Oaktree Blog

Surat Jalan : Contoh Surat Jalan Pengiriman Barang

Surat Jalan Contoh Surat Jalan Pengiriman Barang

Apa itu Surat Jalan?

Surat jalan adalah dokumen yang digunakan untuk mengkonfirmasi pengiriman barang. Contoh surat jalan pengiriman barang ini mencakup informasi tentang barang yang dikirim, tanggal pengiriman, informasi penerima, dan informasi pengirim. Surat jalan juga menyertakan informasi tentang bagaimana barang tiba di tujuan pengiriman.

Fungsinya Dalam Pengiriman Barang

Surat jalan dibutuhkan untuk mengkonfirmasi bahwa barang telah berada di tujuan pengiriman dengan aman. Biasanya, jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang selama pengiriman, surat jalan akan digunakan untuk mengkonfirmasi jumlah barang yang diterima dan kondisinya. Dokumen ini juga akan digunakan sebagai bukti pengiriman barang.

Baca juga  Admin Logistik Adalah : Pengertian dan Tugas Tanggung Jawabnya

Surat jalan biasanya dikirimkan bersama dengan barang yang dikirim. Dokumen ini berisi informasi tentang pengirim, penerima, alamat pengiriman, dan jumlah barang yang dikirim. Di samping itu, surat jalan juga akan mencakup informasi tentang cara pengiriman, prosedur pelacakan, dan biaya pengiriman. Dalam beberapa kasus, surat jalan juga mungkin mencakup informasi tentang asuransi barang.

Surat jalan sangat penting untuk memastikan bahwa barang tiba di tujuan pengiriman dengan aman. Jika barang rusak atau hilang selama pengiriman, surat jalan akan menjadi bukti bahwa barang telah dikirim dan kondisinya. Dokumen ini juga akan membantu dalam menyelesaikan klaim asuransi dan memastikan bahwa pembeli atau penerima barang menerima barang yang sesuai dengan pesanan mereka.

Baca juga  Air Way Bill Adalah : Penjelasan Lengkapnya

Contoh Surat Jalan Pengiriman Barang

Surat jalan adalah salah satu dokumen yang digunakan untuk mengatur pengiriman barang melalui jasa pengiriman. Surat jalan ini mencantumkan informasi tentang barang yang dikirim, tujuan, dan detail lainnya yang diperlukan untuk melacak dan mengatur pengiriman.

Berikut adalah contoh surat jalan pengiriman barang.

Nomor Surat Jalan: SJ-2020-09-001

Pengirim: CV. Mitra Jaya
Jl. Raya Padalarang No. 28
Kabupaten Bandung Barat

Penerima: PT. Maju Bersama
Jl. Raya Bandung No. 32
Kabupaten Bandung

Baca juga  Bisnis Forwarding di Tahun 2024? Apakah Masih Berpeluang?

Deskripsi Barang:
– 10 Unit Komputer
– 15 Unit Printer

Jumlah Barang: 25 Unit

Berat Total: 7.5 Kg

Nomor Resi: RE-0007-20

Keterangan: Pengiriman barang tersebut di atas akan dikirim dari CV. Mitra Jaya ke PT. Maju Bersama. Terima kasih atas pengertiannya.

Tertanda:

CV. Mitra Jaya
(Dasarjo)

Download Contoh Surat Jalan Barang.docx

Surat jalan adalah dokumen yang sangat penting untuk memastikan bahwa barang yang dikirim sampai ke tujuan dengan aman dan tepat waktu. Dengan surat jalan, pengirim dan penerima dapat dengan mudah mengikuti pergerakan barang dan memastikan bahwa barang yang diterima sama dengan yang dikirim. Dengan demikian, surat jalan merupakan dokumen penting yang harus ada dalam proses pengiriman barang.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top