Oaktree Blog

FIFO dan FEFO: Metode Pengelolaan Persediaan yang Penting

FIFO dan FEFO Metode Pengelolaan Persediaan yang Penting

Blog Oaktree – FIFO (First In, First Out) dan FEFO (First Expired, First Out) adalah dua metode pengelolaan persediaan yang umum digunakan dalam berbagai industri.

Apa itu FIFO FEFO?

Meskipun keduanya bertujuan untuk mengelola stok barang, terdapat perbedaan signifikan antara kedua metode ini.

FIFO (First In, First Out)

FIFO adalah metode yang memprioritaskan barang yang masuk pertama kali untuk dikeluarkan lebih dulu. Prinsipnya sederhana: barang yang lebih lama disimpan harus digunakan atau dijual terlebih dahulu untuk menghindari kerusakan atau penurunan kualitas.

Baca juga  Software Accounting Accurate Untuk Perusahaan Ekspor

Kelebihan FIFO

  • Mengurangi risiko kerusakan atau kadaluarsa: Dengan mengeluarkan barang lama terlebih dahulu, risiko kerusakan atau kadaluarsa bisa diminimalkan.
  • Cocok untuk produk dengan umur simpan panjang: FIFO sangat cocok untuk produk-produk yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa atau memiliki umur simpan yang relatif panjang.
  • Pencatatan lebih mudah: Metode ini relatif mudah diterapkan dan dicatat karena hanya perlu memperhatikan urutan barang masuk.

Kekurangan FIFO

  • Kurang optimal untuk produk dengan umur simpan pendek: FIFO mungkin kurang optimal untuk produk dengan umur simpan pendek karena tidak memperhitungkan tanggal kadaluarsa.
Baca juga  Customer Satisfaction adalah: Pengertian, Mengapa itu Penting?

FEFO (First Expired, First Out)

FEFO adalah metode yang memprioritaskan barang dengan tanggal kadaluarsa terdekat untuk dikeluarkan lebih dulu. Tujuannya adalah untuk menghindari kerugian akibat barang yang kadaluarsa dan tidak bisa dijual.

Kelebihan FEFO

  • Mencegah kerugian akibat barang kadaluarsa: FEFO sangat efektif dalam mencegah kerugian akibat barang yang kadaluarsa, terutama untuk produk makanan, obat-obatan, dan kosmetik.
  • Menjaga kualitas produk: Dengan memprioritaskan barang yang akan segera kadaluarsa, kualitas produk yang dijual tetap terjaga.

Kekurangan FEFO

  • Pencatatan lebih rumit: Dibandingkan FIFO, FEFO memerlukan pencatatan yang lebih detail karena harus memperhatikan tanggal kadaluarsa setiap produk.
  • Kurang cocok untuk produk tanpa tanggal kadaluarsa: FEFO tidak relevan untuk produk-produk yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa.
Baca juga  Pengertian Bullwhip Effect Adalah: Masalah dalam Rantai Pasokan

Memilih Metode yang Tepat

Pemilihan antara FIFO dan FEFO tergantung pada jenis produk yang dikelola. Jika Anda mengelola produk dengan umur simpan panjang, FIFO bisa menjadi pilihan yang baik. Namun, jika Anda berurusan dengan produk yang memiliki tanggal kadaluarsa, FEFO adalah pilihan yang lebih tepat.

Dalam beberapa kasus, perusahaan juga bisa menggabungkan kedua metode ini. Misalnya, menggunakan FIFO untuk produk-produk umum dan FEFO untuk produk-produk yang mudah kadaluarsa.

Kesimpulan

FIFO dan FEFO adalah dua metode pengelolaan persediaan yang penting untuk menjaga kualitas produk dan meminimalkan kerugian. Memahami perbedaan antara kedua metode ini akan membantu Anda memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top