Oaktree Blog

Green Freight Transport : Solusi Transportasi Ramah Lingkungan

green freight transport

Transportasi barang di era yang sudah maju ini telah menjadi tulang punggung perekonomian global, tetapi sayangnya juga menyebabkan dampak negatif terhadap lingkungan.

Peningkatan emisi gas rumah kaca dan pencemaran udara yang dihasilkan oleh transportasi barang konvensional telah mendorong perlunya adopsi solusi ramah lingkungan, seperti transportasi barang hijau atau yang dikenal dengan istilah “green freight transport”.

Isu lingkungan menjadi isu yang besar bagi Indonesia terlebih sekarang ini para PNS diperkerjakan dari rumah alias WFH.

Tapi sebenarnya isu terbesar terkait lingkungan ada di Pembangunan Pembangkit Listrik yang menggunakan batu bara sebagai energi utamanya.

Dalam artikel ini kita tidak akan lebih dalam tentang PLTU batu bara, tetapi akan coba masuk lebih dalam tentang apa itu green freight dan perannya dalam mengatasi masalah lingkungan.

Apa itu Green Freight Transport?

Green freight transport mengacu pada upaya untuk mengurangi dampak lingkungan dari transportasi barang melalui penerapan teknologi dan praktik berkelanjutan.

Baca juga  Apa Itu Consignee? Jawaban Lengkap untuk Anda yang Penasaran

Tujuan utama dari konsep ini adalah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, polusi udara, dan dampak lainnya pada lingkungan, sambil tetap memenuhi kebutuhan logistik dan perekonomian.

Teknologi dan Inovasi

Salah satu pilar utama dari teknologi ini adalah penerapan teknologi canggih. Penggunaan kendaraan ramah lingkungan, seperti truk listrik atau hibrida, adalah contoh nyata dari upaya ini.

Kendaraan semacam ini dapat mengurangi emisi gas buang dan tingkat kebisingan, serta menghemat bahan bakar. Selain itu, sensor dan sistem telematika digunakan untuk mengoptimalkan rute perjalanan, mengurangi waktu perjalanan dan konsumsi bahan bakar.

Baca juga  Pengertian Barang OEM & Perbedaannya Dengan Barang Original

Penerapan Energi Terbarukan

Penggunaan energi terbarukan, seperti tenaga surya atau tenaga angin, dalam operasi logistik juga menjadi komponen penting dari green freight transport. Stasiun pengisian kendaraan listrik yang ditenagai oleh sumber energi terbarukan dapat mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Baca Juga : Backflush Adalah : Konsep & Manfaat dalam Proses Manufaktur

Optimasi Rute dan Konsolidasi Pengiriman

Mengoptimalkan rute pengiriman dan mengonsolidasikan barang adalah cara lain untuk mengurangi dampak lingkungan.

Dengan merencanakan rute yang lebih efisien dan menggabungkan pengiriman dari beberapa pengirim ke tempat yang sama, jumlah perjalanan yang diperlukan dapat dikurangi, sehingga mengurangi emisi dan biaya operasional.

Kolaborasi dan Regulasi

Keterlibatan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, perusahaan logistik, dan produsen kendaraan, sangat penting dalam mendorong adopsi green freight transport.

Baca juga  Kesalahan Kode Pengiriman TLC, Ini Maksudnya!

Regulasi yang mendukung penggunaan teknologi ramah lingkungan dan memberikan insentif bagi perusahaan untuk mengadopsinya dapat berperan dalam percepatan perubahan menuju solusi transportasi yang lebih berkelanjutan.

Manfaat Green Freight Transport

Teknologi ini memiliki manfaat yang signifikan. Selain mengurangi dampak lingkungan, ini juga dapat mengurangi biaya operasional jangka panjang.

Pengurangan biaya bahan bakar dan pemeliharaan kendaraan dapat memberikan dampak positif pada efisiensi dan profitabilitas perusahaan logistik.

Baca Juga : Revolusi Teknologi dalam Layanan Freight Forwarding Oaktree.id

Kesimpulan

Green freight transport adalah tonggak penting dalam upaya menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.

Melalui penerapan teknologi canggih, penggunaan energi terbarukan, optimasi rute, dan kolaborasi lintas sektor, transportasi barang dapat menjadi lebih ramah lingkungan tanpa mengorbankan efisiensi logistik.

Dengan dukungan semua pihak, visi transportasi barang yang hijau dapat menjadi kenyataan yang bermanfaat bagi planet kita dan generasi yang akan datang.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top