Oaktree Blog

Ground Handling : Pentingnya Penanganan Layanan di Darat

ground handling

Dalam industri penerbangan, ground handling atau layanan penanganan di darat memainkan peran yang sangat penting. Layanan ini melibatkan sejumlah tugas yang dilakukan untuk memastikan keberhasilan operasi penerbangan mulai dari saat pesawat mendarat hingga lepas landas.

Apa Itu Ground Handling?

Ground handling mencakup sejumlah kegiatan seperti penanganan bagasi, pengisian bahan bakar pesawat, pemuatan kargo, pemeliharaan pesawat, dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan penerbangan berjalan dengan lancar.

Salah satu aspek yang sangat penting dalam ground handling adalah penanganan bagasi. Setiap harinya, ribuan tas dan koper harus ditangani dan dimuat ke dalam pesawat dengan cepat dan efisien.

Baca juga  Warehouse Management System: Pengertian dan Manfaatnya

Tugas ini membutuhkan ketelitian dan koordinasi yang baik antara para petugas ground handling dan maskapai penerbangan. Kesalahan dalam penanganan bagasi dapat menyebabkan kerugian bagi penumpang dan merusak reputasi maskapai.

Baca Juga : Mengoptimalkan Industri Logistik dalam Era Digital

Selain itu, pengisian bahan bakar pesawat juga merupakan bagian krusial dalam ground handling. Para petugas harus mengisi bahan bakar dengan jumlah yang tepat dan memastikan keselamatan dalam prosesnya. Kehandalan dan keamanan sistem pengisian bahan bakar sangat penting untuk mencegah kecelakaan yang tidak diinginkan.

Pemuatan kargo juga merupakan tugas yang dilakukan oleh petugas ground handling. Kargo harus diatur dengan baik agar pesawat dapat terbang dengan seimbang dan aman.

Baca juga  Cari Tau Tentang Apa Itu Proforma Invoice

Petugas ground handling bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kargo tidak hanya dimuat dengan benar, tetapi juga diurus sesuai dengan persyaratan pengangkutan kargo.

Baca Juga : Diversifikasi Ekspor adalah: Pengertian, Manfaat dan Strateginya

Selain tugas-tugas yang disebutkan di atas, ground handle juga melibatkan pemeliharaan pesawat. Petugas ground handle bertugas untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan sederhana pada pesawat sebelum keberangkatan.

Mereka memeriksa sistem pesawat, seperti sistem oksigen dan toilet, memastikan kebersihan pesawat, dan memperbaiki masalah kecil jika diperlukan. Hal ini penting untuk menjaga keselamatan penumpang dan memastikan kelayakan pesawat sebelum lepas landas.

Baca juga  Analisis Keuangan: Menjelajahi Kesehatan dan Kinerja Keuangan

Koordinasi dengan berbagai pihak juga merupakan aspek penting dari ground handle. Petugas ground handle harus berkoordinasi dengan maskapai penerbangan, otoritas bandara, penanganan kargo, dan pihak lain yang terkait untuk memastikan semua aspek operasional berjalan dengan baik. Koordinasi yang baik sangat diperlukan agar pesawat dapat beroperasi tepat waktu dan tanpa hambatan.

Secara keseluruhan, ground handle merupakan komponen penting dalam operasi penerbangan. Layanan penanganan di darat ini melibatkan sejumlah tugas yang harus dilakukan dengan hati-hati dan efisien untuk memastikan keselamatan penumpang, keberangkatan dan kedatangan yang tepat waktu, serta pengalaman penerbangan yang memu

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top