

Perbedaan CHC dan THC

Penting untuk memahami pengertian dan perbedaan antara CHC dan THC. CHC merupakan biaya yang dikenakan oleh pengelola terminal untuk jasa penanganan kontainer di dalam terminal. Di sisi lain, THC adalah biaya tambahan yang dikenakan oleh perusahaan pelayaran sebagai bagian dari total biaya pengiriman.

  • Pemungutan THC di Indonesia: Proses dan Pengaruhnya
    Di Indonesia, pemungutan THC dilakukan oleh pelayaran nasional yang bertindak sebagai agen untuk perusahaan pelayaran asing. Proses ini melibatkan penagihan kepada pemilik barang atau pengirim sebagai bagian dari biaya pengiriman. Meskipun pemungutan dilakukan oleh pelayaran nasional, nilai THC sebenarnya ditetapkan oleh perusahaan pelayaran asing.
  • Organisasi Liner Conference yang Mengatur Pemungutan THC
    Pemungutan THC biasanya diatur melalui organisasi liner conference. Ini adalah organisasi yang terdiri dari perusahaan pelayaran yang beroperasi dalam rute yang sama. Mereka bekerja sama untuk mengatur tarif, biaya tambahan seperti THC, dan berbagai aspek lain dari pengiriman kontainer.
  • Dampak Pemungutan THC Terhadap Ekonomi dan Industri
    Pemungutan THC memiliki dampak yang dapat dirasakan dalam ekonomi dan industri. Pada satu sisi, ini adalah sumber pendapatan tambahan bagi perusahaan pelayaran asing. Namun, pada sisi lain, pemungutan ini juga dapat mempengaruhi harga barang dan layanan yang dikirimkan, serta dapat mempengaruhi daya saing produk dalam pasar global.
  • Kontroversi Seputar CHC dan THC
    Kesalahpahaman antara pengirim, pemilik barang, dan pengelola terminal sering kali timbul karena kurangnya transparansi dalam komunikasi tentang biaya pengiriman. Pengirim mungkin tidak sepenuhnya memahami perbedaan antara CHC dan THC, yang dapat mengarah pada konflik atau ketidakpuasan.
  • Solusi untuk Mengatasi Kontroversi Terkait CHC dan THC
    Untuk mengatasi kontroversi yang sering muncul, beberapa solusi dapat dipertimbangkan. Salah satunya adalah meningkatkan keterbukaan dan edukasi kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pengiriman kontainer. Ini melibatkan pengelola terminal, perusahaan pelayaran, pemilik barang, dan pihak-pihak terkait lainnya. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana CHC dan THC berfungsi, diharapkan kesalahpahaman dapat diminimalkan.
Baca juga  KIR adalah Serangkaian Kegiatan Uji Kendaraan Bermotor

Kesimpulan: Pentingnya Pemahaman CHC & THC dalam Industri Pengiriman

Dalam kesimpulan, pengertian CHC dan THC adalah aset berharga dalam industri pengiriman kontainer. Sebagai pemilik barang atau perusahaan pelayaran, pemahaman yang baik tentang kedua biaya ini dapat membantu dalam perencanaan angkutan yang efisien dan memastikan bahwa biaya pengiriman tetap terkendali. Dengan pemahaman yang lebih besar, kita dapat menghadapi masa depan industri pengiriman dengan lebih siap dan kompeten.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top