Oaktree Blog

Accrued Expense adalah: Pengertian, Jenis, & Contoh Kasusnya

Accrued Expense Pengertian, Jenis, & Contoh Kasusnya

Blog Oaktree – Accrued expense adalah beban yang telah diakui dalam laporan keuangan perusahaan, meskipun pembayarannya belum dilakukan. Ini menjadi bagian penting dari metode akuntansi akrual yang mencatat transaksi berdasarkan waktu terjadinya, bukan saat pembayaran dilakukan. Berikut adalah pengertian, jenis, dan contoh kasus accrued expense:

Pengertian Accrued Expense

Secara sederhana, accrued expense adalah beban atau pengeluaran yang sudah diakui dalam laporan keuangan perusahaan, meskipun pembayarannya belum dilakukan. Hal ini mencatat kewajiban perusahaan untuk membayar biaya tertentu di masa mendatang, meskipun pada saat ini belum terjadi transaksi.

Baca juga  Parcel Sedang Menuju ke Staging AnterAja, Apa Artinya?

Jenis-Jenis Accrued Expense

  • Gaji Karyawan: Gaji karyawan yang dibayarkan setelah periode akuntansi berakhir.
  • Pembelian Barang atau Jasa yang Sudah Diterima: Pembelian barang atau jasa yang biayanya sudah dapat diestimasikan sejak awal.
  • Utang Bunga dan Pajak: Utang bunga atau pajak yang biayanya dapat diprediksi meskipun pembayarannya belum terjadi.
  • Biaya Sewa: Biaya sewa kantor atau fasilitas lainnya yang dibayar secara periodik.
  • Beban Lain: Biaya lain seperti bonus karyawan, tunjangan, dan biaya utilitas.
Baca juga  Contoh Komoditas Barang Impor Indonesia dan Negara Asalnya

Perbedaan Accrued Expense dan Account Payable

Pengertian: Accrued expense adalah kewajiban perusahaan untuk membayar biaya tertentu di masa mendatang yang sudah diakui dalam laporan keuangan, sedangkan account payable adalah utang yang timbul akibat pembelian barang atau jasa dari pihak ketiga.

Cara Kerja: Accrued expense mencatat estimasi biaya yang harus dibayar di masa mendatang, sementara account payable mencatat jumlah pasti yang harus dibayarkan berdasarkan faktur atau invoice yang diterima.

Baca juga  Pengertian Sistem Produksi dan Jenisnya Yang Perlu Dipahami

Contoh Accrued Expense

Misalnya, PT ABCDIGITAL memiliki periode akuntansi yang berakhir pada akhir bulan Juni, namun pembayaran gaji karyawan dilakukan pada awal bulan Juli. Gaji karyawan selama akhir Juni akan dicatat sebagai accrued expense dalam laporan keuangan perusahaan, membantu perusahaan memahami kewajiban pembayaran gaji di masa mendatang.

Dengan demikian, accrued expense memainkan peran penting dalam memberikan gambaran yang akurat tentang kewajiban finansial perusahaan di masa mendatang, memungkinkan perusahaan untuk membuat proyeksi finansial yang lebih baik dan mengelola keuangan dengan lebih efisien.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top