Oaktree Blog

Issued Artinya Pada Tiket Perjalanan (Pesawat, Kereta, Bus)

Issued Artinya Pada Tiket Perjalanan (Pesawat, Kereta, Bus)

Oaktree.id – Apakah Anda pernah mendengar tentang istilah issued dan artinya? Ini adalah istilah yang biasanya digunakan dalam konteks pembelian tiket dan memiliki arti khusus yang perlu dipahami, terutama saat Anda melakukan perjalanan dengan transportasi yang memerlukan tiket seperti pesawat, kereta, atau bus.

Apa Itu Issued Pada Tiket Perjalanan?

Issued artinya adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tiket yang telah melalui proses pembayaran dan siap untuk dicetak. Ini menandakan bahwa pembelian tiket telah selesai dan tiket tersebut siap digunakan untuk melakukan perjalanan.

Dalam kamus bahasa Indonesia, “tiket” merujuk pada karcis atau surat izin untuk menggunakan transportasi seperti kapal, pesawat terbang, atau moda transportasi lainnya. Sementara itu, kata “issued” artinya dalam bahasa Inggris yang berarti “diterbitkan” atau “dikeluarkan”.

Baca juga  Pengertian Perdagangan Internasional: Manfaat dan Untungnya

Dengan demikian, issued tiket mengindikasikan bahwa status data booking tiket yang telah dibuat sebelumnya telah berubah menjadi “confirmed” atau “sudah ok” setelah proses pembayaran dilakukan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Setelah tiket tersebut berubah status menjadi issued, Anda dapat mencetaknya menggunakan mesin pencetak tiket dan tiket tersebut siap untuk digunakan saat melakukan perjalanan.

Perbedaan Booking dan Issued Tiket Pesawat

Ketika Anda memesan tiket pesawat, Anda mungkin sering mendengar istilah “booking” dan “issued tiket”. Namun, tidak semua orang memahami perbedaan antara keduanya. Ini sering menyebabkan kebingungan di kalangan pelanggan.

Baca juga  Silica Gel Adalah : Pengertian dan Manfaatnya

Mari kita bahas lebih lanjut mengenai pengertian kedua istilah ini.

Pengertian Booking Tiket Pesawat

Booking adalah langkah awal dalam memesan tiket pesawat. Ini berarti Anda menahan harga tiket atau mendapatkan kursi dengan harga tertentu untuk rute dan tanggal perjalanan yang Anda inginkan. Namun, penting untuk diingat bahwa setelah melakukan booking, Anda memiliki batas waktu tertentu untuk membayar tiket tersebut.

Jika Anda tidak membayar dalam batas waktu yang ditentukan, booking akan dibatalkan. Booking tiket pesawat biasanya dapat dilakukan secara gratis, baik melalui travel agen atau maskapai penerbangan. Namun, Anda harus memperhatikan batas waktu pembayaran agar tidak kehilangan kesempatan untuk mendapatkan harga tiket yang Anda inginkan.

Pengertian Issued Tiket Pesawat

Issued tiket pesawat merupakan langkah selanjutnya setelah booking. Ini berarti tiket pesawat telah diterbitkan atau dicetak sesuai dengan data yang Anda masukkan saat melakukan booking. Proses issued tiket biasanya dilakukan setelah Anda menyetujui rute, jam keberangkatan, tanggal keberangkatan, dan harga tiket.

Baca juga  Tips Mudah Memilih Jasa Ekspedisi ke Luar Negeri

Jika Anda membeli tiket langsung dari travel agen, pembayaran dapat dilakukan setelah tiket diproses issued. Namun, jika Anda membeli tiket dari maskapai penerbangan melalui website resmi mereka, Anda harus melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum tiket diproses issued. Penting untuk diperhatikan bahwa setelah tiket diproses issued, nama penumpang tidak dapat diubah lagi.

Dengan demikian, penting untuk memahami perbedaan antara booking dan issued tiket pesawat. Selalu pastikan untuk membayar tiket dalam batas waktu yang ditentukan setelah melakukan booking agar tidak kehilangan kesempatan untuk mendapatkan harga tiket yang Anda inginkan. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top