Oaktree Blog

Porl of Lading : Dokumen Yang Harus Anda Ketahui

porl of lading

POL atau porl of lading adalah – Seperti yang kita ketahui bersama, dalam dunia ekspor impor atau freight forwarding, ada yang namanya sebuah legal, kita biasa mengenalnya dengan dokumen legal.

POL atau porl of lading merupakan salah satu dari legal yang ada dalam dunia ekspor impor. Mungkin sebagai pelaku di industri ini kita sudah tau dengan istilah ini, tetapi bagi orang yang baru memulai maka perlu untuk lebih tau lagi.

Kami akan jelaskan tentang pengertian dari POL atau porl of lading, berikut ulasannya.

Baca Juga : Supply Chain Management adalah: Pengertian dan Manfaatnya

Apa Itu Porl Of Lading

Porl of Lading adalah dokumen legal yang memuat spesifikasi dari suatu pengiriman, yang digunakan oleh pelayaran dan jasa logistik. Ini bisa berupa pengiriman melalui laut, darat, atau udara.

Baca juga  Apa Itu Accrued Expenses : Cara Mudah Memahaminya

Dokumen ini dibuat oleh pengirim dan ditandatangani oleh penerima barang untuk mengkonfirmasi bahwa semua item diterima dalam keadaan baik.

POL menyediakan persyaratan teknis untuk pengiriman barang. Ini memuat jenis dan jumlah barang yang dikirim, tujuan akhir, tanggal pengiriman, dan biaya yang dikenakan. Ini juga menyediakan informasi tentang perusahaan yang mengirim dan penerima barang.

Dokumen ini menggambarkan jumlah, berat, dan jenis barang yang dikirim, serta biaya yang dikenakan.

POL  juga merupakan dokumen yang digunakan untuk mengatur pembayaran dan pengiriman barang. Ini mencakup informasi tentang biaya yang dikenakan, jenis pembayaran yang dipilih, dan instruksi pengiriman. Dokumen ini juga dapat berfungsi sebagai bukti dan kontrak antara pengirim dan penerima barang.

Baca juga  Bukti Transaksi Adalah : Pengertian, Manfaat dan Penjelasannya

Selain itu, dokumen ini juga bisa digunakan untuk mengatur klaim asuransi. Banyak asuransi yang menggunakan dokumen ini sebagai syarat untuk mengajukan klaim.

Dokumen ini berisi informasi tentang jenis barang yang dikirim, jumlah, tujuan pengiriman, dan biaya yang dikenakan. Ini juga berisi informasi tentang jenis asuransi yang diterapkan dan instruksi untuk mengajukan klaim.

POL juga bisa digunakan untuk membuat laporan keuangan tentang pengiriman. Ini berisi informasi tentang biaya yang dikenakan, jenis barang, dan tujuan pengiriman. Laporan ini bisa membantu perusahaan mengawasi biaya yang dikeluarkan untuk pengiriman barang.

juga bisa digunakan untuk mengatur kontrol kualitas. Dokumen ini berisi informasi tentang jenis barang yang dikirim, jumlah, dan lokasi pengiriman.

Baca juga  Supply Chain Management adalah: Pengertian dan Manfaatnya

Ini membantu menjamin bahwa barang dikirim dengan benar dan tepat waktu. Ini juga memastikan bahwa barang dikirim dalam kondisi baik.

Porl of Lading adalah dokumen yang penting bagi semua pihak yang terlibat dalam pengiriman barang. Ini bisa membantu untuk memastikan bahwa semua item dikirim dengan benar dan tepat waktu, dan bahwa biaya yang dikenakan benar.

Ini juga memungkinkan pengirim dan penerima barang untuk mengatur pembayaran dan mengklaim asuransi.

Dokumen ini juga bisa berguna untuk membuat laporan keuangan dan mengatur kontrol kualitas. Dengan demikian, Porl of Lading adalah alat yang penting untuk mengendalikan biaya pengiriman barang dan memastikan bahwa barang dikirim dengan benar.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top