Oaktree Blog

Contoh Komoditas Barang Impor Indonesia dan Negara Asalnya

Contoh Komoditas Barang Impor Indonesia dan Negara Asalnya

Kegiatan perdagangan internasional merupakan salah satu aspek penting dalam perekonomian suatu negara, tak terkecuali bagi Indonesia. Selain berperan sebagai negara eksportir, Indonesia juga aktif mengimpor berbagai komoditas guna memenuhi kebutuhan dalam negeri yang tidak dapat dipenuhi secara mandiri.

Contoh Barang Impor Indonesia

Dari berbagai sumber yang kami himpun, berikut adalah daftar 10 komoditas utama contoh barang impor Indonesia beserta negara asalnya.

  1. Plastik dan Produk Berbahan Plastik
    Impor plastik yang dilakukan Indonesia umumnya terkait dengan produk yang terbuat dari plastik, seperti peralatan makan dan minum yang mayoritas diimpor dari Tiongkok. Selain itu, Indonesia juga mengimpor bahan baku plastik dan limbah plastik dari berbagai negara. Sebagian besar bahan baku plastik diimpor dari negara-negara ASEAN seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Singapura.
  2. Mesin dan Peralatan Mekanik
    Selain plastik, Indonesia juga mengimpor berbagai jenis mesin dan peralatan mekanik untuk memenuhi kebutuhan industri dalam negeri. Jenis mesin yang diimpor sangat beragam. Negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan, Thailand, Tiongkok, dan Malaysia menjadi pemasok utama mesin dan peralatan mekanik bagi Indonesia.
  3. Peralatan Elektronik
    Barang impor Indonesia selanjutnya adalah peralatan elektronik. Smartphone, komputer, AC, mesin cuci, speaker, dan sejenisnya merupakan jenis peralatan elektronik yang banyak diimpor ke Indonesia. Tiongkok menjadi negara terbesar yang mengekspor peralatan elektroniknya ke Indonesia, namun Jepang dan Korea Selatan juga memiliki andil yang signifikan.
  4. Kendaraan dan Suku Cadangnya
    Impor kendaraan dan suku cadangnya merupakan hal yang lumrah bagi Indonesia. Mobil pribadi dan sepeda motor menjadi mayoritas jenis kendaraan yang diimpor. Negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan, Thailand, Malaysia, India, dan beberapa negara Eropa seperti Jerman, Inggris, dan Italia merupakan sumber impor utama kendaraan dan suku cadangnya.
  5. Serealia
    Serealia merupakan kelompok tanaman yang dibudidayakan untuk diambil biji atau bulirnya. Biji-bijian ini kaya akan sumber pati dan karbohidrat. Indonesia mengimpor sejumlah besar serealia seperti gandum, sorgum, dan jagung. Negara-negara seperti Australia, Argentina, Kanada, Brasil, dan Amerika Serikat menjadi pemasok utama serealia impor yang nantinya akan digunakan sebagai bahan baku makanan seperti mi instan dan roti, serta sebagai pakan ternak.
  6. Produk Mode Fashion
    Selain komoditas yang telah disebutkan, produk mode juga menjadi salah satu komponen utama impor di pasar dalam negeri. Produk mode ini tidak hanya meliputi pakaian, tetapi juga tas, sepatu, dan perhiasan. Tiongkok menjadi negara terbesar yang mengekspor produk mode ke Indonesia. Selain Tiongkok, Brasil, Amerika Serikat, Korea Selatan, Australia, Thailand, dan Vietnam juga berkontribusi dalam impor produk mode di Indonesia.
  7. Produk Kimia
    Produk kimia juga merupakan salah satu jenis barang impor yang signifikan. Indonesia mengimpor produk seperti sabun, pembersih lantai, pemutih pakaian, dan insektisida. Selain itu, Indonesia juga mengimpor bahan kimia mentah seperti merkuri, formaldehida, asam sulfat, asam klorida, dan klorin yang banyak digunakan dalam industri.
  8. Ampas dan Sisa Makanan
    Ampas dan sisa makanan juga termasuk dalam komoditas impor Indonesia. Negara-negara seperti Argentina dan Amerika Serikat menjadi eksportir utama ampas dan sisa makanan berupa bungkil kedelai. Ampas dan sisa makanan ini umumnya diolah menjadi pakan ternak yang kaya protein dengan biaya produksi yang lebih terjangkau.
  9. Alat Medis
    Indonesia juga mengimpor banyak alat medis. Meskipun seiring waktu semakin banyak produsen dalam negeri yang mampu menghasilkan produk serupa, impor alat medis masih memainkan peran penting. Tiongkok, Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Malaysia, dan Singapura menjadi negara asal impor alat medis tersebut.
  10. Alat Optik, Fotografi, dan Sinematografi
    Alat-alat optik, fotografi, dan sinematografi juga masuk dalam daftar impor Indonesia yang signifikan. Produk seperti lensa kamera, kacamata, kamera video, dan kamera digital diimpor dari negara-negara Asia dan Amerika seperti Tiongkok, Jepang, dan Amerika Serikat.
Baca juga  Order Management System (OMS): Pengertian, Fungsi dan Contoh

Demikianlah daftar contoh barang impor Indonesia beserta negara asalnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top