Oaktree Blog

12 Perusahaan Pelayaran Terkemuka di Indonesia

12 Perusahaan Pelayaran Terkemuka di Indonesia

Indonesia memiliki posisi strategis sebagai negara kepulauan dengan ribuan pulau dan garis pantai yang panjang, sehingga sektor transportasi laut merupakan sektor penting dalam perekonomian Indonesia. Perusahaan pelayaran (Shipping Company) di Indonesia memiliki peran penting dalam mendukung aktivitas perdagangan dan ekspor-impor antar negara, menghubungkan antar pelabuhan di dalam negeri, serta mendukung sektor pariwisata melalui kapal pesiar.

Daftar Perusahaan Pelayaran Terkemuka di Indonesia

Berikut ini adalah daftar perusahaan pelayaran terkemuka di Indonesia.

  1. PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni)
    Pelni adalah perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia yang menyediakan jasa angkutan laut untuk penumpang dan barang. Pelni memiliki armada kapal yang beroperasi di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Sabang di Aceh hingga Merauke di Papua. Pelni juga menyediakan jasa kapal pesiar yang menawarkan paket wisata ke berbagai destinasi di Indonesia.
  2. PT Meratus Line
    Meratus Line merupakan perusahaan pelayaran yang fokus pada pengiriman barang dan jasa angkutan laut di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Meratus Line memiliki armada kapal yang beroperasi di berbagai pelabuhan di Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Kamboja.
  3. PT Samudera Indonesia
    Samudera Indonesia adalah perusahaan pelayaran yang menyediakan jasa pengiriman barang dan jasa angkutan laut di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Samudera Indonesia memiliki armada kapal yang beroperasi di berbagai pelabuhan di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.
  4. PT Pelayaran Tempuran Emas (Temas)
    Tempuran Emas adalah perusahaan pelayaran yang menyediakan jasa pengiriman barang dan jasa angkutan laut di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Tempuran Emas memiliki armada kapal yang beroperasi di berbagai pelabuhan di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.
  5. PT Berlian Laju Tanker
    Berlian Laju Tanker (BLT) adalah perusahaan pelayaran yang fokus pada pengiriman minyak dan gas bumi di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. BLT memiliki armada kapal yang beroperasi di berbagai pelabuhan di Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand.
  6. PT Jasa Armada Indonesia
    Jasa Armada Indonesia adalah Shipping Company yang menyediakan jasa pengiriman barang dan jasa angkutan laut di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Jasa Armada Indonesia memiliki armada kapal yang beroperasi di berbagai pelabuhan di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.
  7. PT Surya Lintas Samudera
    Surya Lintas Samudera adalah Shipping Company yang menyediakan jasa pengiriman barang dan jasa angkutan laut di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Surya Lintas Samudera memiliki armada kapal yang beroperasi di berbagai pelabuhan di Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, dan Thailand.
  8. PT Arpeni Pratama Ocean Line
    Arpeni Pratama Ocean Line adalah Shipping Company yang menyediakan jasa pengiriman barang dan jasa angkutan laut di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Arpeni Pratama Ocean Line memiliki armada kapal yang beroperasi di berbagai pelabuhan di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.
  9. PT Adaro Shipping
    Adaro Shipping adalah Shipping Company yang merupakan anak perusahaan dari Adaro Energy, sebuah perusahaan pertambangan batubara terbesar di Indonesia. Adaro Shipping menyediakan jasa pengiriman batubara dan produk pertambangan lainnya di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.
  10. PT Ocean Global Shipping
    Ocean Global Shipping adalah perusahaan pelayaran yang menyediakan jasa pengiriman barang dan jasa angkutan laut di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Ocean Global Shipping memiliki armada kapal yang beroperasi di berbagai pelabuhan di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.
  11. PT Trans Power Marine Tbk
    Trans Power Marine Tbk adalah perusahaan pelayaran publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Perusahaan ini menyediakan jasa angkutan laut untuk barang dan penumpang di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.
  12. PT Merdeka Shipping Lines
    Merdeka Shipping Lines adalah perusahaan pelayaran yang menyediakan jasa pengiriman barang dan jasa angkutan laut di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Merdeka Shipping Lines memiliki armada kapal yang beroperasi di berbagai pelabuhan di Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam.
Baca juga  Tren Teknologi Logistik 2024: Apa yang Harus Diperhatikan?

Demikianlah daftar perusahaan pelayaran terkemuka di Indonesia. Setiap Shipping Company memiliki keunggulan dan spesialisasi masing-masing, sehingga penting bagi pelanggan untuk memilih perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pengiriman. Namun, sebaiknya selalu memperhatikan kualitas pelayanan, keamanan, dan keselamatan dalam memilih perusahaan pelayaran.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top