Oaktree Blog

Pengiriman Barang Via Udara : Syarat dan Ketentuannya

pengiriman barang via udara

Pengiriman barang via udara menjadi sesuatu hal yang harus dilakukan apabila Anda menginginkan pengiriman yang cepat. Untuk saat ini, pengiriman via udara menjadi hal yang sudah tidak asing lagi. Jasa pengiriman udara sangatlah penting karena akan mempercepat yang namanya proses distribusi produk ke berbagai daerah di seluruh Indonesia, bisa juga ke mancanegara.

Akan tetapi untuk pengiriman udara sendiri tidak dapat menerima seluruh barang. Jadi hanya beberapa produk saja yang bisa dikirim via udara.

Sekarang mari kita akan coba bahas bareng – bareng tentang jenis pengiriman barang dengan cargo udara, karena dengan Anda mengetahui hal tersebut, Anda akan dapat dengan mudah untuk memilih kebutuhan yang tepat untuk pengiriman barang via udara.

Baca Juga : Sistem Forwarding Indonesia : Maximalkan Bisnis Dengan Oaktree

Berikut Adalah Jenis PengirimanBarang via Udara

  • Cargo Umum

Jenis pengiriman barang ini merupakan yang biasa tersedia pada berbagai perusahaan express. Benda yang dapat Anda kirim pada kategori ini adalah yang tidak mudah busuk, layu, rusak serta tidak membutuhkan penanganan khusus.

Walaupun seperti itu untuk packing jenis umum ini harus juga diperhatikan dengan detail. Karena pihak pengiriman berhak menolak barang Anda jika packing awalnya tidak rapi. Karena barang di dalamnya memiliki risiko rusak yang tinggi.

Baca juga  Received at Origin Gateway Artinya di Status Pengiriman JNE

Selain itu terdapat berbagai peraturan dan ketentuan lain yang harus Anda penuhi. Syarat dan ketentuan ini bisa Anda cek ke cabang perusahaan pengiriman terdekat dari kediaman masing-masing.

  • Cargo Khusus

Ada barang yang mana tidak tergolong pada cargo umum untuk kategori ini. Karena barang – barang ini memerlukan yang namanya perlakuan ekstra, dalam pengirimannya pun tidak boleh sembarangan harus dilakukan dengan professional ya.

Haganya memang lumayan untuk cargo khusus, karena ya itu tadi pengirimannya perlu konsentrasi lebih.

  • Barang Berbahaya

Selain dua jenis barang sebelumnya, ternyata cargo udara juga menyediakan pengiriman khusus untuk beberapa barang berbahaya. Adapun benda-benda yang tergolong pada kategori ini antara lain:

  • Barang Mudah Mengurai ke Udara

Anda bisa tahu cara pengiriman barang via udara untuk benda yang mudah mengurai. Biasanya benda ini berupa cairan atau gas seperti bahan-bahan kimia seperti hidrogen, butane dan lainnya. Pastinya Anda harus memakai peralatan khusus sebelum melakukan pengiriman. Pastikan semuanya aman agar tidak terjadi apa – apa ya.

  • Barang Mudah Meledak

Beberapa perusahaan pengiriman express memberikan pelayanan untuk explosive goods. Barang tersebut bisa dipakai untuk kebutuhan militer atau pun publik, tetapi dengan aturan yang ketat. Aturannya sesuai dengan ketentuan dalam negara tersebut, tergantung bagaimana kebijakan daerahnya masing – masing.

Baca juga  Istilah Istilah Dalam Ekspor Impor yang Perlu Anda Tahu

Selebihnya benda-benda yang masuk pada kategori barang mudah meledak adalah peluru, bubuk mesiu, kembang api, cairan peledak dan lain-lain.

  • Barang Mudah Terbakar

Ada banyak barrang yang mudah terbakar dan hal ini juga harus mendapatkan perlakuan dan pengamanan khusus. Diantara benda – benda tersebut adalah cat, varnish, etanol dan lainnya.

  • Benda Beracun dan Dapat Menyebabkan Penyakit

Benda beracun yang sangat beresiko tinggi untuk membawa penyakit juga harus mendapatkan perlakuan khusus. Antara pihak perusahaan akan melakukan kerja sama dengan badan pemerintahan untuk memeriksa benda tersebut apakah aman untuk dibawa atau tidak.

  • Benda Berbahaya Lainnya

Beberapa barang kimia yang mudah mengurai di udara dapat menyebabkan efek samping pada manusia seperti mual, pusing bahkan keracunan. Dan hal ini sangatlah berbahaya untuk keselamatan orang yang berada di dekatnya.

Barang tersebut sangat diharuskan untuk menggunakan packaging khusus agar isi didalamnya tidak mudah terekspos udara agar tidak menguap. Dalam hal ini langsung gunakanlah packing ekstra seperti bubble wrap dan peti kayu agar keamanannya semakin terjaga.

Dengan mengetahui jenis barang apa saja yang bisa dikirim, Anda sekarang dapat dengan mudah untuk memilih jenis pengiriman barang via udara mana yang akan Anda pilih.

Baca juga  Komoditas Barang Ekspor Terbesar Indonesia

Baca Juga : Expedited Shipping: Cek Pengertian dan Kelebihannya!

Syarat dan Ketentuan Pengiriman Barang via Udara

  1. Barang yang dikirim bukan termasuk kedalam barang yang membahayakan atau barang berbahaya (petasan, gas, kembang api, aki, cairan kimia, oli dan barang sejenis lainnya) jikapun harus mengirim, syarat dan ketentuan haruslah jelas seperti penjelasan diatas
  2. Untuk Berat minimal pengiriman via udara adalah 20Kg
  3. Untuk Ukuran barang yang sudah terpacking tidak boleh lebih dari ukuran pintu pesawat, yaitu tinggi 80 Cm x lebar 100 Cm
  4. Satu Surat Muatan Udara berat maximalnya adalah 250Kg, apabila melebihi berat ketentuan max pengiriman udara, maka akan dikenakan biaya tambahan atau surcharge yang besarnya akan disesuaikan dengan masing-masing maskapai yang digunakan, sesuai dengan kebijakan perusahaan juga.
  5. Untuk pengiriman baterai atau aki kering dikenakan biaya shipdeck yang besarnya ditentukan sesuai dengan maskapai yang akan digunakan
  6. Untuk satu unit atau koli yang melebihi berat 50kg/kgv wajib dibuatkan spider, yang biayanya ditentukan dari besarnya barang yang dikirim

Pengiriman barang via udara memiliki tarif yang tergolong lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan layanan pengiriman jalur darat dan laut. Hal ini karena kecepatan waktu yang ditawarkan dalam layanan ini.

Semoga artikel ini dapat kita pelajari bersama – sama ya,

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top