Oaktree Blog

Agen Tiket Kapal Laut Terdekat, Bisa Bayar Lewat Minimarket

Agen Tiket Kapal Laut Terdekat, Bisa Bayar Lewat Minimarket

Indonesia, dengan ribuan pulau yang memenuhi wilayahnya, menjadikan transportasi laut tetap menjadi pilihan utama. Alasannya sederhana, belum semua tempat dapat dijangkau oleh pesawat udara. PT Pelni (Persero) melangkah maju untuk memenuhi keinginan masyarakat dengan menyediakan beragam alternatif penjualan agen tiket kapal laut terdekat di kota-kota strategis seperti Surabaya, Makassar, Jakarta, Balikpapan, Medan, dan berbagai kota lain di Indonesia.

Sebagai penyedia layanan transportasi laut milik negara (BUMN), PT Pelni memiliki enam kantor utama, seperti Kantor Pelni Medan, Jakarta, Surabaya, Makassar, Ambon, dan Jayapura. Pelabuhan-pelabuhan di Indonesia menjadi pintu gerbang bagi layanan penyeberangan dari kapal Pelni, menyajikan beragam tipe kapal, mulai dari roro hingga feri.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua kapal laut merupakan layanan dari PT Pelni Indonesia. Sebagai contoh, penyeberangan dari Merak ke Bakauheni dilayani oleh PT ASDP.

Tempat Penjualan Tiket Kapal Laut Terdekat

Dalam memilih tempat penjualan tiket kapal laut, baik secara online maupun offline, kita memiliki beberapa pilihan:

  • Indomaret: Dengan biaya admin tambahan, Indomaret menjadi tempat pertama yang menyediakan tiket kapal Pelni. Proses pemesanan mudah, cukup bawa dokumen tanda pengenal ke Indomaret terdekat.
  • Alfamart: Jika lebih dekat dengan Alfamart, tempat ini juga menyediakan layanan pemesanan tiket kapal laut Pelni. Ingatlah untuk menukarkan struk pembelian di pelabuhan keberangkatan paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.
  • Situs Resmi Pelni & Pelni Mobile: Bagi yang memiliki fasilitas internet banking, pembelian tiket secara online melalui situs resmi Pelni atau Pelni Mobile dapat menjadi opsi. Saat ini, metode pembayaran online baru tersedia melalui Bank BRI.
  • Agen Tiket Kapal Laut: Seperti tiket pesawat atau bus, tempat penjualan tiket kapal laut terdekat tersebar di berbagai lokasi. Hubungi agen resmi Pelni untuk informasi lebih lanjut atau kunjungi lokasinya langsung.
Baca juga  Apa Itu Kurs : Pengertian dan Kurs Dollar Hari Ini

Cara Membeli Tiket Kapal Laut di Minimarket

Untuk menikmati perjalanan laut, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membeli tiket dengan tepat. Berikut adalah panduan lengkap bagaimana memperoleh tiket kapal laut melalui minimarket seperti Alfamart dan Indomaret, sehingga perjalanan Anda berlangsung dengan lancar.

  1. Persiapkan Dokumen Identitas
    Pastikan Anda memiliki dokumen identitas resmi seperti KTP atau SIM dengan nama lengkap calon penumpang.
  2. Kunjungi Kasir Indomaret / Alfamart
    Dapatkan tiket kapal laut Anda dengan mengunjungi bagian kasir minimarket terdekat.
  3. Informasikan Rincian Perjalanan
    Kasir akan meminta rincian perjalanan, termasuk tujuan dan waktu keberangkatan yang Anda inginkan.
  4. Sampaikan Pilihan Kapal Laut
    Tentukan pilihan kapal laut yang akan Anda naiki untuk perjalanan Anda.
  5. Berikan Informasi Identitas
    Serahkan dokumen identitas dan nomor telepon aktif untuk pengisian data pemesanan tiket.
  6. Konfirmasi Pesanan
    Kasir akan mengkonfirmasi pesanan tiket kapal laut Anda untuk memastikan semua informasi sesuai.
  7. Pembayaran Tiket
    Lanjutkan dengan pembayaran tiket sesuai dengan nominal yang tertera, dan simpan struk pembayaran dengan kode booking.
  8. Simpan Kode Booking
    Pastikan kode booking disimpan dengan baik agar tidak rusak atau hilang.
  9. Tukarkan Kode Booking di Pelabuhan
    Saat tiba di pelabuhan, lakukan penukaran kode booking yang tertera di struk pembayaran. Pastikan penukaran dilakukan paling lambat 2 jam sebelum keberangkatan.
Baca juga  Kebijakan Pemerintah Tentang Pemberitahuan Impor Barang

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah dan efisien membeli tiket kapal laut di Alfamart atau Indomaret.

Jangan lupa, ukuran kapal Pelni cukup besar dan dapat menampung banyak penumpang dan barang. Nama-nama kapal Pelni sendiri sering diambil dari nama gunung, seperti Kapal Dorolonda, KM Gunung Dempo, dan KM Labobar.

Baca juga  Perbedaan Ragasa dan Canter Ban Double Mitsubishi

Untuk informasi lebih lanjut, seperti jadwal keberangkatan, dapat diperoleh melalui situs resmi Pelni atau Pelni Mobile. Demi kenyamanan, pastikan tiket kapal laut diperoleh dari tempat penjualan resmi dan terpercaya.

Saat ini, Traveloka belum menyediakan layanan tiket kapal laut, tetapi bisa jadi mereka akan menghadirkannya dalam waktu yang akan datang.

Kontak PT Pelni

Untuk pertanyaan lebih lanjut, hubungi PT Pelni melalui akun media sosial mereka atau layanan pelanggan dengan nomor telepon dan email yang tertera:

Nomor PSTN Jabodetabek: 162
Telepon Menggunakan Handphone: 021 162
PSTN Luar Jabodetabek: 021 21 88 7000
Fax: +62 21 6385 4130
E-mail: infopelni162@pelni.co.id

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top