Oaktree Blog

Apa Itu LIFO FIFO dan Apa Perbedaannya?

Apa Itu LIFO FIFO dan Apa Perbedaannya

Jika Anda sedang mencari informasi tentang manajemen stok, mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang LIFO dan FIFO. Kedua istilah ini merujuk pada metode pengelolaan persediaan barang atau produk. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian L1FO dan FIFO, serta perbedaan antara keduanya.

Apa Itu LIFO?

LIFO singkatan dari Last In, First Out. Ini berarti barang yang terakhir masuk ke dalam gudang atau tempat penyimpanan akan menjadi yang pertama keluar saat ada permintaan. Metode ini sering digunakan dalam situasi di mana barang atau produk yang disimpan memiliki tanggal kedaluwarsa atau ketahanan yang pendek. Contoh dari bisnis yang menggunakan metode LIFO adalah toko roti, toko buku, atau toko bunga.

Baca juga  Diversifikasi Ekspor adalah: Pengertian, Manfaat dan Strateginya

Apa Itu FIFO?

FIFO adalah kependekan dari First In, First Out. Metode ini berlawanan dengan LIFO. Barang atau produk yang masuk pertama kali ke dalam gudang atau tempat penyimpanan akan menjadi yang pertama keluar saat ada permintaan.

Metode ini lebih cocok untuk digunakan dalam situasi di mana barang yang disimpan tidak memiliki batas waktu atau ketahanan yang pendek. Contoh dari bisnis yang menggunakan metode FIFO adalah toko pakaian, toko elektronik, atau toko furnitur.

Baca juga  CBM Artinya Satuan Pengukuran Volume dalam Pengiriman

Apa Perbedaan Antara LIFO dan FIFO?

Perbedaan utama antara LIFO dan FIFO adalah urutan keluar masuknya barang atau produk. Pada LIFO, barang atau produk yang terakhir masuk akan menjadi yang pertama keluar, sedangkan pada FIFO, barang atau produk yang pertama masuk akan menjadi yang pertama keluar.

Selain itu, Last In, First Out lebih cocok digunakan untuk produk yang memiliki tanggal kedaluwarsa atau ketahanan yang pendek, sedangkan First In, First Out lebih cocok untuk produk yang tidak memiliki batas waktu atau ketahanan yang pendek.

Baca juga  Apa itu Exim: Pengertian dan Peran Pentingnya

Pilihan metode ini dapat memengaruhi pengeluaran dan penerimaan pajak, karena LIFO dapat menghasilkan biaya persediaan yang lebih tinggi dan laba yang lebih rendah dibandingkan dengan FIFO. Namun, LIFO juga dapat mengurangi risiko kerugian karena menurunkan nilai barang yang disimpan yang bisa kadaluwarsa atau rusak.

Kesimpulan LIFO FIFO

Dalam pengelolaan persediaan barang atau produk, LIFO dan FIFO adalah metode yang berbeda. LIFO digunakan ketika barang atau produk yang disimpan memiliki tanggal kedaluwarsa atau ketahanan yang pendek, sedangkan FIFO digunakan ketika barang yang disimpan tidak memiliki batas waktu atau ketahanan yang pendek.

Memilih metode yang tepat dapat memengaruhi pengeluaran dan penerimaan pajak, serta risiko kerugian. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dalam mengelola persediaan barang atau produk.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top