Oaktree Blog

Manfaat Tol Laut dan Pengertiannya

manfaat tol laut

Banyak diantara kita bingung dengan penjelasan tentang tol laut, dan manfaat sesungguhnya dari tol laut, sebenarnya jika kita menelusuri lebih lanjut ternyata ada banyak juga manfaat dari tol laut itu sendiri.

Dilihat dari progress yang ada Capt. Rudy Sugiharto., M.Pd, Plt., Kasi Angkutan Laut Khusus, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Dirjen Perhubungan Laut, Kementrian Perhubungan mengatakan progres pelaksanaan tol laut logistik cukup menggembirakan dari tahun ke tahun.

Hal ini bisa kita lihat dari peningkatan jumlah pelabuhan singgah tercatat sebanyak 31 pelabuhan pada 2016 menjadi 114 pelabuhan pada 2021, dan jumlah armada kapal yang semula 6 armada di tahun 2016 menjadi 32 armada pada 2021. Hal ini sangat menggembirakan untuk kita semua.

Namun sebelum lebih jauh, kita ingin coba bahas tentang pengertian dari tol laut.

Baca Juga : Tips Mudah Memilih Jasa Ekspedisi ke Luar Negeri

Pengertian Tol Laut

Mengacu pada sumber resmi Suzuki Indonesia, Tol laut adalah tol yang dibangun di atas permukaan laut berupa jalur layar. Tol ini merupakan konsep yang diusung untuk mendukung proses pengangkutan logistik.

Sehingga dengan seperti itu, segala proses yang ada dalam distribusi barang akan semakin mudah dan dapat lebih merata ke daerah-daerah terpencil. Mungkin Kalian semua membayangkan bahwa tol laut merupakan jalan bebas hambatan yang dibuat di atas laut.
Ternyata, lebih tepatnya yaitu jalur pelayaran bebas hambatan kapal yang menghubungkan hampir seluruh pelabuhan. Jadi, seperti informasi jalur berlayarnya kapal yang tidak begitu padat.
Pembangunan fasilitas ini sudah gencar dibuat selama beberapa tahun terakhir. Beberapa pelabuhan di Indonesia yang sudah terhubung dengan tol laut antara lain pelabuhan Tanjung Perak dengan Tanjung Priok, dan Pelabuhan Sorong dengan Pelabuhan Tanjung Perak.
Kapal-kapal yang digunakan untuk melintasi jalur pelayaran bebas hambatan ini yaitu kapal khusus. Kapal tersebut harus berkapasitas dan bervolume sangat besar. Hal ini agar pengangkutannya sekalian karena melewati laut dengan jarak yang cukup jauh, yakni antar provinsi.
Nah setelah sudah paham sekilas tentang gambaran dari tol laut, sekarang saatnya kita tau lebih dalam tentang manfaat nyata dari tol laut itu sendiri.

Manfaat Tol Laut

Selain bertujuan sebagai jalur pelayaran yang mewujudkan bebas hambatan atau tidak padat, tol laut juga memiliki beberapa manfaat untuk penggunanya, antara lain sebagai berikut:

  • Menjadi Penghubung

Tol laut menjadi penghubung karena menjadi roda bagi setiap kapal yang ada, hal ini akan mempercepat proses pengiriman antar daerah pada masing – masing daerah di Indonesia

  • Menurunkan Harga Barang di Daerah Tertinggal

Proses yang mudah akan mempercepat laju transformasi pengiriman dan karena bebas hambatan inilah yang akan memudahkan beberapa pelaku usaha untuk dengan mudah melakukan pengiriman antar daerah.

  • Nawacita Pertama

Negara Indonesia ini kan negara maritim yah, kaya dengan kebudayaan lautnya, nah gak afdol kalau rasanya kita gak memiliki tol laut

  • Kesejahteraan Untuk Masyarakat

Ini lebih ke kepada harapan si dari manfaat berjalannya tol laut selanjutnya yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di semua lapisan. Masyarakat yang terpenuhi segala kebutuhannya akan lebih sejahtera. Pendistribusian barang menjadi lebih merata ke daerah-daerah terpencil. Akses semakin mudah dan semoga tidak ada yang namanya kekurangan bahan atau apapun itu.
Karena negara Indonesia adalah negara kepulauan atau maritim, maka kebutuhan dan harga barang pokok akan berbeda-beda tergantung kemudahan penyalurannya. Dengan adanya tol ini, maka harga bahan pokok bisa pelan-pelan diseragamkan.
  • Meningkatkan Kemandirian

Dengan adanya jalur berlayar bebas hambatan, maka negara maritim seperti Indonesia akan lebih mampu memenuhi segala aktivitas yang beroperasi melalui laut. Pihak pemerintah akan bisa mengelola dan mengontrol segala aktivitas laut secara mandiri.
Selain itu, kemudahan pendistribusian bahan pangan atau bahan pokok di negara sendiri yang mudah akan meminimalisasi impor dari negara lain.
  • Peningkatan Infrastruktur Negara

Penyediaan jalur laut ini juga bisa memberi kesempatan untuk dimanfaatkan, misalnya saja untuk perdagangan. Jalur ini sangat bisa dilengkapi dengan berbagai sarana dan fasilitas lain di wilayah laut yang bisa dimanfaatkan.

Baca juga  Apa Arti Ready Stock? Manfaat dan Bedanya dengan Pre Order

Kesimpulan

Dengan adanya tol laut ini harapannya adalah memudahkan untuk semua lapisan masyarakat, khususnya daerah yang mana menjadi fokus pemerataan bahan ya. Semoga informasi ini membantu kalian ya dalam memahami apa itu tol laut dan manfaat tol laut

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top