Oaktree Blog

Akuntansi Freight Forwarding Adalah : Penjelasan Lengkapnya

akuntansi freight forwarding

Apakah kalian sudah tau dengan akuntansi freight forwarding? sebagian mungkin masih bingung dengan kaitan antara freight forwarding dengan akuntansi.

Nah kebetulan sekali kita akan coba membahas ini untuk Anda.

Akuntansi dalam freight forwarding bisa saja meliputi beberapa hal jurnal, seperti pada penjelasan – penjelasan yang sering ada.

Yuk langsung ke pembahasan.

Hal – Hal Akuntansi Dalam Freight Forwarding

  • Pajak

Kita semua tahu ya bahwa yang namanya pajak akan selalu ada dalam setiap usaha, apalagi usahanya di negeri tercinta Indonesia. Tapi bagaimana dengan perhitungan pajak untuk usaha freight forwarding sendiri? berikut sekilas penjelasannya :

Baca juga  Tips Mudah Memilih Jasa Ekspedisi ke Luar Negeri

Disadur dari online-pajak.com tentang pajak perusahaan freight forwarding, bahwa

PPN atas Jasa Pengurusan Transportasi

Berdasarkan dengan ketentuan PMK Nomor 121/PMK.03/2015, disebutkan kalau untuk penyerahan jasa pengurusan transportasi yang di dalam tagihan jasa tersebut ada biaya transportasi, dikenakan 10% dari jumlah yang ditagih atau seharusnya ditagih. Maka, jumlah 10% itu dianggap sebagai biaya freight forwarding, sedangkan 90% nilai sisanya dianggap sebagai biaya yang ditagihkan pada pengguna jasa tersebut.

Pengenaan PPN atas jasa pengurusan transportasi ini menggunakan nilai lain sebagai dasar pengenaan pajaknya. Karena itu, rumus besaran PPN untuk jasa ini adalah

Tarif PPN x Nilai Lain sebagai DPP

10% x 10%= 1%

PPN jasa freight forwarding sebesar 1% ini harus dibayarkan oleh pemilik usaha kepada klien mereka.

  • Forecasting

Lanjutnya ada forecasting, dalam freight forwarding ada yang namanya forecasting, yaitu peramalan tentang bagaimana keuntungan atau kerugian perusahaan dalam tahun depan atau 2 tahun kedepan, kira – kira seperti itu.

Baca juga  Paket dari China ke Indonesia: Berapa Lama Pengirimannya?

Dengan adanya forecasting ini akan membantu perusahaan untuk melakukan estimasi tentang data yang akan terjadi dimasa depan.

Ini penting untuk dilakukan ya, pastikan kalian sebagai pengusaha memikirkan hal ini.

  • Kas/Bank

Dalam hal ini penting untuk memiliki sebuah akun kas untuk perusahaan, karena ini yang akan menentukan terkait dengan keuangan perusahaan.

  • Pendapatan Transaksi

Pendapatan transaksi dalam akuntansi freight forwarding meliputi keuntungan dan kerugian, segalanya yang masuk atau keluar harus benar – benar menjadi catatan perusahaan.

Baca juga  Food Supply Chain : Peran Pentingnya dalam Pangan Global

Baca Juga : Ocean Shipping: Pengertian dan Cara Pengirimannya

Software Freight Forwarding Yang Termasuk Akuntansi

Oaktree adalah sistem freight forwarding pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan berbagai divisi seperti marketing, operasional, finance dan accounting. Singkatnya seperti itu ya.

Nah di Oaktree itu mencakup apa saja? Freight Forwarding pastinya, Freight forwarding sendiri adalah Perusahaan yang bergerak di jasa pengangkutan barang secara keseluruhan, Freight forwading bisa berfungsi sebagai EMKL, Pelayaran, Jasa kepabeanan, bahkan pengiriman door to door.

Oaktree mampu menghandle kebutuhan akuntansi perusahaan karena softwarenya yang mencakup beberapa divisi.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top