Oaktree Blog

Apa Nama Pelabuhan di Jakarta? 12 Pelabuhan Jakarta

Apa Nama Pelabuhan di Jakarta 12 Pelabuhan Jakarta

Apa nama pelabuhan di Jakarta? Pelabuhan di Jakarta merupakan salah satu tempat yang paling penting di Indonesia dan telah menjadi salah satu pusat perdagangan di seluruh dunia.

Jakarta memiliki beberapa pelabuhan yang berfungsi sebagai pusat transportasi laut, tujuan liburan, dan juga pusat perdagangan. Berikut ini adalah nama-nama pelabuhan di Jakarta.

Pelabuhan memainkan peran penting dalam perekonomian negara. Yaitu sebagai simpul jaringan transportasi sesuai dengan hirarkinya, pintu gerbang kegiatan ekonomi, tempat peralihan moda transportasi, penunjang kegiatan produksi dan/atau perdagangan, tempat distribusi, produksi dan pemantapan barang atau barang, dan implementasi Wawasan Nusantara dan kedaulatan negara.

Sedangkan menurut fungsinya, pelabuhan terbagi menjadi dua yaitu negara dan operasional.

Yah, ada beberapa pelabuhan di Jakarta. Menurut situs resmi Pejabat Pengelola dan Informasi Daerah DKI Jakarta, terdapat 12 pelabuhan di Jakarta, 12 di antaranya di Jakarta Utara dan sisanya di Kepulauan Seribu.

Baca juga  Nomor Telepon 021 dari Greater Jakarta: Apa itu Artinya?

Ke-12 pelabuhan di DKI Jakarta memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung status pelabuhan atau hirarkinya.

Apa Nama Pelabuhan di Jakarta?

Berikut 12 nama pelabuhan di Jakarta:

  1. Pelabuhan Tanjung Priok
  2. Pelabuhan Calibaru
  3. Pelabuhan Muara Baru
  4. Pelabuhan Sunda Kelapa
  5. Pelabuhan Mararounda
  6. Pelabuhan Muara Angke Kaliadem
  7. Pantai Mutiara
  8. Pelabuhan Marina Ancol
  9. Pelabuhan dasar pasir Kalibiru
  10. Pelabuhan Cilining Cakung Drain
  11. Pelabuhan Kamal Muar
  12. Pelabuhan Perikanan Muara Angke
Baca juga  Pengertian Air Freight: Memahami Apa itu Pengiriman Udara

Pelabuhan Tanjung Priok berstatus pelabuhan utama/induk. Merujuk pada informasi Peraturan Pemerintah No. 61 Tahun 2009 tentang Pelabuhan.

4 Pelabuhan Induk di Jakarta

Pelabuhan Induk adalah pelabuhan yang fungsi utamanya melayani lalu lintas maritim domestik dan internasional, transship lalu lintas maritim domestik dan internasional dalam jumlah besar, serta sebagai tempat pemberangkatan untuk penumpang dan/atau barang, serta angkutan lintas dengan jangkauan antar wilayah.

1. Pelabuhan Tanjung Priok

Pelabuhan Tanjung Priok adalah pelabuhan utama di Jakarta. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan terbesar di Indonesia dan juga salah satu pelabuhan terbesar di dunia. Pelabuhan ini berfungsi sebagai salah satu pelabuhan utama di Indonesia dan juga sebagai pusat perdagangan lintas internasional.

Baca juga  Cari Tau Tentang Perbedaan Dropship dan Reseller

2. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa adalah salah satu pelabuhan yang paling tua di Jakarta. Pelabuhan ini telah beroperasi sejak tahun 1522 dan merupakan pelabuhan paling termasyur di Jakarta. Pelabuhan ini berfungsi sebagai pelabuhan utama di Jakarta dan juga sebagai pusat perdagangan lokal.

3. Pelabuhan Muara Angke

Pelabuhan Muara Angke adalah pelabuhan yang terletak di Jakarta Timur. Pelabuhan ini berfungsi sebagai pelabuhan utama di Jakarta dan juga sebagai pusat perdagangan lokal dan internasional.

4. Pelabuhan Marunda

Pelabuhan Marunda adalah pelabuhan yang terletak di Jakarta Utara. Pelabuhan ini berfungsi sebagai salah satu pelabuhan utama di Jakarta dan juga sebagai pusat perdagangan lokal dan internasional.

Demikianlah nama-nama pelabuhan di Jakarta yang dapat Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top