Oaktree Blog

Shipper adalah Perusahaan Ekspedisi dan Peran Dalam Era Digital

Shipper adalah

Dalam era digital, keberadaan shipper sangatlah penting karena masyarakat semakin cenderung melakukan pembelian secara online. Berikut ini adalah beberapa informasi tentang shipper yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.

Apa itu Shipper?

Shipper adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada orang atau perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengirim barang atau paket dari satu tempat ke tempat lain atau juga dikenal sebagai jasa pengiriman atau ekspedisi.

Baca juga  EMKL adalah: Definisi, Peran, dan Manfaat Dalam Rantai Pasok

Awal Mula Shipper

Kegiatan pengiriman paket dan barang sudah ada sejak zaman kuno. Namun, dalam bentuk yang lebih modern, industri pengiriman baru muncul pada abad ke-20. Pada saat itu, perusahaan-perusahaan besar seperti FedEx, DHL, dan UPS muncul sebagai pemimpin dalam industri pengiriman, dan sejak itu terus berkembang.

Beberapa Jenis Shipper

Ekspedisi tidak hanya terbatas pada perusahaan besar seperti FedEx atau UPS. Ada juga perusahaan kecil dan startup yang fokus pada pengiriman lokal atau internasional.

Mulai dari layanan pengiriman domestik seperti JNE, SiCepat, Anteraja, J&T, Janio, Lion Parcel, TIKI, Indah Cargo, Wahana, Shopee Express, SAP Express, Ninja Express.

Baca juga  Paket dari China ke Indonesia: Berapa Lama Pengirimannya?

Bagaimana Cara Kerja Shipper

Ekspedisi bekerja dengan menerima paket dari pengirim, memproses dan mengemasnya, dan kemudian mengirimkan ke tujuan. Mereka menggunakan berbagai kendaraan dan metode pengiriman, seperti pesawat, truk, kapal, dan kereta api, untuk memastikan paket tiba dengan aman dan tepat waktu.

Peran Teknologi Dalam Shipper

Seperti halnya banyak industri lainnya, teknologi memainkan peran penting dalam industri pengiriman. Perusahaan pengiriman menggunakan sistem informasi dan teknologi terbaru untuk mengoptimalkan jaringan pengiriman mereka dan meningkatkan efisiensi.

Perlindungan Barang

Shipper juga menyediakan berbagai macam layanan perlindungan barang. Ada asuransi barang yang dapat dibeli oleh pengirim untuk melindungi barang yang dikirim dari kerusakan atau hilang selama pengiriman.

Baca juga  Istilah Istilah Dalam Ekspor Impor yang Perlu Anda Tahu

Pemrosesan Paket

Pemrosesan paket oleh ekspedisi juga sangat cepat dan efisien. Pada perusahaan besar, seperti FedEx atau UPS, paket dapat diproses dalam hitungan detik menggunakan mesin sortir otomatis dan teknologi pemrosesan paket lainnya.

Peluang Karir

Industri pengiriman juga menawarkan peluang karir yang menarik bagi orang yang tertarik pada bidang logistik dan pengiriman. Ada banyak posisi, dari sopir truk hingga manajer rantai pasokan, yang tersedia di industri pengiriman.

Kesimpulannya, shipper merupakan industri penting yang bertanggung jawab atas pengiriman barang dan paket dari satu tempat ke tempat lain. Dalam era digital, keberadaan ekspedisi sangatlah penting karena semakin banyak orang melakukan pembelian secara online.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top