Oaktree Blog

Pengemasan Artinya? Pengertian, Manfaat dan Fungsinya

Pengemasan Artinya

Seseorang tidak dapat mengangkut telur dari peternakan unggas ke pengecer tanpa mengemasnya dalam baki telur karena telur dapat pecah bahkan sebelum mencapai konsumen akhir. Demikian pula, kemeja putih mungkin terkena noda jika diangkut dan dijual tanpa pengemasan, dan pengecer mungkin tidak dapat menjual produk susu yang mudah rusak setelah sehari jika tidak ada pengemasan.

Kertas, kotak bergelombang, film plastik, polibag, dan tas gulung, dll yang membungkus suatu produk memiliki nilai lebih dari yang dapat dibayangkan pelanggan. Tapi apa sih pengemasan itu, kenapa penting, apa saja jenis dan fungsinya?

Apa itu Pengemasan?

Packaging atau Pengemasan adalah tindakan menutup atau melindungi produk dengan menggunakan wadah untuk membantu distribusi, identifikasi, penyimpanan, promosi, dan penggunaan.

Pengepakan merupakan semua kegiatan merancang dan memproduksi wadah untuk suatu produk. Secara sederhana, pengemasan mengacu pada perancangan dan pengembangan bahan pembungkus atau wadah di sekitar produk yang membantu untuk:

  • Mengidentifikasi dan membedakan produk di pasar,
  • Mengangkut dan mendistribusikan produk,
  • Menyimpan produk,
  • Mempromosikan produk,
  • Gunakan produk dengan benar.
Baca juga  Warehouse Staff adalah: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

Pentingnya Kemasan

Sering dianggap sebagai bagian pemasaran yang penting, packaging membentuk alat distribusi, penyimpanan, dan penjualan inti yang dapat menjadi bagian dari produk itu sendiri atau wadah eksternal yang terbuat dari berbagai bahan.

Pengemasan merupakan elemen penting baik bagi penjual maupun pelanggan. Sedangkan penjual menggunakannya sebagai alat untuk mendistribusikan, menyimpan, dan mempromosikan; pelanggan menggunakannya sebagai alat identifikasi dan penggunaan yang penting.

Pentingnya Packaging Bagi Penjual

  • Distribusi: Packaging yang baik memungkinkan penjual untuk mengangkut produk dari unit manufaktur ke titik penjualan akhir dan kemudian ke pelanggan. Penjual menggunakan Packaging yang berbeda untuk hal yang sama Packaging transportasi untuk mengangkut produk dan Packaging konsumen untuk membantu konsumen dalam mengkonsumsi produk.
  • Penyimpanan: Pergudangan memiliki risiko pembusukan, tumpahan, dan kesalahan penanganan produk sendiri. Packaging yang tepat membantu penjual menyimpan dan memilah produk dengan lebih baik.
  • Promosi: Packaging membentuk elemen pemasaran vital yang digunakan merek untuk membedakan produk dengan menggunakan paket yang menarik, penuh warna, dan menarik secara visual dan menginformasikan pembeli tentang kinerja, fitur, dan manfaat produk.
  • Keamanan: Pengemasan yang baik membantu keamanan produk sebelum mencapai konsumen akhir. Misalnya, Tetra Pak mencegah susu menjadi busuk sebelum tanggal kedaluwarsa.
Baca juga  Simak Penjelasan Tentang Less Than Container Load (LCL)

Pentingnya Packaging Bagi Pembeli

  • Identifikasi: Pengemasan dan pelabelan membantu pelanggan mengidentifikasi produk dan membedakannya dari produk lain di pasar.
  • Penggunaan: Seringkali, Packaging, seperti pasta gigi, yang merupakan bagian dari produk membantu dalam penggunaan dan konsumsinya.
  • Keamanan: Ini juga melindungi konsumen dari bahaya yang menyertai produk. Misalnya, botol asam melindungi pengguna dari luka bakar asam.

Fungsi Pengemasan

Pengemasan memainkan peran penting sejak produk dikembangkan hingga produk dikonsumsi sepenuhnya. Fungsi Packaging tersebut antara lain:

  1. Berisi produk: Sebagian besar produk perlu disimpan baik selama transportasi, penyimpanan, atau konsumsi.
  2. Pengemasan memastikan produk terkandung saat dan saat dibutuhkan.
  3. Melindungi produk: Packaging melindungi produk dan kualitas, fitur, kegunaan, dll. dari kerusakan atau kontaminasi selama transportasi, penyimpanan, dan konsumsi.
  4. Membantu penanganan dan penggunaan produk: Packaging yang tepat membantu penanganan produk dan memudahkan pengangkutan, pengiriman, dan bahkan penggunaan produk.
  5. Membedakan produk dan membuatnya menonjol: Packaging memudahkan pelanggan untuk mengidentifikasi dan membedakannya dari produk lain. Selain itu, paket yang menarik memiliki properti untuk menonjol dan menarik pelanggan ke arah itu.
  6. Merupakan bagian dari strategi pemasaran produk: Paket yang menarik dan/atau informatif membuat produk menonjol dan memiliki daya tarik promosi. Pengemasan juga bertindak sebagai titik kontak terakhir yang membantu dalam promosi dan penjualan produk.
  7. Memberikan kenyamanan pelanggan: Packaging juga merupakan alat kenyamanan yang membuat pelanggan nyaman untuk membawa, mengangkut, dan menggunakan produk.
  8. Bertindak sebagai media komunikasi: Pengemasan bersama dengan pelabelan membantu mengkomunikasikan identitas merek, pesan merek, dan informasi produk dan perusahaan kepada pelanggan.
  9. Menambah nilai estetika: Packaging dapat membuat produk yang sederhana terlihat menarik atau produk yang unik terlihat biasa saja. Ini adalah titik sentuh estetika penting yang dapat membuat atau menghancurkan penjualan.
Baca juga  Delivered Dutytax Unpaid Adalah : Pengertian dan Penjelasannya

Demikian informasi mengenai apa itu pengemasan beserta artinya.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top