Oaktree Blog

Memahami Biaya Ekspor 1 Kontainer dengan Benar

Biaya Ekspor 1 Kontainer

Untuk para pebisnis yang ingin melangkah ke kancah internasional, pertimbangkan dengan matang biaya ekspor 1 kontainer. Apakah langkah ini akan mendongkrak profit bisnis Anda? Agar Anda dapat menjalani proses ekspor dengan sukses, mari kita pelajari rinciannya.

Biaya Harga Pokok Produksi

Dalam proses ekspor, produk yang akan dikirim bisa jadi buatan sendiri atau hasil dari pemasok. Biaya ekspor produk dari pemasok melibatkan biaya akuisisi produk dan pengiriman ke gudang. Sementara jika produk yang akan diimpor adalah produksi Anda sendiri, biaya produksinya terdiri dari dua aspek penting.

  • Biaya Operasional Pabrik
    Biaya operasional pabrik mencakup seluruh komponen dalam proses produksi, mulai dari listrik, perawatan mesin, hingga konsumsi oli mesin.
  • Biaya Produksi
    Biaya produksi mencakup bahan baku, bahan pendukung, hingga gaji pekerja yang terlibat dalam produksi. Semuanya harus dihitung dengan teliti.
Baca juga  Oaktree x AltiusPeople: Solusi Terdepan dalam Transformasi Digital

Biaya Ekspor 1 Kontainer

Sebelum mengirim 1 kontainer barang ke luar negeri, pertimbangkan jalur pengiriman yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Faktor seperti durasi pengiriman, biaya, dan ukuran barang perlu menjadi pertimbangan.

Biaya Ekspor 1 Kontainer Via Udara

Jika menginginkan pengiriman cepat, jalur udara adalah opsi yang sesuai. Berikut adalah rincian biaya yang terkait dengan ekspor menggunakan pesawat.

  • Biaya Bea Cukai
    Untuk pengiriman barang dengan berat minimal 100 kg, biaya pengiriman dimulai dari Rp. 450.000. Biaya tambahan sebesar Rp. 2.000 per kilogram akan dikenakan jika berat melebihi batas tersebut.
  • Biaya Pengiriman dari Bandara
    Jasa pengiriman akan memberikan layanan pengangkutan dari bandara. Tarif pengiriman per 100 kg dimulai dari Rp. 550.000, tergantung pada jarak pengiriman. Biaya tambahan Rp. 2.000 per kilogram berlaku jika berat barang melebihi 1 ton.
  • Biaya Layanan Rush Handling
    Layanan rush handling cocok untuk pengiriman cepat dan barang sensitif. Biaya tambahan untuk layanan ini adalah Rp. 200.000 per kontainer.
Baca juga  Administrasi Gudang adalah: Pengertian, Gaji dan Tugasnya

Biaya Ekspor 1 Kontainer Via Kapal

Jika barang berukuran besar dan Anda menerima waktu pengiriman standar, jalur laut adalah pilihan yang bijak. Ini adalah rincian biaya ekspor melalui jalur laut.

  • Biaya Layanan Kapal
    Biaya pengiriman laut tergantung pada jenis kontainer. Tarif untuk kontainer berat 1-3 ton berkisar antara Rp. 450.000 hingga Rp. 600.000. Untuk kontainer ukuran 20 kaki, biaya sekitar Rp. 1.800.000, dan untuk kontainer 40 kaki biaya sekitar Rp. 1.950.000.
  • Biaya Pengangkutan
    Jika jasa pengiriman menyediakan layanan trucking, biaya pengangkutan untuk kontainer berat 1-3 ton adalah sekitar Rp. 650.000. Ada tambahan biaya kargo sekitar Rp. 200.000 per 100 kg.
Baca juga  Port of Discharge Adalah : Simak Penjelasan Lengkapnya

Biaya Lainnya yang Perlu Diperhitungkan

Selain biaya pengiriman, terdapat biaya lain yang perlu diperhatikan dalam proses ekspor.

  • Biaya Pembuatan Kartu Ekspor
    Untuk memastikan kelancaran pengiriman, beberapa jasa pengiriman menyediakan layanan pembuatan kartu ekspor. Biayanya sekitar Rp. 350.000 untuk kontainer 20 kaki dan Rp. 450.000 untuk kontainer 40 kaki.
  • Biaya Pengemasan Barang Ekspor
    Biaya pengemasan mencakup pemilihan barang, upah pengemasan, biaya pembelian, dan biaya cetak kemasan.
  • Biaya Pembayaran Bank
    Biaya pembayaran melalui bank tergantung pada metode yang dipilih, seperti L/C, T/T, dan CAD. Biaya berkisar dari 5-150 dolar, tergantung pada bank yang digunakan.
  • Biaya Pengurusan Dokumen Ekspor
    Biaya ini disesuaikan dengan dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan negara tujuan. Biaya analisis sertifikat dapat mencapai ratusan ribu rupiah atau lebih, tergantung pada laboratorium yang digunakan.
  • Biaya Asuransi
    Biaya asuransi berkisar antara 0,1 hingga 0,5% dari total nilai harga CFR.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang biaya ekspor 1 kontainer, Anda dapat mengambil langkah pertama menuju kesuksesan sebagai eksportir.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top