Oaktree Blog

Apa Itu Detention Dalam Dunia Logistik? Simak Penjelasannya

detention

Dalam halnya dunia freight forwarding Ada suatu istilah yang mungkin sudah sering di dengar bagi pelaku industri logistik. Yap ada Detention.

Detention adalah suatu proses yang terjadi saat kendaraan pengangkut tidak dapat mengambil muatan atau mengirimkan sesuatu pada waktu yang ditentukan. Hal ini biasanya terjadi karena keterlambatan atau kesalahan yang dilakukan oleh pihak yang menyediakan jasa logistik. Dalam dunia logistik, detention adalah salah satu masalah yang harus dihadapi.

Kita akan ulas lebih lanjut tentang detention pada artikel ini, jadi pastikan Anda membacanya sampai tuntas ya.

Baca juga  Ketahui Tentang Ekspedisi Udara, Jenis Pengiriman Favorit

Apa Itu Detention?

Ketika terjadi detention, biaya yang dikenakan kepada pihak yang menyediakan jasa logistik biasanya berupa biaya keterlambatan, biaya pemeliharaan, biaya pemulihan, atau biaya lain yang dipungut dari pihak yang bersangkutan. Biaya ini biasanya dibebankan kepada pelanggan atau pihak yang menerima barang yang tertunda. Kebanyakan biaya detenttion juga dikenakan kepada pihak yang menyediakan layanan logistik untuk menutupi biaya yang terjadi.

Untuk mengurangi risiko detention, beberapa pihak yang menyediakan layanan logistik telah mengembangkan berbagai teknik untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya. Misalnya, teknik ini dapat meliputi pemantauan kendaraan secara real-time, pengiriman barang segera setelah pengiriman, penyederhanaan proses pengiriman, dan pengembangan sistem yang lebih baik.

Baca juga  Paket dari China ke Indonesia: Berapa Lama Pengirimannya?

Baca Juga : Demurrage Adalah : Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya

Namun, untuk mengantisipasi risiko detenttion, beberapa pihak yang menyediakan layanan logistik juga menetapkan syarat-syarat penggunaan yang harus dipatuhi, seperti batas waktu pengiriman, penundaan pengiriman, dan lainnya. Hal ini penting untuk memastikan bahwa kendaraan atau barang yang dikirim dapat tiba tepat waktu.

Detention adalah masalah yang umum dalam dunia logistik. Meskipun terdapat berbagai teknik yang dapat digunakan untuk mengurangi biaya detenttion, pengiriman masih dapat tertunda karena keterlambatan atau kesalahan yang dilakukan oleh pihak yang menyediakan jasa logistik. Oleh karena itu, penting untuk melakukan berbagai upaya untuk mencegah detenttion sebelum terjadi.

Baca juga  Warehouse Management System: Pengertian dan Manfaatnya

Dalam dunia forwarding diperlukan monitoring untuk hal semacam ini, untungnya di zaman sekarang ini sudah ada software yang bisa memantau aktivitas itu semua.

Ya, Oaktree, memberikan kemudahan pelaku forwarding di Indonesia bahkan luar negeri untuk melakukan monitoring, tracking, dan masih banyak lagi.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top