Oaktree Blog

Drop Point Artinya Titik Lokasi Pengambilan Barang

Drop Point Kemudahan Layanan Pengiriman Barang di Indonesia

Drop point, juga dikenal sebagai titik pengambilan barang atau titik penjemputan barang, adalah lokasi di mana seseorang dapat mengirim atau menerima paket atau barang tanpa harus ke kantor pos atau mengandalkan kurir untuk mengantarkannya ke alamat tujuan.

Layanan droppoint ini semakin populer di Indonesia karena memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mengambil atau mengirim barang dengan lebih cepat, mudah, dan efisien.

Cara Kerja Drop Point

Drop point adalah lokasi yang disediakan oleh perusahaan pengiriman barang, toko online, atau pihak ketiga lainnya yang bekerja sama dengan perusahaan pengiriman barang. Pelanggan dapat memilih lokasi droppoint yang paling dekat dengan tempat tinggal atau kantor.

Baca juga  Supply Chain Management adalah: Pengertian dan Manfaatnya

Setelah pelanggan memilih layanan droppoint saat melakukan pemesanan barang atau paket, perusahaan pengiriman akan mengirimkan barang tersebut ke lokasi drop point yang telah dipilih oleh pelanggan.

Pelanggan kemudian akan diberikan nomor resi pengiriman dan kode unik untuk mengambil barang di lokasi droppoint. Saat mengambil barang, pelanggan harus menunjukkan nomor resi pengiriman dan kode unik tersebut untuk memastikan bahwa barang yang diambil adalah barang yang sesuai dengan pesanan Anda.

Baca juga  Tingkatkan Efisiensi Bisnis Melalui Order Fulfillment yang Efektif

Keuntungan Menggunakan Drop Point

Kemudahan dalam mengambil barang: Droppoint memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mengambil barang di lokasi yang paling dekat dengan tempat tinggal atau kantor Anda. Pelanggan tidak perlu menunggu kurir datang ke rumah atau kantor Anda.

Keamanan barang: Dalam beberapa kasus, barang dapat hilang atau rusak saat dikirimkan melalui kurir. Dengan menggunakan droppoint, pelanggan dapat memastikan bahwa barang Anda aman dan tersimpan dengan baik di lokasi yang aman.

Efisiensi waktu: Pengiriman melalui droppoint dapat lebih cepat daripada pengiriman ke alamat tujuan karena kurir dapat mengirimkan barang ke droppoint yang terdekat dengan alamat pelanggan dan pelanggan dapat mengambil barang dengan cepat di lokasi droppoint.

Baca juga  Ground Handling : Pentingnya Penanganan Layanan di Darat

Biaya pengiriman yang lebih murah: Beberapa perusahaan pengiriman barang menawarkan biaya pengiriman yang lebih murah untuk layanan droppoint daripada pengiriman ke alamat tujuan.

Daftar Layanan DropPoint di Indonesia

Berikut adalah beberapa perusahaan pengiriman barang yang menyediakan layanan drop point di Indonesia:

  • JNE
  • Pos Indonesia
  • Wahana
  • J&T Express
  • AnterAja
  • SiCepat
  • Ninja Van
  • GO-SEND
  • GrabExpress
  • DHL

Demikianlah informasi tentang drop point, cara kerjanya, keuntungannya, dan daftar layanan droppoint di Indonesia. Dengan menggunakan layanan droppoint, pelanggan dapat menghemat waktu, biaya, dan memastikan keamanan barang yang dikirimkan.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top