Setiap pembelian online yang dikirimkan ke penerima akan diupdate menjadi “delivered”. Dalam hal pengiriman, delivered artinya paket yang dikirim telah diterima dengan baik oleh pembeli. Status kiriman ditampilkan untuk memudahkan pembeli melacak lokasi paket.
Selain terkirim, status pengiriman lainnya muncul, dalam perjalanan, dalam proses, dalam pengiriman, pengambilan, dan dalam penangguhan. Waktu pengiriman bervariasi tergantung pada layanan pengiriman yang digunakan. Penting bagi Anda sebagai pembeli untuk mengetahui lebih banyak tentang status terkirim dan lainnya.
Table of Contents
ToggleDelivered Artinya dan Status Pengiriman Barang Lain
Layanan ekspedisi pengiriman lokal yang sering digunakan masyarakat, seperti JNE dan SiCepat, memiliki syarat tersendiri untuk menunjukkan progres suatu paket. Istilah ini sering digunakan dalam bahasa Inggris, sehingga perlu dicari penjelasan maknanya agar tidak menebak-nebak.
Di bawah ini adalah contoh status pengiriman paket dari JNE dan SiCepat beserta artinya:
1. Arti Status Pengiriman JNE
Ekspedisi JNE menggunakan daftar syarat pengiriman yang cukup besar untuk memberikan status yang spesifik dan detail tentang keberadaan sebuah paket.
Status Pengiriman JNE | Arti |
Manifested | Paket sudah dimasukkan ke dalam database JNE |
Received by | Agen JNE di kota yang disebutkan sudah menerima paket |
Picked up by | Kurir JNE sudah mengambil paket |
Received at sorting center | Paket diterima di gudang JNE dan sedang disortir |
Departed from transit | Pengiriman paket dilanjutkan setelah transit beberapa waktu |
Received at warehouse | Paket telah sampai di gudang JNE lokasi tujuan |
Forwarded to destination | Paket akan dikirim ke alamat penerima |
With delivery courier | Kurir sedang membawa paket ke alamat penerima |
Delivered to | Paket sudah berada di tangan penerima |
Misroute | Terjadi kesalahan pada penyortiran alamat tujuan sehingga proses diulangi kembali |
Not at home (NTH) | Penerima tidak berada di rumah saat kurir mengirim paket |
Bad address | Alamat penerima tidak dapat ditemukan oleh kurir |
2. Arti Status Pengiriman SiCepat
Berikut adalah beberapa istilah pengiriman yang digunakan oleh Jasa Pengiriman SiCepat dan penjelasannya:
Status Pengiriman SiCepat | Arti |
Manifested | Paket sudah diterima di gerai SiCepat |
In hub | Paket sedang berada di hub SiCepat untuk diproses |
Out | Paket yang selesai diproses kemudian keluar dari gerai |
Out hub | Paket sedang dalam perjalanan dari hub ke gerai |
Drop | Kurir telah mengantar paket di gerai SiCepat |
Pick up request | Customer meminta layanan penjemputan paket oleh kurir |
Pick | Kurir sudah menjemput paket dari customer |
In branch | Paket telah sampai di gerai SiCepat yang berlokasi di alamat penerima |
DLV | Kode untuk status delivered yang artinya customer telah menerima paket |
ANT | Kode untuk status antar yang artinya kurir sedang mengirimkan paket |
Return to warehouse | Paket dikembalikan ke gudang SiCepat |
COD out of coverage | Layanan COD tidak dapat diproses karena alamat tujuan berada di luar jangkauan layanan |
Status pengiriman SiCepat memiliki istilah COD yang mengacu pada metode pembayaran tunai. Memang banyak jasa pengiriman lokal yang menyediakan layanan cash on delivery dan non cash on delivery untuk memudahkan pembayaran. Non COD berarti cara pembayaran melalui transfer/transfer bank.
Berapa lama paket dikirim?
Sekarang Anda tahu bahwa terkirim berarti paket berhasil dikirim oleh kurir ke alamat tujuan dan diterima oleh pembeli barang. Waktu pengiriman barang tergantung dari alamat tujuan dan kecepatan dari penyedia jasa pengiriman.
Perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk mengubah status paket menjadi “delivered” tergantung pada kategori layanan yang diberikan oleh perusahaan pelayaran. Secara umum, gambarannya adalah sebagai berikut:
- Layanan pengiriman hari yang sama / sameday membutuhkan waktu kurang dari 24 jam untuk mengirimkan paket ke penerima;
- Layanan “next day” menjamin bahwa paket akan dikirimkan ke penerima pada hari berikutnya;
- Layanan reguler memakan waktu sekitar 2-4 hari tergantung jarak ke tempat tujuan;
- Layanan standar atau ekonomi memakan waktu dari 5 hingga 14 hari tergantung pada kota tujuan;
- Cash on delivery membutuhkan waktu kurang dari 8 jam, terutama untuk pengiriman kota;
Pengiriman barang ke alamat tujuan memakan waktu sekitar 2-5 hari.
Barang dengan status “Delivered” tapi tidak sampai, apa yang harus dilakukan?
Delivered artinya paket sudah sampai di tempat tujuan dan sudah diterima oleh customer, namun terkadang ada kendala sehingga paket belum benar-benar sampai. Jika Anda menghadapinya, bagaimana Anda menghadapinya?
Status parsel dengan tulisan “delivered” pada saat pengecekan resi berarti parsel sudah diterima. Jika terjadi sebaliknya, maka langkah-langkah berikut dapat dilakukan:
- Hubungi call center penyedia layanan pengiriman yang Anda gunakan untuk mengetahui status paket yang sebenarnya;
- Mengunjungi agen jasa pengiriman terdekat untuk menanyakan langsung ke CS mengenai paket yang tidak diterima.
Keterlambatan pengiriman paket biasanya terjadi karena suatu alasan. Beberapa kemungkinannya antara lain:
- Kesalahan sistem cek resi pengiriman, sehingga menampilkan status yang tidak sesuai dengan progres pengiriman asli;
- Paket dikembalikan ke gudang JNE karena kurir tidak dapat menghubungi Anda saat barang dikirim.
Jelas bahwa terkirim berarti status pengiriman, yang menunjukkan bahwa barang telah diterima oleh pembeli tanpa masalah. Penyedia pengiriman sering menggunakan istilah ini untuk menampilkan nomor pelacakan dalam hasil pelacakan.