Oaktree Blog

WMS Warehouse dan Manfaatnya bagi Bisnis

Warehouse Management System (WMS) dan Manfaat bagi Bisnis

Warehouse Management System (WMS) merupakan elemen krusial dalam menyelenggarakan operasional pergudangan. Dengan implementasi WMS, proses dapat berjalan mulus dan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun.

WMS, sebagai bagian dari sistem manajemen gudang, memainkan peran utama dalam rantai pasokan. Fungsinya mencakup pengendalian dan pemantauan berbagai proses selama pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan.

WMS saat ini semakin canggih dengan fitur seperti pemindai barcode, email, dan teknologi terkini lainnya. Teknologi ini memastikan prosedur terkomputerisasi, memungkinkan otomatisasi penerimaan barang dan manajemen penyimpanan serta stok.

Apa itu WMS Warehouse?

Warehouse Management System (WMS) adalah platform yang menyederhanakan pengelolaan barang di gudang. Teknologi terlibat untuk mengatur barang sehingga semua proses menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien. WMS juga memungkinkan sinkronisasi stok ke dalam marketplace.

Baca juga  Apa Itu Container Yard? Simak Penjelasannya Sekarang

Konsep-Konsep dalam Warehouse Management System

Beberapa konsep dalam mengelola sistem gudang termasuk FIFO (First In First Out), di mana barang pertama yang masuk adalah barang pertama yang keluar. Konsep lainnya adalah LIFO (Last In First Out) yang cocok untuk barang seperti pasir. Ada juga konsep FEFO (First Expired First Out) yang berlaku untuk barang yang memiliki batas waktu kedaluwarsa, seperti obat-obatan dan makanan.

WMS menggunakan barcode atau kode unik untuk mengidentifikasi barang di seluruh cabang, memberikan lokasi dan penempatan barang yang terekam melalui scan barcode.

Baca juga  Ketahui Penyebab Hambatan Perdagangan Antar Negara

Keuntungan Menggunakan WMS

  • Kecepatan dalam Handling Proses
    Penerapan WMS meningkatkan kecepatan lead time secara terkomputerisasi, memastikan transaksi dan pergudangan berlangsung cepat dan akurat.
  • Mudah Mengatur Tempat Penyimpanan
    WMS memudahkan pengaturan lokasi penyimpanan barang, terutama jika menerapkan konsep FIFO.
  • Minimalkan Anggaran Gaji Karyawan
    Sistem manajemen pergudangan yang tepat membantu meminimalkan anggaran untuk gaji karyawan.
  • Pengurangan Pengeluaran Peralatan
    WMS terkomputerisasi mengurangi ketergantungan pada peralatan manual, mengurangi pengeluaran untuk pembelian dan pemeliharaan peralatan.
  • Meningkatkan Kinerja Karyawan
    Dengan manajemen pergudangan yang efisien, kinerja dan produktivitas karyawan dapat meningkat.
  • Meningkatkan Pelayanan Pelanggan
    WMS merampingkan proses pemesanan dan pengiriman, meningkatkan tingkat pelayanan kepada pelanggan.

Proses-Proses Standar dalam WMS Warehouse

  1. Receiving and Put Away
    Proses dimulai saat barang tiba di gudang, diinput dalam sistem untuk memudahkan pembaruan database. Put away adalah proses penempatan barang setelah penerimaan.
  2. Dispatching
    Proses membantu pengeluaran barang dari gudang ke konsumen.
  3. Stock Take
    Proses menyesuaikan stok fisik dan stok di komputer, penting untuk keakuratan inventaris.
  4. Reporting
    Laporan dalam WMS membantu perusahaan membuat keputusan atau kebijakan, menjadi aspek penting dalam manajemen gudang.
Baca juga  Penjelasan Tentang Seal Kontainer, Apa Itu?

Warehouse Management System adalah solusi efektif untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja pergudangan. Jika Anda mencari pengelolaan pergudangan yang baik, Shipper dapat membantu Anda dengan stok, pengemasan, dan pengiriman berkualitas dengan harga terjangkau.

Optimalkan efisiensi dan kinerja pergudangan Anda dengan Oaktree.id, solusi terbaik Warehouse Management System. Dengan fitur-fitur canggih dan kehandalan sistem, Oaktree.id hadir untuk membantu perusahaan Anda mencapai tingkat operasional yang lebih tinggi. Segera coba demo gratis kami untuk merasakan manfaatnya.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top