Oaktree Blog

POL dan POD: Memahami Perbedaan Dalam Pengiriman

Pengertian POL dan POD

POL dan POD adalah dua akronim yang sering kali menjadi perbincangan dalam dunia bisnis pengiriman dan perdagangan internasional. Tetapi, apa sebenarnya makna di balik akronim-akronim ini? Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi konsep POL dan POD, serta mengungkap peran pentingnya dalam proses pengiriman barang di seluruh dunia.

Pengertian POL

POL atau Port of Loading adalah istilah yang merujuk pada pelabuhan di mana barang-barang atau muatan dimuat ke dalam kapal atau sarana transportasi lainnya untuk memulai perjalanan internasional. Ini adalah titik awal dari perjalanan barang dalam rantai pasokan global. POL adalah lokasi kunci di mana proses pengiriman dimulai dan kargo ditempatkan ke dalam kendaraan yang akan membawanya ke tujuan akhir.

Baca juga  Warehouse Staff adalah: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

POD Artinya

Sebaliknya, POD atau Port of Discharge adalah pelabuhan tempat kargo dikeluarkan dari kapal atau kendaraan pengangkut setelah melewati perjalanan internasional. Ini adalah titik akhir dalam perjalanan barang dan di mana mereka akan diteruskan ke alamat akhir atau lokasi tujuan. POD memiliki peran penting dalam proses pemeriksaan kargo, pemrosesan dokumen, dan pemindahan muatan ke sarana transportasi lanjutan atau penyimpanan sementara jika diperlukan.

Penting untuk dipahami bahwa POL dan POD bukan hanya tentang pelabuhan. Mereka mencakup seluruh proses yang terjadi di lokasi tersebut, termasuk pemuatan, pemindahan, pengawasan kualitas, serta pemrosesan dokumen yang terkait dengan pengiriman barang.

Ketika Barang Memulai Perjalanan: POL

POL menjadi pusat aktivitas awal dalam rantai pasokan. Inilah tempat barang-barang dari berbagai produsen dan pemasok dikumpulkan untuk dipersiapkan untuk pengiriman internasional. Di POL, muatan diambil, diklasifikasikan, dan kemudian dimuat ke dalam kapal atau sarana transportasi lain yang sesuai.

Baca juga  Tips Mudah Memilih Jasa Ekspedisi ke Luar Negeri

Proses pemuatan adalah tahap kritis di POL. Barang harus diposisikan dengan aman dan sesuai dengan persyaratan keamanan dan kesehatan. Penggunaan teknik pengemasan yang tepat juga penting untuk memastikan bahwa barang tahan terhadap perjalanan panjang dan berbagai kondisi cuaca.

Selain itu, di POL, dokumen-dokumen penting seperti Bill of Lading dan manifest kargo disusun dan diverifikasi. Ini adalah langkah yang penting karena dokumen-dokumen ini akan digunakan untuk pemeriksaan pabean dan pemrosesan dokumen di POD.

Sampai ke Destinasi Akhir: POD

Setelah perjalanan melintasi perairan dan berbagai perbatasan, kargo akhirnya mencapai POD atau Port of Discharge. Di sinilah, proses berkebalikan dari POL terjadi. Kargo dikeluarkan dari kapal atau sarana transportasi, dan kemudian diklasifikasikan untuk pemindahan ke sarana transportasi lanjutan atau tempat penyimpanan sementara.

Baca juga  Administrasi Gudang adalah: Pengertian, Gaji dan Tugasnya

Pemeriksaan kualitas barang juga dilakukan di POD untuk memastikan bahwa kargo tidak mengalami kerusakan selama perjalanan. Semua dokumen, termasuk Bill of Lading, manifest kargo, dan dokumen pabean lainnya, diperiksa dan diproses di POD. Hal ini penting untuk memastikan bahwa kargo mematuhi semua persyaratan peraturan dan pajak yang berlaku di negara tujuan.

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis pengiriman dan perdagangan internasional, POL dan POD adalah konsep yang mendasar. Mereka mewakili titik awal dan akhir dalam perjalanan barang melintasi batas-batas negara. Memahami peran dan proses di balik POL dan POD adalah kunci untuk menjaga kelancaran aliran perdagangan global yang kompleks dan penting.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top