Oaktree Blog

Kesalahan Kode Pengiriman TLC, Ini Maksudnya!

Kesalahan Kode Pengiriman TLC, Ini Maksudnya!

Kesalahan dalam penulisan kode pengiriman TLC dapat berdampak pada proses pengiriman barang, baik itu dalam pengiriman udara atau pengiriman darat.

Apa itu Kode Pengiriman TLC?

Kode pengiriman TLC atau Three Letter Code adalah serangkaian tiga huruf yang digunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan antara satu bandara dengan bandara lainnya di seluruh dunia. Kode ini dikembangkan oleh International Air Transport Association (IATA) dan biasanya tercetak pada tiket pesawat, tag bagasi, serta label pengiriman barang. Namun, meskipun kode ini sudah menjadi standar internasional, masih sering terjadi kesalahan dalam penulisan kode pengiriman Three Letter Code.

Dampak Kesalahan Dalam Penulisan Kode Pengiriman TLC

Berikut adalah beberapa dampak dari kesalahan dalam penulisan kode pengiriman TLC:

  • Pengiriman barang tertunda atau tidak terkirim: Kesalahan dalam penulisan kode pengiriman Three Letter Code dapat mengakibatkan pengiriman barang tertunda atau bahkan tidak terkirim sama sekali. Hal ini bisa terjadi jika petugas pengiriman atau maskapai penerbangan mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi dan memproses tujuan pengiriman barang.
  • Biaya tambahan yang tidak diperlukan: Kesalahan dalam penulisan kode pengiriman Three Letter Code juga dapat menyebabkan biaya tambahan yang tidak diperlukan, seperti biaya pengiriman ulang atau biaya administrasi yang tinggi. Hal ini bisa terjadi jika pengirim atau penerima barang harus menghubungi penyedia layanan pengiriman untuk mengoreksi kesalahan kode pengiriman Three Letter Code.
  • Kehilangan barang: Kesalahan dalam penulisan kode pengiriman Three Letter Code dapat menyebabkan kehilangan barang jika barang tersebut tidak dapat diidentifikasi atau ditemukan oleh petugas pengiriman. Kehilangan barang dapat mengakibatkan kerugian finansial dan kerugian reputasi bagi pengirim atau penerima barang.
Baca juga  Memahami Split Payment: Membagi Pembayaran dengan Mudah

Untuk menghindari kesalahan dalam penulisan kode pengiriman TLC, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

Memeriksa kembali kode pengiriman TLC sebelum melakukan pengiriman: Pastikan bahwa kode pengiriman TLC yang ditulis sudah benar dan sesuai dengan tujuan pengiriman barang.

Menghindari penggunaan singkatan atau slang: Hindari penggunaan singkatan atau slang yang tidak umum dalam penulisan kode pengiriman Three Letter Code, karena hal ini dapat membingungkan petugas pengiriman atau maskapai penerbangan.

Baca juga  Fungsi Logistik: Mengoptimalkan Pengelolaan Pengiriman

Memastikan kesesuaian kode pengiriman TLC dengan tujuan pengiriman: Pastikan bahwa kode pengiriman TLC yang ditulis sesuai dengan tujuan pengiriman barang, termasuk nama bandara atau kota tujuan.

Menggunakan sumber yang terpercaya: Pastikan bahwa sumber informasi tentang kode pengiriman Three Letter Code yang digunakan terpercaya dan akurat, seperti website resmi maskapai penerbangan atau penyedia layanan pengiriman.

Baca juga  5 Alat Transportasi Darat Pengangkut Barang di Indonesia

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, kesalahan dalam penulisan kode pengiriman TLC dapat berdampak pada proses pengiriman barang, baik itu dalam pengiriman udara atau pengiriman darat. Oleh karena itu, perlu diperhatikan untuk selalu memeriksa kembali kode pengiriman Three Letter Code sebelum melakukan pengiriman.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top