Oaktree Blog

TMS Forwarder : Manfaat Teknologi TMS di Industri Forwarding

tms forwarder

TMS Forwarder adalah sebuah trucking management system yang mana dalam dunia forwarding TMS adalah sebuah fitur. Dalam teknologi saat ini penggunaan teknologi sudah mencakup hal macam – macam salah satunya dalam industrri logistik dengan kebutuhan kecepatan dan ketepatan, munculah sebuah sistem untuk membantu dalam hal management transportasi.

Teknologi otomatis manajement transpotasi tersebut adalah transportasi management system atau yang biasa disingkat TMS. Teknologi ini dapat di gunakan untuk pengolaan transportasi perusahaan dengan mengurangi proses memasukan data secara manual, memantau moda transportasi efesiensi pengiriman dan masih banyak lagi. adapun keuntungan-keuntungan antara menggunakan TMS adalah:

Apa Untungnya Menggunakan Teknologi TMS

1.Memudahkan kontrol perusahaan

Dalam penggunaan sebuah teknologi menjadi kunci penting bagi setiap perusahaan untuk menggembangkan bisnisnya, dengan menggunkan teknologi TMS ini perusahaan logistic mampu mengontrol seluruh moda transportasinya dalam satu dashboard sehingga memudahkan dalam evaluasi perusahaan dalam mengambil sebuah kebijaka strategis bagi perusahaannya.

2.Meningkatkan efesiensi perusahaan

Dengan menggunakan Trucking Management System maka waktu untuk mengatur pengiriman barang -barang akan berkurang karena adanya otomasi logistik sehingga perusahaan  tersebut mempunyai waktu lebih banyak untuk mengerjakan dan menoptimalkan perusahaan, selain itu biasanya Trucking Management System akan di integrasikan  ke ERP  perusahaan yg terkait sehingga kesalahan data entri akan berkurang  dan  waktu yang harus diperlukan untuk mengoreksi data entri juga berkurang.

3.Meningkatkan kapabilitas pengiriman barang

Sebuah TMS melakukan otomatisasi tentang bagaimana sebuah perusahaan melakukan pengiriman barang. Misalkan ada sebuah perusahaan yang ingin membuat pool point distribution, sebuah Transportation Management System  dapat membuat  secara otomatis dokumen bill of lading (dokumen  yang membuktikan  pemuatan barang di atas kapal) dan perusahaan tersebut dapat memiliki  individu-individu yang login ke TMS di lokasi yang berbeda-beda yang nantinya  dapat dikelola oleh satu orang admin.

4. Akses Data secara real time

Ketika suatu data bisa diakses secara real time dan didukung dengan adanya  kemampuan untuk mengolah data menjadi sebuah report, maka akan ada nilai  tambah untuk membuat keputusan bisnis, dan keputusan tersebut kan
menjadi lebih baik karena sudah di dukung berdasarkan data trend dan history yang  telah terjadi.
Misalkan sebuah perusahaan mempunyai sebuah data mengenai  penggunaan kendaraan dari vendor X sebanyak 70 %, dari data tersebut  kita  mendapatkan bahwa pemilihan vendor X Karena harga yang lebih  murah. Di data lain kita mendapatkan bahwa 30 % pengiriman yang dilakukan  oleh  vendor X terlambat sampai ke tujuan.
Dengan asumsi tersebut, tentu  saja  perusahaan tersebut akan berpikir panjang jika akan menggunakan perusahaan  X  karena  tingginya angka keterlambatan. Proses inilah yang didukung oleh  otomasi, sehingga individu-individu di perusahaan tersebut mendapatkan data  yang diinginkan  dan memberikan bantuan untuk melakukan pengambilan  keputusan.

Baca Juga : Customs Declaration Online Indonesia, Begini Cara Mengisinya!

Baca juga  Cara Memulai Bisnis Impor yang Sukses dari Titik Terendah

5. Meningkatkan pelayanan terhadap customer

Dengan menggunakan TMS, maka customer akan mendapatkan informasi tracking kendaraan secara real time, proses auto pick-up, jaminan asuransi dan perhitungan transportasi berdasarkan kebutuhan yang bisa dikustomisasi. Dengan demikian customer akan mendapatkan secara tepat biaya yang dikeluarkan dan juga customer akan mendapatkan informasi kapan sampai di tujuan dengan notifikasi yang diberikan secara otomatis.

Software Oaktree

Oaktree adalah software freight forwarding di Indonesia yang mendukung fitur Trucking Management System atau tms forwarder. Untuk informasi lebih jelasnya bisa menghubungi kami disini.

Baca juga  Alur Ekspor Barang, Cek Bagaimana Prosedurnya

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top