Oaktree Blog

Pengertian Barang OEM & Perbedaannya Dengan Barang Original

oem

Buat kamu yang sudah sering melakukan yang namanya sebuah survey produk, pasti sudah tidak asing lagi dengan barang OEM. Original Equipment Manufacturer atau Barang OEM adalah barang atau produk yang diproduksi oleh suatu perusahaan akan tetapi diolah dan dijual kembali oleh perusahaan lain dengan merek yang berbeda.

Oh iya, barang OEM selalu menjadi incaran karena berkualitas, tetapi dengan harga yang terjangkau.

Penasaran seperti apa penjelasan tentang Barang OEM ini? lantas apa sih perbedaannya dengan barang original?

Simak terus artikel ini ya.

Apa Itu Barang OEM

Sudah kita singgung tipis – tipis tentang penjelasan barang OEM diatas. Oke kita ulang sedikit ya.

OEM adalah singkatan dari Original Equipment Manufacturer. OEM adalah jenis barang atau produk yang diproduksi oleh suatu perusahaan, akan tetapi diolah dan dijual kembali oleh perusahaan lain dengan merek atau brand yang berbeda.

Baca Juga Tentang : Kemasan Tersier Adalah : Pengertian dan Contohnya

Kita bisa menyebut barang OEM sebagai bahan baku dari perusahaan besar yang mengolah berbagai komponen menjadi satu produk sendiri. Bahan baku atau komponen yang dijual pada perusahaan manufaktur bisa langsung dijual kembali oleh perusahaan pembeli menggunakan merk sendiri atau diolah dulu untuk diterapkan ke produk yang baru.

Baca juga  Backflush Adalah : Konsep & Manfaat dalam Proses Manufaktur

Perlu Kamu ketahui bahwa barang OEM tentu berbeda dengan barang KW. KW diperuntukkan untuk barang tiruan. Produk KW biasanya menyerupai produk asli akan tetapi kualitasnya sangat berbeda.

Gimana? sudah ada sedikit pencerahan tentang apa itu barang OEM? semoga ya. Sekarang lanjut ke pembahasan selanjutnya.

Lantas ..

Apa Perbedaan Barang OEM dengan Barang Original?

Para pembaca mungkin masih sangat bingung ya dengan perbedaan antara barang OEM dengan barang Original. Perbedaannya bisa kita lihat antara lain sebagai berikut :

Barang OEM (Original Equipment Manufacturer)

Adalah produk yang diproduksi oleh produsen lain yang ditujukan untuk digunakan dalam produk asli. Barang OEM biasanya memiliki spesifikasi yang sama dengan produk asli, tetapi dapat berbeda dalam bentuk, ukuran, dan warnanya.

Barang Original

Adalah produk yang diproduksi oleh perusahaan yang memiliki merek dagang atau hak cipta atas produk tersebut. Barang Original biasanya memiliki spesifikasi yang sama dengan produk OEM, tetapi biasanya memiliki kualitas yang lebih tinggi. Barang original juga biasanya memiliki jaminan yang lebih lama daripada barang OEM.

Baca juga  WMS Warehouse dan Manfaatnya bagi Bisnis

Secara pengertian mungkin sudah paham ya, tapi apa yang membedakan dari sisi yang lain?

1. Pihak yang Melakukan Produksi

Perbedaan barang ori dan barang OEM yang pertama bisa kita lihat dari pihak yang melakukan produksi. Barang original diproduksi oleh produsen resmi dan dipasarkan dalam bentuk asli atau diproses menjadi komponen untuk produk lain. Sementara barang OEM diproduksi oleh pihak lain yang kemudian dikemas dan diolah lagi oleh pihak yang berbeda.

2. Cara Pemasaran

Dari cara memasarkan produk juga memiliki perbedaan, bedanya adalah jika pihak membeli produk dari produsen asli atau resmi, maka bisa langsung menjual produk itu juga secara langsung. Akan tetapi untuk produk OEM biasanya perusahaan akan menjual lisensinya. Jadi perusahaan OEM bisa memproduksi atau mengolah ulang bahan baku yang didapatkan dari produsen original.

Baca juga  Simak Penjelasan Tentang Less Than Container Load (LCL)

3. Harga Barang

Yang ketiga adalah terletak pada harganya Produk original biasanya dijual dengan harga lebih tinggi jika dibandingkan dengan produk OEM. Contohnya adalah software Microsoft yang dijual secara langsung harganya cukup mahal bahkan bisa setara laptop. Sedangkan jika Anda membeli laptop yang sudah ada software Microsoft di dalamnya, harganya akan jauh lebih murah.

Bagaimana Dengan Legalitasnya di Indonesia?

Produk Original Equipment Manufacturer dapat dijual di pasar dengan label merek produsen lain. Hal ini memungkinkan produsen untuk menjual produk mereka dengan biaya yang lebih rendah tanpa harus mengeluarkan uang untuk pengembangan teknologi baru.

Secara umum, produk Original Equipment Manufacturer dianggap legal di banyak negara. Namun, ada beberapa negara yang mungkin memiliki aturan yang berbeda tentang penggunaan produk OEM. Jadi, sebelum membeli produk Original Equipment Manufacturer, pastikan dulu Kamu memeriksa aturan yang berlaku di negara Kamu tinggal ya.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top