Oaktree Blog

Berapa Biaya Demurrage per Hari? Begini Perhitungannya!

Berapa Biaya Demurrage per Hari Begini Perhitungannya!

Dalam dunia logistik dan pengiriman, biaya demurrage per hari adalah faktor yang signifikan. Artikel ini akan menjelaskan secara mendalam tentang demurrage, bagaimana menghitung berapa biaya demurrage per hari, dan bagaimana mengelola serta mengurangi biaya tersebut.

Apa Itu Demurrage?

Demurrage adalah biaya yang dikenakan kepada pihak yang menggunakan kapal, kontainer, atau fasilitas penyimpanan lebih lama dari waktu yang telah disepakati. Ini merupakan bentuk kompensasi kepada pemilik kapal atau penyedia layanan logistik atas keterlambatan dalam pengosongan atau pemakaian fasilitas tersebut.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Biaya Demurrage

Durasi Tertunda: Semakin lama barang atau kapal tertunda, semakin tinggi biaya demurrage per hari yang akan dikenakan.

  • Jenis Kapal atau Kontainer: Biaya demurrage juga tergantung pada jenis kapal atau kontainer yang digunakan. Kapal yang lebih besar atau kontainer yang lebih besar biasanya memiliki biaya demurrage yang lebih tinggi.
  • Jenis Barang yang Dikirim: Jenis barang yang dikirim juga mempengaruhi biaya demurrage. Barang berharga atau berisiko tinggi mungkin memiliki biaya demurrage yang lebih tinggi.
  • Lokasi Pelabuhan: Lokasi pelabuhan tempat barang ditunda juga dapat berdampak pada biaya demurrage. Pelabuhan sibuk atau dengan fasilitas terbatas mungkin memiliki biaya demurrage yang lebih tinggi.
Baca juga  Format Alamat Pengiriman : Penulisan Alamat Paket Yang Benar

Bagaimana Menghitung Biaya Demurrage per Hari

Untuk menghitung berapa biaya demurrage per hari dapat dilakukan dengan rumus sederhana. Biaya demurrage per hari = Biaya demurrage total / Durasi tertunda dalam hari.

Sebagai contoh, jika biaya demurrage total adalah $1.000 dan durasi tertunda adalah 5 hari, maka biaya demurrage per hari adalah $200.

  1. Mengatasi Biaya Demurrage yang Tinggi
    Untuk mengurangi biaya demurrage yang tinggi, perlu dilakukan perencanaan pengiriman yang lebih baik. Komunikasi yang efektif dengan pihak logistik juga penting, termasuk pemberitahuan jika ada kemungkinan keterlambatan. Selain itu, menggunakan layanan transportasi yang tepat juga dapat membantu mengurangi biaya demurrage.
  2. Studi Kasus: Biaya Demurrage di Pelabuhan XYZ
    Melakukan analisis biaya demurrage dan mengidentifikasi langkah-langkah yang dapat diambil untuk menguranginya adalah langkah penting. Dalam studi kasus ini, kita akan menganalisis biaya demurrage di Pelabuhan XYZ dan mengidentifikasi cara mengurangi biaya tersebut.
  3. Peran Teknologi dalam Mengelola Demurrage
    Teknologi seperti perangkat lunak manajemen logistik dan sistem pemantauan real-time dapat sangat membantu dalam mengelola dan mengurangi biaya demurrage. Mereka memungkinkan visibilitas yang lebih baik terhadap pergerakan barang dan kapal.
Baca juga  Ekspedisi Paling Murah di Indonesia, Ada SiCepat & JNE

Penutup

Menghitung dan mengelola biaya demurrage per hari adalah hal penting dalam bisnis logistik dan pengiriman. Dengan pemahaman yang baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi biaya demurrage dan tindakan yang dapat diambil untuk menguranginya, perusahaan dapat mengoptimalkan operasinya dan menghemat biaya yang signifikan.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top