Oaktree Blog

Informasi

contoh barang impor luar negeri

Contoh Barang Impor Dari Luar Negeri, Cari Tau Sekarang!

Contoh barang dari luar negeri – Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbuka, Indonesia kerap sekali untuk melakukan perdagangan international yaitu ekspor dan impor. Indonesia bisa disebut sering untuk melakukan komoditas impor dari negari negara lain untuk bisa memenuhi kebutuhan ekonomi dalam negeri. BPS sendiri sudah mengkategorikan impor menjadi dua yaitu minyak dan gas (migas) dan nonmigas. Tapi tau gak si, bahwa impor ini mendatangkan sebuah komoditas, lantas pertanyaan yang timbul adalah, barang apa saja yang sering dilakukan impor oleh Indonesia. Ketahui jawabannya di artikel ini. Baca Juga : Procurement adalah Pengertian dan Bedanya Dengan Purchasing Contoh Barang Impor Dari Luar Negeri berikut ini adalah contoh barang impor dari luar negeri yang sering dilakukan oleh Indonesia, 1. Mesin dan Peralatan Mekanis Mesin menjadi contoh barang impor dari luar negeri yang nilainya tertinggi selama 2020 sendiri. Bagaimana tidak kita sangat sulit untuk membuat sesuatu seperti ini sehingga harus impor. Nilainya sendiri gak tanggung – tanggung mencapai US$ 21,80 Miliar. Barang/produknya adalah mesin untuk industri pabrik seperti mesin cetak, alat potong, mesin pengolah kimia, dan lain-lain. Tau kan Indonesia banyak sekali industri manufaktur atau pabrik? nah itu mesinnya bisa jadi adalah salah satu produk yang di impor dari luar negeri. Baca Juga : Pengemasan Artinya? Pengertian, Manfaat dan Fungsinya 2. Mesin dan Perlengkapan Elektrik Kedua ada mesin dan perlengkapan elektrik. Peningkatan penggunaan gadget atau smartphone, smart Tv, AC, Speaker, Pompa Air memaksa Indonesia mau gak mau ya harus impor untuk menciptakan daya beli ekonomi. Mau tau nilainya, selama 2020 sendiri nilainya mencapai US$19,02 Miliar. 3. Plastik dan Barang dari Plastik Dimana – mana plastik, tau sendiri kan? hal ini menjadi masalah serius bagi negara kita, namun kita terus melakukan impor untuk menggunakan plastik. Nilainya sendiri mencapai US$ 7,15 Miliar pada tahun 2020. 4. Besi dan Baja Untuk contoh barang impor luar negeri lainnya adalah besi dan baja yang nilainya mencapai US$ 6,85 Miliar pada tahun 2020. Kebutuhan terkait produk rumah tangga yang tinggi menjadi satu dari sekian alasan mengapa Indonesia harus impor. Selain itu infrastruktur yang kencang juga bisa menjadi alasan untuk Indonesia melakukan impor. 5. Bahan Kimia Organik Bahan kimia organik menjadi barang / produk yang sering di impor selanjutnya. Produk seperti alkohol, alkohol, petrokimia, polimer, bensin, paraffin, hingga gas metana. Kebutuhan ini biasanya pada pupuk untuk pertanian dan juga medis. Nilainya sendiri mencapai US$ 5,02 Miliar pada 2020. Baca Juga : Delivered Artinya Dalam Pengiriman Paket Kesimpulan Nah itu tadi adalah penjelasannya gaes tentang komoditas impor yang sering diimpor oleh Indonesia. Semoga membantu dan memberikan manfaat ya. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Contoh Barang Impor Dari Luar Negeri, Cari Tau Sekarang! Read More »

tujuan perdagangan antar negara

Tujuan Perdagangan Antar Daerah : Penjelasan Lengkapnya

Tujuan perdagangan antar daerah – Sebagian dari kita mungkin masih bingung dengan tujuan dari adanya perdagangan antar daerah, Tapi kalian sendiri tau gak kenapa ada yang namanya perdagangan antar daerah? Jawabannya mungkin bisa singkat, karena setiap daerah di Indonesia membutuhkan daerah lainnya. Misal di jepara kerajinan kulit melakukan pengiriman ke berbagai daerah, atau di bantul ada batu kapur, dikiriim ke daerah yang membutuhkan, seperti itulah kiranya. Daerah tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. Dalam hal ini perdagangan antar daerah memiliki tujuannya, apa saja itu? simak penjelasannya dibawah ini ya : Tujuan Perdagangan Antar Daerah Memperoleh Keuntungan Dengan terjalinnya sebuah jual beli pasti ada keuntungan didalamnya. Keuntungan yang diperoleh dari selisih antara harga beli dan harga jual. Apabila barang diproduksi sendiri, maka keuntungan akan diperoleh dari selisih antara harga jual dan biaya produksi. Memperluas Jangakuan Pasar Jangkauan pasar tidak hanya terjadi dalam daerah itu sendiri, tetapi bisa tejadi di banyak daerah karena terjadi yang namanya proses pengiriman. Membuka Lapangan Kerja Dengan meluasnya jangkauan untuk melakukan perdagangan serta kemungkinan akan banyaknya permintaan, maka sebuah produksi mau gak mau akan menambah jumlah tenaga kerja untuk memenuhi itu semua. Harapannya adalah agar tingkat produktivitasnya dapat diiringi dengan sumber daya manusia yang memadai sehingga barang yang dihasilkan bisa lebih memuaskan. Menjadi alat pemuas konsumen Kebutuhan yang terpenuhi menjadi kepuasan dan ketenagan untuk sebuah konsumen, Karena itu perdagangan bisa menjadi salah satu alat untuk memuaskan konsumen karena bisa merasakan sumber daya yang bukan dari daerahnya melainkan dari daerah tempat lain. Menjalin kerja sama antar daerah Semakin luas jangkauan perdagangan antar daerah produk maka relasi atau hubungan yang dibangun antar masyarakat di pulau satu dengan pulau lainnya juga lebih baik. Selain dari sisi ekonomi, manfaat perdagangan antar daerah juga bisa menimbulkan efek positif dalam aspek sosial masyarakat begitu pula jika dibandingkan dengan manfaat perdagangan antar negara. Interaksi masyarakat yang memiliki perbedaan budaya akan timbul serta saling menghargai. Meningkatkan Kemakmuran Masyarakyat Dengan terpenuhinya kebutuhan masyarakat karena adanya perdagangan antar daerah menjadi rakyat meenjadi makmur. Hal ini sangat diperlukan karena luasnya negara Indonesia, dan pemerataan kebutuhan haruslah sama sesuai dengan pancasila.

Tujuan Perdagangan Antar Daerah : Penjelasan Lengkapnya Read More »

Procurement adalah Pengertian dan Bedanya Dengan Purchasing

Procurement adalah Pengertian dan Bedanya Dengan Purchasing

Secara sederhana, pembelian bisa disebut proses pembelian barang atau jasa. Dalam hal ini pembelian memiliki arti yang lebih spesifik yaitu pembelian suatu produk atau jasa. Bagi Anda yang tidak terlibat langsung dalam manajemen produksi, terkadang sulit membedakan antara Procurement  dan Purcashing. Keduanya terkait erat tetapi memiliki peran yang sangat berbeda. Secara sederhana, pembelian bisa disebut proses pembelian barang atau jasa. Dalam hal ini pembelian memiliki arti yang lebih spesifik yaitu pembelian suatu produk atau jasa. Dengan demikian, pembelian sebenarnya berada dalam lingkup pembelian. Dalam pelaksanaannya, Procurement terdiri dari tiga tahap, yaitu: Procurement, penerusan dan pengangkutan. Dua hal terakhir dapat dijelaskan sebagai berikut: ekspedisi adalah tahap pengawasan agar proses pembelian berjalan lancar. Sedangkan lalu lintas adalah fase penyampaian dan memastikan barang sampai dengan selamat di tempat tujuan. Strategi pembelian yang efektif harus akurat dalam lima bidang: kualitas, harga, waktu, layanan, dan kuantitas. Kelima poin tersebut saling berkaitan. Terdapat banyak divisi dalam perusahaan yang saling mendukung kelangsungan bisnis sehingga dapat berjalan dengan baik. Salah satu yang utama dan sangat penting adalah pembelian. Purchasing merupakan bagian dari supply chain management yang dibutuhkan oleh banyak industri, khususnya FMCG (Fast-Moving Consumer Goods). Jika Anda memiliki pengalaman di bidang akuntansi, manajemen bisnis, atau disiplin terkait, pembelian mungkin merupakan pilihan karir yang bagus untuk Anda. Sebelum memutuskan jenjang karir, tentunya Anda harus mempelajari terlebih dahulu tentang posisi tersebut. Apa itu Procurement? Procurement adalah proses penyediaan dan pembelian barang untuk bisnis. Barang atau jasa yang harus disediakan oleh sektor Procurement berasal dari sumber eksternal. Untuk dapat memastikan ketersediaan barang-barang tersebut, Anda harus mencari pemasok dan memilih yang terbaik. Orang dalam posisi ini memastikan bahwa barang tersedia dalam jumlah yang dibutuhkan dan pada waktu yang tepat. Selain itu, profesional Procurement juga harus menemukan cara untuk meminimalkan biaya. Tidak hanya itu, pembelian juga melibatkan proses komunikasi dengan pemasok tersebut dan negosiasi perjanjian bisnis antara kedua belah pihak. Dengan Procurify berjalan, pekerjaan Procurement Anda terlihat seperti ini: Mengidentifikasi barang atau sumber daya yang dibutuhkan perusahaan Membuat permintaan pembelian Mengevaluasi dan memilih pemasok pemasok Menegosiasikan harga dan perjanjian bisnis Melakukan pemesanan pembelian Menerima dan memeriksa barang masuk Buat faktur dan atur pembayaran Merekam semua tindakan yang diambil Perbedaan antara Procurement dan Purchasing Anda sudah mengerti apa itu procurement. Namun, jangan bingung bedanya dengan purchasing. Mereka terkadang dianggap sama, tetapi Platform Tanpa Kode mengatakan ada perbedaan di antara keduanya. Untuk lebih jelasnya berikut ini sedikit penjelasan mengenai perbedaan diantara keduanya. 1. Fungsi strategis dan transaksional Pembelian adalah proses strategis dan pembelian adalah fungsi transaksional dalam upaya untuk mendapatkan sumber daya yang diinginkan. Tujuan dari fungsi strategi adalah untuk meneliti, bernegosiasi dan merencanakan kegiatan. Sedangkan pembelian hanya mencakup pembelian atau pemesanan dan pembayaran. 2. Fokus Membeli biasanya hanya berfokus pada harga pesanan dan cara menyimpannya. Di sisi lain, pengadaan tidak hanya berfokus pada biaya, tetapi juga pada nilai keseluruhan yang diterima perusahaan dalam proses pengadaan. Selain itu, pembelian juga memiliki fungsi untuk membangun hubungan dengan pemasok, sedangkan pembelian tidak memiliki hubungan yang erat dengan pemasok. 3. Pencegahan risiko Perusahaan seringkali harus menghadapi beberapa tantangan dalam rantai pasokan. Misalnya, risiko operasional, keuangan, dan keamanan. Pengadaan bertujuan untuk mengidentifikasi risiko-risiko tersebut dan memitigasi risiko-risiko yang lebih besar di masa mendatang. Demikian informasi mengenai pengertian procurement dan perbedaannya dengan purchasing, jangan sampai salah lagi ya membedakan keduanya.

Procurement adalah Pengertian dan Bedanya Dengan Purchasing Read More »

manfaat tol laut

Manfaat Tol Laut dan Pengertiannya

Banyak diantara kita bingung dengan penjelasan tentang tol laut, dan manfaat sesungguhnya dari tol laut, sebenarnya jika kita menelusuri lebih lanjut ternyata ada banyak juga manfaat dari tol laut itu sendiri. Dilihat dari progress yang ada Capt. Rudy Sugiharto., M.Pd, Plt., Kasi Angkutan Laut Khusus, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Dirjen Perhubungan Laut, Kementrian Perhubungan mengatakan progres pelaksanaan tol laut logistik cukup menggembirakan dari tahun ke tahun. Hal ini bisa kita lihat dari peningkatan jumlah pelabuhan singgah tercatat sebanyak 31 pelabuhan pada 2016 menjadi 114 pelabuhan pada 2021, dan jumlah armada kapal yang semula 6 armada di tahun 2016 menjadi 32 armada pada 2021. Hal ini sangat menggembirakan untuk kita semua. Namun sebelum lebih jauh, kita ingin coba bahas tentang pengertian dari tol laut. Baca Juga : Tips Mudah Memilih Jasa Ekspedisi ke Luar Negeri Pengertian Tol Laut Mengacu pada sumber resmi Suzuki Indonesia, Tol laut adalah tol yang dibangun di atas permukaan laut berupa jalur layar. Tol ini merupakan konsep yang diusung untuk mendukung proses pengangkutan logistik. Sehingga dengan seperti itu, segala proses yang ada dalam distribusi barang akan semakin mudah dan dapat lebih merata ke daerah-daerah terpencil. Mungkin Kalian semua membayangkan bahwa tol laut merupakan jalan bebas hambatan yang dibuat di atas laut. Ternyata, lebih tepatnya yaitu jalur pelayaran bebas hambatan kapal yang menghubungkan hampir seluruh pelabuhan. Jadi, seperti informasi jalur berlayarnya kapal yang tidak begitu padat. Pembangunan fasilitas ini sudah gencar dibuat selama beberapa tahun terakhir. Beberapa pelabuhan di Indonesia yang sudah terhubung dengan tol laut antara lain pelabuhan Tanjung Perak dengan Tanjung Priok, dan Pelabuhan Sorong dengan Pelabuhan Tanjung Perak. Kapal-kapal yang digunakan untuk melintasi jalur pelayaran bebas hambatan ini yaitu kapal khusus. Kapal tersebut harus berkapasitas dan bervolume sangat besar. Hal ini agar pengangkutannya sekalian karena melewati laut dengan jarak yang cukup jauh, yakni antar provinsi. Nah setelah sudah paham sekilas tentang gambaran dari tol laut, sekarang saatnya kita tau lebih dalam tentang manfaat nyata dari tol laut itu sendiri. Baca Juga : Akuntansi Freight Forwarding Adalah : Penjelasan Lengkapnya Manfaat Tol Laut Selain bertujuan sebagai jalur pelayaran yang mewujudkan bebas hambatan atau tidak padat, tol laut juga memiliki beberapa manfaat untuk penggunanya, antara lain sebagai berikut: Menjadi Penghubung Tol laut menjadi penghubung karena menjadi roda bagi setiap kapal yang ada, hal ini akan mempercepat proses pengiriman antar daerah pada masing – masing daerah di Indonesia Menurunkan Harga Barang di Daerah Tertinggal Proses yang mudah akan mempercepat laju transformasi pengiriman dan karena bebas hambatan inilah yang akan memudahkan beberapa pelaku usaha untuk dengan mudah melakukan pengiriman antar daerah. Nawacita Pertama Negara Indonesia ini kan negara maritim yah, kaya dengan kebudayaan lautnya, nah gak afdol kalau rasanya kita gak memiliki tol laut Kesejahteraan Untuk Masyarakat Ini lebih ke kepada harapan si dari manfaat berjalannya tol laut selanjutnya yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di semua lapisan. Masyarakat yang terpenuhi segala kebutuhannya akan lebih sejahtera. Pendistribusian barang menjadi lebih merata ke daerah-daerah terpencil. Akses semakin mudah dan semoga tidak ada yang namanya kekurangan bahan atau apapun itu. Karena negara Indonesia adalah negara kepulauan atau maritim, maka kebutuhan dan harga barang pokok akan berbeda-beda tergantung kemudahan penyalurannya. Dengan adanya tol ini, maka harga bahan pokok bisa pelan-pelan diseragamkan. Meningkatkan Kemandirian Dengan adanya jalur berlayar bebas hambatan, maka negara maritim seperti Indonesia akan lebih mampu memenuhi segala aktivitas yang beroperasi melalui laut. Pihak pemerintah akan bisa mengelola dan mengontrol segala aktivitas laut secara mandiri. Selain itu, kemudahan pendistribusian bahan pangan atau bahan pokok di negara sendiri yang mudah akan meminimalisasi impor dari negara lain. Peningkatan Infrastruktur Negara Penyediaan jalur laut ini juga bisa memberi kesempatan untuk dimanfaatkan, misalnya saja untuk perdagangan. Jalur ini sangat bisa dilengkapi dengan berbagai sarana dan fasilitas lain di wilayah laut yang bisa dimanfaatkan. Kesimpulan Dengan adanya tol laut ini harapannya adalah memudahkan untuk semua lapisan masyarakat, khususnya daerah yang mana menjadi fokus pemerataan bahan ya. Semoga informasi ini membantu kalian ya dalam memahami apa itu tol laut dan manfaat tol laut

Manfaat Tol Laut dan Pengertiannya Read More »

Cara Menulis Alamat Paket Supaya Cepat Sampai Tujuan!

Cara Menulis Alamat Paket Supaya Cepat Sampai Tujuan!

Cara menulis alamat paket merupakan salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan saat ingin mengirim paket melalui jasa pengiriman. Jika ini tidak benar, paket yang dikirim mungkin tidak mencapai alamat tujuan. Apabila Anda baru pertama kali mengirim paket, tentunya Anda ingin tahu bagaimana cara menulis alamat paket yang baik dan benar. Ini tidak sulit, sungguh. Tidak jauh berbeda dengan menulis alamat saat menulis surat. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini untuk lebih jelasnya. Cara Menulis Alamat Paket Secara umum format penulisan alamat paket yang benar terdiri dari 3 bagian utama yaitu nama pengirim/penerima, alamat lengkap, dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Ini berlaku untuk pengirim paket dan penerima paket. Di bawah ini adalah penjelasan untuk setiap bagian. 1. Nama lengkap Bagian pertama yang harus Anda tulis di alamat paket adalah nama lengkapnya. Untuk penerima, Anda dapat menulis nama lengkap orang tersebut atau menambahkan nama panggilan yang sudah dikenal, jika ada. Sedangkan untuk pengirimnya, Anda bisa menuliskan nama lengkap Anda atau nama toko Anda jika Anda berjualan secara online. 2. Alamat lengkap Untuk alamat, tulis dengan lengkap agar kurir lebih mudah menemukannya. Khusus untuk alamat penerima paket. Bagian-bagian yang perlu Anda tulis dalam alamat paket adalah sebagai berikut: Nama jalan (jika ada) Nomor rumah (jika ada) Nama Dusun (jika ada) RT dan RW Nama Desa/Distrik/Kelurahan Nama Kecamatan Nama Kota/Kabupaten Nama Provinsi Kode Pos 3. Nomor telepon Bagian terakhir yang harus Anda cantumkan saat menuliskan alamat paket adalah nomor telepon atau nomor handphone yang dapat dihubungi. Hal ini penting agar kurir dapat menghubungi penerima jika kesulitan menemukan alamat rumah yang tercatat. Jika perlu, sertakan nomor ponsel yang juga digunakan untuk WhatsApp agar penerima dapat membagikan lokasinya kepada kurir agar lebih mudah menemukan alamatnya. Untuk lebih memahami format penulisan alamat paket, Anda bisa melihat contoh alamat penerima dan pengirim paket di bawah ini.   Contoh penulisan alamat penerima paket Sidik Ristiawan Jl. Merpati No. 14, RT 05, RW 07, Dusun Kapuk, Desa Wuriharjo, Kecamatan Sidowengi Kabupaten Magelang, Jawa Tengah Kode pos 56115 Telp: 0812 3456 7890 Contoh penulisan alamat pengirim paket Malik Oktario Jl. Mawar No. 70, RT 02, RW 05, Desa Melati, Desa Mentari, Kecamatan Ijoroyo Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur Kode pos 61211 Telp : 0898 7654 3210 Cara Penulisan Paket Agar Cepat Sampai Tujuan Pertama, tuliskan nama lengkap penerima paket. Selanjutnya tuliskan alamat lengkap penerima, mulai dari jalan, nomor rumah, peternakan, desa, kelurahan, kabupaten/kota dan wilayah. Setelah memastikan alamat sudah benar, tuliskan kode pos alamat tersebut. Selanjutnya, tuliskan nomor telepon atau nomor ponsel penerima parsel. Setelah menuliskan alamat penerima, tulis juga nama lengkap atau nama toko pengirim parsel. Catat juga alamat lengkap pengirim, baik alamat rumah maupun alamat toko. Terakhir, tuliskan nomor telepon pengirim paket. Untuk mengirimkan dokumen, tulis alamat penerima di sebelah kiri dan alamat pengirim di sebelah kanan. Jika Anda mengirim dokumen, Anda dapat menulis alamat parsel langsung di amplop. Tetapi jika Anda mengirim barang, Anda dapat menulisnya di kertas terlebih dahulu dan kemudian menempelkannya dengan selotip. Cara Print Alamat Paket di Marketplace Jika Anda seorang penjual atau pemilik toko online, tentunya akan kesulitan jika harus mendaftarkan alamat paket secara manual. Untungnya, kini Anda bisa langsung mencetak alamat paket jika Anda berjualan melalui marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya. Caranya cukup mudah. Setelah mengkonfirmasi pesanan yang masuk, Anda hanya perlu mencari menu untuk mencetak label alamat (Print Label) atau nomor resi (Print Receipt) di setiap platform marketplace. Tinggal klik menunya, lalu print dan tempel di tas yang sudah kamu siapkan. Alamat tersebut akan ditulis secara otomatis sesuai dengan alamat yang dimasukkan pembeli di profilnya di marketplace, beserta barcode. Dengan cara ini Anda tidak perlu menuliskan alamat paket secara manual, dan juga dapat meminimalkan terjadinya kesalahan penulisan. Itulah cara penulisan alamat paket yang benar sesuai standar ekspedisi di Indonesia. Anda dapat menggunakan panduan di atas untuk mengirim paket melalui JNE, J&T, SiCepat, Kantor Pos, Anteraja dan lainnya. Intinya, Anda harus menulis alamat secara lengkap dan benar, serta mencantumkan kontak yang dapat dihubungi baik untuk penerima maupun pengirim. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi kurir untuk mengantarkan paket sehingga lebih cepat sampai di tujuan.

Cara Menulis Alamat Paket Supaya Cepat Sampai Tujuan! Read More »

Pengemasan Artinya

Pengemasan Artinya? Pengertian, Manfaat dan Fungsinya

Seseorang tidak dapat mengangkut telur dari peternakan unggas ke pengecer tanpa mengemasnya dalam baki telur karena telur dapat pecah bahkan sebelum mencapai konsumen akhir. Demikian pula, kemeja putih mungkin terkena noda jika diangkut dan dijual tanpa pengemasan, dan pengecer mungkin tidak dapat menjual produk susu yang mudah rusak setelah sehari jika tidak ada pengemasan. Kertas, kotak bergelombang, film plastik, polibag, dan tas gulung, dll yang membungkus suatu produk memiliki nilai lebih dari yang dapat dibayangkan pelanggan. Tapi apa sih pengemasan itu, kenapa penting, apa saja jenis dan fungsinya? Apa itu Pengemasan? Packaging atau Pengemasan adalah tindakan menutup atau melindungi produk dengan menggunakan wadah untuk membantu distribusi, identifikasi, penyimpanan, promosi, dan penggunaan. Pengepakan merupakan semua kegiatan merancang dan memproduksi wadah untuk suatu produk. Secara sederhana, pengemasan mengacu pada perancangan dan pengembangan bahan pembungkus atau wadah di sekitar produk yang membantu untuk: Mengidentifikasi dan membedakan produk di pasar, Mengangkut dan mendistribusikan produk, Menyimpan produk, Mempromosikan produk, Gunakan produk dengan benar. Pentingnya Kemasan Sering dianggap sebagai bagian pemasaran yang penting, packaging membentuk alat distribusi, penyimpanan, dan penjualan inti yang dapat menjadi bagian dari produk itu sendiri atau wadah eksternal yang terbuat dari berbagai bahan. Pengemasan merupakan elemen penting baik bagi penjual maupun pelanggan. Sedangkan penjual menggunakannya sebagai alat untuk mendistribusikan, menyimpan, dan mempromosikan; pelanggan menggunakannya sebagai alat identifikasi dan penggunaan yang penting. Pentingnya Packaging Bagi Penjual Distribusi: Packaging yang baik memungkinkan penjual untuk mengangkut produk dari unit manufaktur ke titik penjualan akhir dan kemudian ke pelanggan. Penjual menggunakan Packaging yang berbeda untuk hal yang sama Packaging transportasi untuk mengangkut produk dan Packaging konsumen untuk membantu konsumen dalam mengkonsumsi produk. Penyimpanan: Pergudangan memiliki risiko pembusukan, tumpahan, dan kesalahan penanganan produk sendiri. Packaging yang tepat membantu penjual menyimpan dan memilah produk dengan lebih baik. Promosi: Packaging membentuk elemen pemasaran vital yang digunakan merek untuk membedakan produk dengan menggunakan paket yang menarik, penuh warna, dan menarik secara visual dan menginformasikan pembeli tentang kinerja, fitur, dan manfaat produk. Keamanan: Pengemasan yang baik membantu keamanan produk sebelum mencapai konsumen akhir. Misalnya, Tetra Pak mencegah susu menjadi busuk sebelum tanggal kedaluwarsa. Pentingnya Packaging Bagi Pembeli Identifikasi: Pengemasan dan pelabelan membantu pelanggan mengidentifikasi produk dan membedakannya dari produk lain di pasar. Penggunaan: Seringkali, Packaging, seperti pasta gigi, yang merupakan bagian dari produk membantu dalam penggunaan dan konsumsinya. Keamanan: Ini juga melindungi konsumen dari bahaya yang menyertai produk. Misalnya, botol asam melindungi pengguna dari luka bakar asam. Fungsi Pengemasan Pengemasan memainkan peran penting sejak produk dikembangkan hingga produk dikonsumsi sepenuhnya. Fungsi Packaging tersebut antara lain: Berisi produk: Sebagian besar produk perlu disimpan baik selama transportasi, penyimpanan, atau konsumsi. Pengemasan memastikan produk terkandung saat dan saat dibutuhkan. Melindungi produk: Packaging melindungi produk dan kualitas, fitur, kegunaan, dll. dari kerusakan atau kontaminasi selama transportasi, penyimpanan, dan konsumsi. Membantu penanganan dan penggunaan produk: Packaging yang tepat membantu penanganan produk dan memudahkan pengangkutan, pengiriman, dan bahkan penggunaan produk. Membedakan produk dan membuatnya menonjol: Packaging memudahkan pelanggan untuk mengidentifikasi dan membedakannya dari produk lain. Selain itu, paket yang menarik memiliki properti untuk menonjol dan menarik pelanggan ke arah itu. Merupakan bagian dari strategi pemasaran produk: Paket yang menarik dan/atau informatif membuat produk menonjol dan memiliki daya tarik promosi. Pengemasan juga bertindak sebagai titik kontak terakhir yang membantu dalam promosi dan penjualan produk. Memberikan kenyamanan pelanggan: Packaging juga merupakan alat kenyamanan yang membuat pelanggan nyaman untuk membawa, mengangkut, dan menggunakan produk. Bertindak sebagai media komunikasi: Pengemasan bersama dengan pelabelan membantu mengkomunikasikan identitas merek, pesan merek, dan informasi produk dan perusahaan kepada pelanggan. Menambah nilai estetika: Packaging dapat membuat produk yang sederhana terlihat menarik atau produk yang unik terlihat biasa saja. Ini adalah titik sentuh estetika penting yang dapat membuat atau menghancurkan penjualan. Demikian informasi mengenai apa itu pengemasan beserta artinya.

Pengemasan Artinya? Pengertian, Manfaat dan Fungsinya Read More »

hambatan perdagangan antar negara

Ketahui Penyebab Hambatan Perdagangan Antar Negara

Hambatan perdagangan antar negara – Dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya, sebuah negara tidak bisa mengandalkan kekayaannya sendiri. Diperlukan peran negara lain untuk memenuhi kebutuhan yang ada melalui perdagangan internasional. Kedua negara tersebut bisa melakukan kerja sama dan membangun hubungan bilateral yang sama-sama menguntungkan. Tentu ini demi mencapai berbagai kepentingan didalamnya. Lalu apa itu perdagangan internasional? Bayangkan sebuah proses jual beli tas, tetapi penjualnya berasal dari negara Eropa dan kalian sebagai pembeli berasal dari Indonesia. Nah, artinya terjadi proses jual beli barang atau jasa melintasi batas negara yang saling menguntungkan antar negara berdasarkan kesepakatan bersama. Wujud dari perdagangan antar batas ini adalah ekspor dan impor, yang akhirnya akan mendorong berkembangnya industrialisasi, globalisasi, dan investasi asing. Baca Juga : Overload Artinya: Kelebihan Muatan (Penyebab dan Solusinya) Hambatan Perdagangan Antar Negara Dalam suatu jalinan kerja sama antar negara pasti selalu ada hambatan yang terjadi khususnya dalam proses perdagangan antar benua, berikut ini adalah contoh 5 hambatan yang terjadi dalam proses kegiatan perdagangan Kebijakan Ekonomi dan Politik International Setiap negara memiliki kebijakan ekonomi dan politiknya masing – masing, dalam prakteknya setiap negara pasti memiliki yang namanya proteksi terhadap komoditas produk yang dimilikinya. Karena bisa aja ini menjadi hambatan dalam sebuah negara, karena sebuah negara bisa membatasi perdagangan yang terjadi. Tarif impor membuat para importir akan lebih susah menjual produknya masuk ke pasar di dalam negeri. Namun di sisi lain, tarif impor akan menguntungkan para pelaku usaha kecil di dalam negeri karena harga barang lebih murah dari barang impor. Baca Juga : Manufaktur adalah: Pengertian, Jenis dan Contoh Produknya Perbedaan Nilai Mata Uang Kadang perbedaan nilai mata uang menjadi sesuatu hal yang menyulitkan, misalnya dari rupiah ke indonesia, hal ini menyebabkan kebanyakan orang enggan melakukan impor karena nilai tukar yang jauh berbeda. Konflik Besar di Negara Tujuan Adanya konflik di negara yang dituju juga bisa menyebabkan hambatan perdagangan antar negara, karena mayoritas wilayah kemungkinan akan menutup beberapa akses sehingaa proses ekspor dan impor akan dibatasi. Birokrasi Suatu Negara Peraturan atau birokrasi dalam negara yang menjadi negara tujuan menjadi hal yang bisa menghambat, kadang kita lupa akan aturan sebuah negara, nah hal itu menyebabkan tidak bisanya barang dikirim. Organisasi Ekonomi Pada prosesnya menjalankan perdagangan antar negara, terdapat berbagai aturan yang perlu diikuti agar proses dagang berjalan dengan baik. Namun tidak hanya dari aturan kedua belah pihak saja, tetapi juga kebijakan perdagangan dari organisasi yang diikuti negara yang bersangkutan. Ini dapat menjadi hambatan yang pelik, misalnya negara luar yang memiliki kualitas produk yang bagus akan sulit menjualnya ke negara anggota organisasi tertentu.

Ketahui Penyebab Hambatan Perdagangan Antar Negara Read More »

Purchasing adalah

Purchasing adalah: Pengertian, Aktivitas dan Fungsinya

Apa itu Purchasing? Purchasing adalah perolehan barang dan jasa yang terorganisir atas nama entitas pembeli. Aktivitas pembelian diperlukan untuk memastikan bahwa barang yang dibutuhkan diperoleh tepat waktu dan dengan biaya yang wajar. Departemen pembelian sangat diperlukan dalam bisnis manufaktur, di mana sejumlah besar bahan baku dan komponen harus diperoleh secara berulang. Tujuan utama departemen pembelian adalah sebagai berikut: Untuk menemukan pemasok yang dapat menyediakan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan pembeli. Untuk membeli barang yang memenuhi spesifikasi kualitas pembeli. Untuk menciptakan aliran pengiriman ke tempat pembeli yang meminimalkan investasi persediaan bahan baku sambil tetap memastikan bahwa barang tersedia sesuai kebutuhan. Untuk meminimalkan jumlah uang tunai yang diinvestasikan dalam persediaan. Aktivitas Purchasing Kegiatan pembelian yang umum dilakukan adalah sebagai berikut: Menerima dan memverifikasi permintaan pembelian dari seluruh perusahaan. Cari pemasok yang memenuhi syarat yang dapat memenuhi kebutuhan pembeli. Menyiapkan dan menerbitkan dokumen request for proposal (RFP) kepada pemasok yang memenuhi syarat. Evaluasi tanggapan pemasok terhadap RFP, pilih pemenang, dan negosiasikan kontrak. Mengeluarkan pesanan pembelian kepada pemasok yang mengotorisasi pembelian. Pembelian induk dapat diterbitkan ketika ada sejumlah pengiriman yang direncanakan berdasarkan pengaturan Purchasing. Mengelola kontrak yang memiliki durasi lebih lama. Tinjau pembelian terbuka untuk melihat apakah ada yang harus ditutup. Fungsi Purchasing Ada kecenderungan fungsi pembelian macet dalam urusan administrasi yang terkait dengan penggunaan prosedur penawaran yang berlebihan dan penerbitan pesanan Purchasing. Fungsi tersebut dapat disederhanakan dengan mengganti penawaran dengan pengaturan sumber tunggal untuk sebagian besar pembelian. Selain itu, pembelian dengan biaya lebih rendah sekarang dilakukan dengan kartu pengadaan, sehingga menghindari penggunaan pembelian. Tingkat perampingan ini memfokuskan perhatian departemen Purchasing hanya pada pengeluaran yang paling mahal dan kompleks. Sistem Pembelian Departemen pembelian dapat mengoperasikan paket perangkat lunak pembelian yang berdiri sendiri, meskipun sistem ini lebih efektif jika diintegrasikan ke dalam perangkat lunak fungsi penerimaan dan utang usaha. Sistem perencanaan sumber daya perusahaan akan mencakup modul Purchasing.

Purchasing adalah: Pengertian, Aktivitas dan Fungsinya Read More »

Manufaktur adalah

Manufaktur adalah: Pengertian, Jenis dan Contoh Produknya

Apa Itu Manufaktur? Manufaktur adalah produksi barang melalui penggunaan tenaga kerja, mesin, peralatan dan pemrosesan atau formulasi biologis atau kimia. Manufaktur dapat berarti mengubah bahan mentah menjadi barang jadi dalam skala besar, atau menciptakan barang-barang yang lebih kompleks dengan menjual barang-barang dasar kepada produsen untuk produksi barang-barang seperti mobil, pesawat terbang, atau peralatan rumah tangga. Bahan baku diubah menjadi produk jadi melalui rekayasa manufaktur atau proses manufaktur. Proses ini dimulai dengan desain produk dan pemilihan bahan. Bahan dimodifikasi selama berbagai proses Manufacturing untuk membuat produk jadi. Manufaktur maju modern sering kali mencakup beberapa proses antara untuk membuat berbagai komponen untuk barang jadi, dengan beberapa produsen menggunakan istilah fabrikasi. Manufacturing memiliki hubungan dekat dengan sektor rekayasa dan desain proses industri. Sejarah Manufaktur Manufaktur telah ada selama berabad-abad dan pada awalnya dilakukan oleh pengrajin terampil, kadang-kadang bekerja dengan asisten, dengan keterampilan yang diturunkan melalui magang. Pabrikan mungkin telah bergabung dengan serikat pekerja yang akan melindungi rahasia dagang dan hak istimewa para pengrajin ini. Sebagai alternatif, manufaktur dapat dilakukan pada skala yang kurang terorganisir, seringkali di daerah pedesaan, di mana pengrajin akan menambah subsisten pertanian melalui manufaktur berbasis rumah. Rumah tangga manufaktur ini kadang-kadang diorganisir menjadi perusahaan gabungan melalui sistem put-out. Namun, sistem manufaktur awal ini berubah dengan diperkenalkannya sistem pabrik di Inggris pada awal revolusi industri di akhir abad ke-18. Sistem ini memanfaatkan kemajuan teknologi dan menggunakan mesin yang ditenagai oleh air, uap dan, kemudian, listrik yang memungkinkan produksi skala besar. Metode pembuatan jalur perakitan dijelaskan oleh Adam Smith dalam The Wealth of Nations, yang memperkenalkan konsep pembagian kerja. Ini berarti bahwa orang yang berbeda masing-masing hanya akan mengambil satu bagian dari proses Manufacturing, misalnya memotong kawat untuk pin, untuk menciptakan proses yang lebih efisien dan hemat biaya. Mekanisasi dan otomatisasi kemudian menggunakan konsep ini untuk menciptakan Manufacturing yang sangat berulang. Daripada seorang pengrajin tunggal yang memproduksi seluruh produk seperti yang telah terjadi selama berabad-abad di masa lalu, manufaktur dipecah menjadi bagian-bagian terpisah untuk menciptakan dasar bagi manufaktur modern seperti yang kita kenal sekarang. Apa Saja Jenis Manufaktur? Pada intinya, manufaktur adalah proses yang sederhana; bahan baku atau bagian komponen dibeli dan kemudian diubah menjadi produk jadi. Namun, agar berhasil, produsen harus mampu menutupi biaya pembuatan produk, memenuhi permintaan dan menciptakan produk yang diinginkan pasar. Ada tiga jenis proses produksi Manufacturing; make to stock (MTS), make to order (MTO) dan make to assemble (MTA). Ketiga jenis Manufacturing ini bekerja sebagai berikut: Make-To-Stock (MTS) Dalam sistem ini sebuah pabrik memproduksi barang-barang yang disimpan dalam persediaan di toko-toko dan ruang pamer. Artinya, pasar untuk barang tersebut perlu diprediksi agar barang tersebut dapat diproduksi terlebih dahulu siap untuk konsumen. Namun, memproduksi terlalu banyak dapat berarti bahwa kelebihan stok harus dijual dengan kerugian sementara memproduksi terlalu sedikit dapat berarti pasar terlewatkan dan biaya tidak ditanggung oleh penjualan. Make-To-Order (MTO) Metode make to order memungkinkan produsen untuk menunggu sampai pesanan diterima sebelum produksi dimulai. Ini membuatnya lebih mudah untuk mengelola inventaris dan bereaksi terhadap permintaan pasar. Namun, pelanggan harus menunggu produk mereka diproduksi dan pabrikan akan membutuhkan aliran pesanan yang stabil agar pabrik tetap berproduksi dan menguntungkan. Make-To-Assemble (MTA) Cara ini hampir sama dengan make to stock, hanya saja pabrik akan memproduksi suku cadang untuk mengantisipasi pesanan perakitan. Ini berarti bahwa pabrikan siap memenuhi pesanan pelanggan saat mereka tiba, tetapi dapat meninggalkan pabrikan dengan stok suku cadang yang tidak diinginkan jika tidak ada permintaan. Seperti yang ditunjukkan di atas, semua jenis manufaktur ini memiliki risiko sendiri terkait dengan penawaran dan permintaan. Memproduksi terlalu banyak dan pasar akan kebanjiran, menyebabkan penurunan harga dan keuntungan. Menghasilkan terlalu sedikit dan pelanggan akan pergi ke tempat lain dan berarti potensi keuntungan hilang. Kontrol kualitas juga merupakan aspek penting dari setiap proses manufaktur untuk melindungi citra merek dan produk Anda. Bisnis manufaktur yang sukses membutuhkan perpaduan yang baik antara manajemen penjualan, manajemen stok, kontrol kualitas, dan penetapan biaya produksi. Contoh Produk Manufacturing Manufacturing didefinisikan sebagai penciptaan produk baru, baik dari bahan baku atau komponen. Contoh manufaktur termasuk perusahaan otomotif, toko roti, pembuat sepatu dan penjahit, karena mereka semua menciptakan produk, bukan menyediakan layanan. Namun, misalnya, penebangan atau penambangan bukanlah Manufacturing, karena tidak mengubah barang menjadi produk baru. Konstruksi, meskipun tampaknya merupakan proses Manufacturing, sebenarnya adalah kategorinya sendiri dan juga tidak dianggap sebagai aspek Manufacturing. Pekerjaan manufaktur dapat mencakup berbagai keterampilan, termasuk perakit, pembuat roti, teknisi peralatan gigi dan medis, pengolah makanan, perhiasan, pekerja logam, masinis, printer, pengontrol kualitas, penjahit, tukang pelapis, tukang las, pemotong dan pekerja kayu.

Manufaktur adalah: Pengertian, Jenis dan Contoh Produknya Read More »

ekspedisi ke luar negeri

Tips Mudah Memilih Jasa Ekspedisi ke Luar Negeri

Sekarang ini ada banyak sekali jasa ekspedisi ke luar negeri, khususnya di Indonesia sendiri bisa mencapai lebih dari 40 an jasa yang menyediakan layanan ini. Kabanyakan dari kita mungkin bingung harus memilih yang mana dari banyaknya layanan ini, karena itu kita oaktree selaku software freight forwarding di Indonesia, akan coba membagikan beberapa tipsnya untuk Anda, agar nantinya Anda tidak salah dalam memilih. Mungkin kebanyakan memilih karena harga, tetapi sebenarnya ada faktor lain lho yang kalian harus tau, simak penjelasannya dibawah ni ya. Baca Juga : Akuntansi Freight Forwarding Adalah : Penjelasan Lengkapnya Tips Memilih Jasa Ekspedisi ke Luar Negeri Cermati Layanan Perhatikan dengan seksama tentang layanan yang diberikan, untuk hal ini kalian bisa menggunakan pertanyaan apa yang mereka berikan, dan apa yang mereka tawarkan. Pertama dalam sebuah jasa kan sudah pasti layanannya ya jadi pastikan layanan yang diberikan adalah layanan dengan kualitas terbaik. Kualitas terbaik dalam arti industri itu mempunyai tanggungjawab serta jasa yang bagus alhasil barang yang dikirim mudah serta pas durasi cocok dengan tipe layanan yang ditawarkan. Proteksi Barang Pastikan barang yang dikirimkan memiliki proteksi yang jelas, hal ini memberikan rasa aman ketika barang yang kita kirimkan mudah pecah, bengkok atau hal lain. Harga Tips selanjutnya untuk tips memilih jasa ekspedisi ke luar negeri adalah dari harga, kita coba reflesikan harga yang ditawarkan dengan budget yang kita miliki, dan jangan lupa bandingkan harga dari masing – masing jasa ekspedisi yang melayani. Jaminan Sebuah perusahaan jasa ekspedisi apakah berani menjamin barang sampai 100% dengan keadaan baik, biasanya hal hal yang tidak terduga dan menyebabkan barang rusak adalah adanya kecelakaan, bencana alam, atau hal lain. Nah dalam hal ini apakah mereka berani bertanggung jawab jika ada hal seperti ini terjadi. Bandingkan Jasa Ekspedisi ke Luar Negeri Terakhir adalah jangan lupa bandingkan layanan dari masing – masing perusahaan dengan melakukan komparasi. Hal ini akan membuat kita lebih terbuka lagi karena bisa saja terkadang ada yang lebih baik tetapi kita tidak sadar. Kesimpulan Nah, mungkin itu yang bisa kami sampaikan terkait dengan hal ini, semoga bermanfaat ya.

Tips Mudah Memilih Jasa Ekspedisi ke Luar Negeri Read More »

Scroll to Top