Oaktree Blog

Apa Itu Accrued Expenses : Cara Mudah Memahaminya

Accrued expenses

Accrued Expenses – Perencanaan keuangan yang baik adalah hal yang harus diperhatikan dengan sangat detail oleh perusahaan. Hal ini penting dilakukan agar aktivitas bisnis dapat berjalan mulus, dan bahkan berkembang di masa depan. Nah, salah satu medium yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk membuat perencanaan ini adalah laporan keuangan.

Dalam laporan keuangan, ada banyak sekali data dan informasi finansial yang bisa dijadikan dasar dalam melakukan proyeksi keuangan di masa depan. Mulai dari posisi arus kas perusahaan, transaksi bisnis, utang piutang usaha atau account payable, hingga yang tak kalah penting accrued expense.

Nah sebenarnya apa yang dimaksud dengan accrued expense? Dan kalau kita lihat lihat bagaimana elemen ini dapat membantu Anda dalam melakukan manajemen keuangan? Penasaran seperti apa? mari kita simak ulasan lengkapnya berikut ini

Baca Juga : Pengertian Barang OEM & Perbedaannya Dengan Barang Original

Accrued Adalah

Accrued expenses adalah salah satu konsep yang penting dalam akuntansi. Ini adalah biaya yang dibayar karena suatu alasan, meskipun pembayarannya belum dilakukan. Biaya tersebut harus dicatat pada saat transaksi dilakukan, meskipun pembayarannya belum dilakukan. Ini dapat terjadi di berbagai jenis bisnis dan secara umum berkaitan dengan pengeluaran yang akan datang.

Baca juga  EMS Tracking Adalah : Pengertian dan Penjelasan Lengkap

Accrued expenses juga dikenal sebagai biaya yang tertunda. Ini berarti bahwa biaya tersebut akan dibayarkan di masa depan. Di banyak kasus, biaya yang tertunda dapat dicatat sebagai hutang pada laporan keuangan. Biaya yang tertunda harus dicatat di laporan laba rugi, dan ini akan memiliki dampak pada pendapatan bersih.

Accrued expenses dapat dibagi menjadi dua jenis utama. Pertama, adalah biaya yang dibayarkan dengan uang tunai, atau biaya langsung. Kedua, adalah biaya yang harus dibayarkan di masa depan, atau biaya tertunda. Kedua jenis biaya ini dapat diklasifikasikan berdasarkan berbagai faktor, seperti jenis biaya, waktu pembayaran, dan jumlah yang harus dibayarkan.

Baca juga  Penjelasan Tentang Seal Kontainer, Apa Itu?

Biaya yang tertunda mungkin tidak terlalu mencolok, tetapi mereka dapat memiliki dampak signifikan pada laporan keuangan. Biaya yang tertunda dapat termasuk biaya pajak, jasa profesional, asuransi, gaji, dan lain-lain. Ketika biaya-biaya ini dibayarkan, mereka harus dicatat pada laporan keuangan. Jika tidak, perusahaan dapat menghadapi risiko penyalahgunaan atau penipuan.

Accrued expenses juga disebut sebagai biaya yang tertunda. Ini adalah biaya yang harus dibayarkan di masa depan meskipun belum dilakukan pembayaran. Ketika biaya-biaya ini dicatat pada laporan keuangan, mereka harus dibukukan sebagai biaya yang tertunda. Biaya-biaya ini dapat diklasifikasikan berdasarkan berbagai faktor, seperti jenis biaya, waktu pembayaran, dan jumlah yang harus dibayarkan.

Biaya yang tertunda juga mencerminkan berbagai jenis biaya seperti pajak, jasa profesional, asuransi, gaji, dan lain-lain. Ketika biaya-biaya ini dibayarkan, perusahaan harus membuat pengakuan atas pengeluaran-pengeluaran ini dan mencatatnya di laporan keuangan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa laporan keuangan tetap akurat dan lengkap.

Baca juga  Hand Carry: Efisiensi dan Keamanan dalam Dunia Logistik

Accrued expenses juga dapat berkontribusi terhadap nilai pasar suatu perusahaan. Biaya yang tertunda dapat mempengaruhi nilai pasar suatu perusahaan dan dapat membuat perusahaan lebih atau kurang berharga dibandingkan dengan perusahaan lain. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk membuat estimasi yang akurat tentang biaya yang akan dikeluarkan di masa depan dan mencatatnya di laporan keuangan.

Secara keseluruhan, Accrued expenses merupakan konsep penting dalam akuntansi. Biaya yang tertunda dapat mempengaruhi nilai pasar suatu perusahaan dan harus diperhitungkan ketika membuat laporan keuangan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk membuat estimasi yang akurat tentang biaya yang akan dikeluarkan di masa depan dan mencatatnya di laporan keuangan. Dengan demikian, perusahaan dapat mengelola bisnisnya dengan lebih efisien dan memaksimalkan laba bersih.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top