Oaktree Blog

Jenis Dokumen Barang: Kenali Dokumen Pengiriman Barang

jenis dokumen barang

Jenis dokumen barang, untuk menunjang sebuah kelancaran pengiriman barang, dokumen menjadi sesuatu dalam pengiriman yang menjadi penting agar memudahkan dalam proses administrasi. Nah, tahukah Anda ternyata ada cukup banyak dokumen yang diterbitkan dalam proses pengiriman barang.

Apa saja itu? mari kita coba bahas satu per satu ya.

Berikut adalah jenis dokumen yang perlu Anda kettahui ketika melakukan sebuah pengiriman barang.

Baca Juga : Pengiriman Barang Via Udara : Syarat dan Ketentuannya

Shipping Intruction (SI)

Dokumen ini sebagai bukti sekaligus intruksi dari pengirim kepada perusahaan ekspedisi cargo untuk melakukan pengiriman barang. Dokumen ini berisi detail pengiriman, seperti : nama pengirim dan penerima, alamat pengirim dan penerima, jumlah koli, dan jenis barang.

Baca juga  Retur Barang: Pengertian, Alasan dan Peraturannya

Packing List

Dokumen ini adalah informasi terkait dengan data barang yang dikirimkan, meliputi jenis barang, jumlah barang, dan ukuran barang itu sendiri.

Invoice

Dokumen ini memuat tagihan yang harus dibayarkan oleh pengirim kepada perusahaan ekspedisi cargo. Dalam dokumen ini, memuat berat barang, asuransi, tarif per kg, dan total biaya yang harus dibayarkan.

Dokumen invoice berisi tagihan yang harus dibayarkan oleh pengirim kepada perusahaan ekspedisi cargo. Dalam sebuah dokumen ini berisi tentang berat barang, asuransi, tarif per kg, dan total biaya harus dibayarkan.

Baca juga  Truk Engkel dan Truk CDD: Perbandingan dalam Angkutan Barang

Airwaybill

Airwaybill adalah surat jalan yang disediakan oleh perusahaan jasa ekspedisi cargo. Airwaybill pada Himeji Express difungsikan sebagai resi pengiriman yang memuat data, seperti : nomor resi, data pengirim, data penerima, berat barang, tarif per kg, tanggal transaksi, tanda tangan pengirim, tanda tangan penerima, dan tanda tangan admin pengiriman.

Dokumen-dokumen di atas, selalu dibutuhkan saat pengiriman paket berupa barang maupun dokumen. Namun, Himeji Express hanya melayani paket, tidak melayani pengiriman dokumen.

Baca juga  Singkatan ETC (Estimated Time of Completion) Ini Maksudnya!

Himeji Express melayani ekspedisi Surabaya, Jakarta, Makassar, Bandung, Denpasar, dan kota-kota besar di berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga : Ketahui Tentang Ekspedisi Udara, Jenis Pengiriman Favorit

Kesimpulan

Bagaimana, apakah Anda sudah lumayan paham tentang penjelasan dari jenis pengiriman dokumen diatas? Nah, semua hal diatas terkait dengan dokumen bisa dilakukan dengan mudah menggunakan software oaktreee. Oaktree memudahkan semua divisi mulai dari operasional, maketing sampai dengan finance accounting. Hal hal diatas bisa menjadi masalah ketika tidak terselesaikan dengan baik, karena yang terjadi bisa miss komunikasi antar sesama divisi. Dan bila mana hal ini terjadi maka akan menjadikan sebuah masalah bagi perusahaan.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top