Oaktree Blog

Third Party Logistics: Berikut Penjelasannya

third party logistics

Third Party Logistics – Untuk pelaku forwarding ataupun pelaku usaha ekspedisi mungkin sudah paham tentang third party logistics.

Dalam artikel ini, kami oaktree.id, akan mencoba untuk menjelaskan lebih dalam tentang third party logistics.

Pengertian Third Party Logistics

Third-party logistics (3PL) adalah konsep yang telah lama ada di pasar logistik. Perusahaan 3PL menyediakan layanan logistik untuk klien mereka – yang juga dikenal sebagai perusahaan pengguna – melalui sejumlah cara. Ini termasuk pengiriman, penyimpanan, pengelolaan gudang, sistem pemetaan, perencanaan rute, manajemen kendaraan, pemrosesan pesanan, pembuatan laporan, dan layanan pemasaran.

Third-party logistics sudah tumbuh menjadi jenis bisnis yang sangat penting di dunia logistik saat ini, memberikan solusi yang efisien dan inovatif bagi perusahaan pengguna. Dengan layanan 3PL, perusahaan dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga, memungkinkan mereka untuk fokus pada core business mereka.

Baca juga  KIR adalah Serangkaian Kegiatan Uji Kendaraan Bermotor

Ketika menggunakan 3PL, perusahaan dapat memilih untuk menggunakan layanan full-service atau layanan yang lebih terfokus.

Layanan full-service meliputi semua aspek logistik dari pengiriman hingga pemasaran, sedangkan layanan terfokus mungkin hanya mencakup satu atau dua aspek seperti pengiriman atau pemasaran. Ini memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan layanan mereka dengan kebutuhan spesifik mereka.

Dalam sebagian besar kasus, perusahaan akan memilih layanan 3PL yang sesuai dengan bisnis mereka. Ini berarti memilih perusahaan logistik yang memiliki pengalaman dalam bidang bisnis ini, serta teknologi yang dibutuhkan untuk menangani layanan yang diperlukan.

Perusahaan 3PL juga harus memiliki kemampuan untuk menyediakan layanan yang terintegrasi, sehingga perusahaan pengguna dapat mengintegrasikan layanan 3PL dengan sistem mereka.

Baca juga  Optimalkan Arus Barang Logistik untuk Efisiensi dan Keberlanjutan

Setelah memilih perusahaan logistik, perusahaan pengguna harus memastikan bahwa perusahaan logistik memiliki semua alat dan pengetahuan yang diperlukan untuk menyediakan layanan yang diinginkan.

Ini termasuk pengetahuan tentang jalur distribusi, kemampuan untuk mengatur skala besar operasi, dan teknologi yang dibutuhkan untuk mengelola data. Perusahaan juga harus memastikan bahwa perusahaan logistik memiliki kapasitas untuk menangani volume yang diharapkan, dan bahwa mereka memiliki kontrol yang tepat atas biaya.

Baca Juga : Shipper adalah Perusahaan Ekspedisi dan Peran Dalam Era Digital

Layanan Third Party Logistics

Ketika perusahaan sudah menggunakan layanan 3PL, perusahaan harus tetap memantau operasi mereka secara teratur dan memastikan bahwa layanan yang diterimanya memenuhi standar yang diharapkan. Hal ini termasuk pemantauan rutin kualitas layanan, penilaian kinerja perusahaan logistik, dan memastikan bahwa perusahaan logistik tetap disiplin dan profesional.

Baca juga  Consolidasi Dalam Dunia Logistik Adalah

Keuntungan dari menggunakan layanan 3PL cukup jelas. Dengan menggunakan 3PL, perusahaan dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga, memungkinkan mereka untuk fokus pada core business mereka. Selain itu, layanan 3PL dapat membantu perusahaan meningkatkan produktivitas, meningkatkan kualitas layanan, dan meningkatkan efisiensi operasi.

Dengan demikian, layanan 3PL dapat menjadi manfaat yang besar bagi perusahaan yang mencari solusi logistik yang efektif dan inovatif.

Kesimpulan

Third party logistics dalam dunia logistik memanglah sesuatu yang ada. Dengan menggunakan ini perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari segi waktu, biaya dan tenaga, sehingga mereka dapat dengan mudah mengurusi hal – hal bisnis, bukan administrasi.

Selain itu logistik juga memerlukan software, perlu Anda ketahui bahwa software oaktree mencakup hal – hal tentang logistik. Hal ini akan sangat memudahkan bagi Anda selaku pelaku bisnis dalam dunia logistik atau freight forwarding.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top