Oaktree Blog

5 Penghasil Rumput Laut di Indonesia, No 1 di Sulawesi

Penghasil Rumput Laut di Indonesia

Indonesia, dengan wilayah pesisir yang luas, dikenal sebagai salah satu penghasil utama rumput laut di dunia. Rumput laut yang tumbuh subur di wilayah tropis ini memiliki peran utama dalam industri pertanian laut. Dalam mengejar keberlanjutan, Indonesia telah menunjukkan komitmen serius untuk pengelolaan sumber daya laut yang bijaksana.

Rumput laut adalah tanaman laut yang kaya akan nutrisi, dan Indonesia memiliki sejumlah wilayah unggulan dalam produksi rumput laut. Sulawesi Selatan, sebagai salah satu produsen terbesar, menghasilkan sekitar 1.632.302 ton basah rumput laut. Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, dan Nusa Tenggara Barat juga berkontribusi signifikan dalam industri ini.

Baca juga  Non COD Artinya? Pengertian dan Bedanya dengan COD

Keberhasilan produksi rumput laut di Indonesia mempromosikan ekonomi yang kuat, sekaligus menyoroti tantangan keberlanjutan dan pentingnya pengelolaan yang bijaksana. Dengan terus menggali potensi alamnya, Indonesia berperan sebagai penghasil utama dalam industri rumput laut, menjaga kelestarian ekosistem laut dan menopang pertumbuhan ekonomi.

Di dalam industri rumput laut Indonesia, beberapa wilayah unggulan telah muncul sebagai produsen utama. Berikut adalah daftar lima wilayah terkemuka penghasil rumput laut Indonesia, diukur dalam nilai per ton basah:

Baca juga  EMKL adalah: Definisi, Peran, dan Manfaat Dalam Rantai Pasok

Penghasil Rumput Laut di Indonesia

Wilayah Penghasil Rumput Laut di Indonesia

  1. Sulawesi Selatan – Dengan nilai produksi mencapai 1.632.302 ton basah, Sulawesi Selatan menempati peringkat teratas dalam produksi rumput laut di Indonesia.
  2. Nusa Tenggara Timur – Wilayah ini tak kalah mengesankan dengan produksi sebesar 1.037.905 ton basah, menjadikannya sebagai salah satu kontributor utama dalam industri rumput laut.
  3. Kalimantan Utara – Meskipun mungkin kurang dikenal daripada wilayah lain, Kalimantan Utara mampu menghasilkan sekitar 441.152 ton basah rumput laut, menunjukkan potensi pertumbuhan yang signifikan.
  4. Sulawesi Tengah – Dengan nilai produksi mencapai 419.893 ton basah, Sulawesi Tengah juga memainkan peran penting dalam industri rumput laut Indonesia.
  5. Nusa Tenggara Barat – Wilayah ini menghasilkan sekitar 402.687 ton basah rumput laut, menyumbang secara signifikan pada produksi nasional.
Baca juga  Contoh Analisis Pesaing : Tips Sukses Intip Rahasia Kompetitor

Data ini memberikan gambaran tentang peran penting yang dimainkan oleh berbagai wilayah dalam penghasilan rumput laut di Indonesia, yang pada gilirannya memperkuat kontribusi industri ini terhadap perekonomian negara serta mempromosikan potensi keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya laut.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top