Oaktree Blog

Supply Chain Management adalah: Pengertian dan Manfaatnya

Supply Chain Management adalah Pengertian dan Manfaatnya

Apa itu Supply Chain Management?

Pengertian Supply Chain Management (SCM) adalah sebuah proses yang merujuk pada perencanaan, pengorganisasian, dan kontrol dari suatu aliran barang dan jasa. Ini juga dikenal sebagai Pasokan Rantai Logistik, atau Manajemen Rantai Pasokan. Supply Chain Management juga merupakan proses yang menjangkau dari pemasok hingga konsumen, melibatkan sejumlah aktivitas yang mempengaruhi kualitas, harga, dan waktu pengiriman.

Konsep Supply Chain Management berasal dari perusahaan Jepang yang menggabungkan strategi, teknologi, dan proses untuk menciptakan nilai tambah dan meningkatkan efisiensi dalam rantai pasokan mereka. Konsep ini telah berkembang sejak tahun 1980-an dan telah menjadi bagian penting dari strategi bisnis perusahaan di seluruh dunia.

Salah satu tujuan utama SCM adalah mengurangi biaya dengan mengintegrasikan aktivitas dari pemasok, manufaktur, dan pembeli. Ini memungkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya produksi dan pengiriman dengan menggunakan teknologi canggih untuk mengatur dan mengontrol rantai pasokan mereka.

SCM juga meningkatkan efisiensi. Dengan menggunakan teknologi dan proses manajemen yang tepat, perusahaan dapat mengontrol dan mengatur rantai pasokan dengan lebih efisien. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan produk lebih berkualitas dengan waktu yang lebih singkat dan biaya yang lebih rendah.

Salah satu manfaat lain dari SCM adalah bahwa strategi ini dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca juga  Bill of Lading adalah : Berikut Pengertian dan Contohnya

Dengan menggunakan teknologi SCM, perusahaan dapat mengirim produk lebih cepat dan di harga yang lebih kompetitif. Ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan. Hal ini juga memungkinkan perusahaan untuk membuat klaim purna jual yang lebih baik.

Supply Chain Management  dapat meningkatkan nilai tambah dan efisiensi dalam rantai pasokan. Dengan menggunakan teknologi dan proses manajemen yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menawarkan produk yang berkualitas dengan waktu yang lebih singkat dan biaya yang lebih rendah. Dengan demikian, Supply Chain Management dapat meningkatkan daya saing dan keuntungan perusahaan.

Contoh Supply Chain Management

Contoh Supply Chain Management dapat dilihat dalam berbagai industri. Di industri farmasi, SCM memungkinkan untuk mengikuti rantai pasokan dari pembelian bahan mentah hingga penjualan obat-obatan kepada konsumen.

Di industri manufaktur, SCM memungkinkan untuk memantau aliran bahan baku, mengatur produksi, mengirimkan produk ke lokasi tujuan, dan memantau informasi produk hingga penjualan akhir. Di industri manajemen layanan, SCM memungkinkan untuk mengatur layanan profesional, mengikuti proses pembelian, dan memantau kualitas layanan.

SCM juga dapat digunakan untuk membuat jaringan supply chain yang efisien. Ini memungkinkan perusahaan untuk membuat kolaborasi dengan pemasok untuk memaksimalkan nilai bagi pelanggan.

Baca juga  Mengenal Berbagai Jenis, Volume, dan Kapasitas Muatan Truk

Dengan menggunakan SCM, perusahaan dapat meningkatkan keandalan dan jangka waktu pengiriman, mengurangi biaya pengiriman, dan membuat tindak lanjut yang cepat untuk masalah pengiriman. Ini juga memungkinkan perusahaan untuk memantau rantai pasokan dan membuat tindak lanjut yang tepat untuk masalah logistik.

Menggunakan Supply Chain Management juga memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan mengurangi biaya operasional. Dengan menggunakan teknologi SCM, perusahaan dapat memantau kinerja secara real-time, menganalisis data, dan membuat tindak lanjut yang tepat untuk masalah pengiriman.

Ini juga memungkinkan perusahaan untuk membuat strategi manajemen supply chain yang efisien dan berkelanjutan. Dengan menggunakan SCM, perusahaan dapat mencapai tujuan mereka dengan mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi operasi.

Dalam era globalisasi, Supply Chain Management memainkan peran penting dalam meningkatkan produktivitas dan menurunkan biaya operasional. Dengan menggunakan strategi supply chain yang efektif, perusahaan dapat memaksimalkan nilai bagi pelanggan.

Dengan menggunakan SCM, perusahaan dapat memastikan bahwa produk tersedia tepat waktu, dengan kualitas yang tinggi, dan dengan biaya yang lebih rendah. Supply Chain Management adalah alat penting yang memungkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya operasional dan meningkatkan kinerja.

Manfaat SCM Bagi Perusahaan

Supply Chain Management memiliki banyak manfaat yang penting bagi perusahaan.

Pertama, SCM mengoptimalkan aliran barang yang mengurangi biaya produksi dan pengiriman. Dengan memonitor dan memperbaiki rantai pasokan, perusahaan dapat mengurangi biaya seperti biaya produksi, biaya pengiriman, dan biaya stok. Ini meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses perusahaan, yang pada gilirannya meningkatkan laba.

Baca juga  Order Management System (OMS): Pengertian, Fungsi dan Contoh

Kedua, SCM meningkatkan ketersediaan produk. Dengan memonitor dan mengintegrasikan semua proses rantai pasokan, perusahaan dapat memastikan bahwa produk yang dibutuhkan tersedia pada saat yang tepat. Ini membantu meningkatkan tingkat layanan pelanggan karena pelanggan dapat memesan produk yang tepat waktu.

Ketiga, SCM mengurangi ketidakpastian. Dengan memonitor dan menganalisis data rantai pasokan, perusahaan dapat mengidentifikasi dan menangani masalah yang mungkin muncul selama proses produksi dan pengiriman. Ini membantu mengurangi ketidakpastian yang menghalangi kemajuan proses rantai pasokan.

Keempat, SCM meningkatkan fleksibilitas dan jangkauan global. Dengan mengintegrasikan semua proses rantai pasokan, perusahaan dapat meningkatkan jangkauan pasarnya dan meningkatkan fleksibilitas produksi untuk memenuhi permintaan global. Ini membantu perusahaan meningkatkan daya saingnya.

Di luar manfaat di atas, Supply Chain Management juga berkontribusi pada pengembangan produk dan peningkatan kinerja. Dengan mengintegrasikan semua proses rantai pasokan, perusahaan dapat menggabungkan keahlian dan teknologi untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan. Ini meningkatkan kinerja perusahaan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Dengan demikian, Supply Chain Management memiliki banyak manfaat bagi perusahaan. Dengan mengintegrasikan semua proses di sepanjang rantai pasokan, perusahaan dapat mengurangi biaya, meningkatkan ketersediaan produk, mengurangi ketidakpastian, meningkatkan jangkauan global dan fleksibilitas, dan meningkatkan kinerja dan produk. SCM juga membantu perusahaan meningkatkan daya saingnya.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top