Oaktree Blog

Apa Itu Commercial Invoice, Simak Ulasan Lengkapnya

commercial invoice

Ketika melakukan bisnis melalui jalur luar negeri, salah satu dokumen yang harus diterbitkan adalah commercial invoice. Commercial invoice adalah dokumen yang berisi informasi tentang barang yang akan dikirimkan dari satu pihak ke pihak lain. CI seringkali digunakan untuk mengkonfirmasi kesepakatan harga antara pembeli dan penjual.

Pengertian Commercial Invoice

Selain itu, commercial invoice juga biasa digunakan sebagai dokumen untuk pembayaran, untuk membantu pembeli mempersiapkan dokumen yang diperlukan untuk pembayaran, dan untuk memastikan bahwa pengiriman telah tiba di tujuan.

Commercial invoice biasanya diterbitkan oleh penjual dan dikirimkan kepada pembeli sebagai bukti pembelian. CI biasanya berisi informasi seperti nama pembeli dan penjual, jenis barang yang dipesan, harga per unit, banyaknya barang yang dipesan, alamat pengiriman, dan informasi lain yang dibutuhkan untuk memproses pembayaran.

Baca juga  Software EMKL : Gunakan Software Ini Untuk Perusahaan Anda

Commercial invoice juga biasanya berisi informasi tentang biaya pengiriman dan biaya cukai yang harus dibayar oleh pembeli sebelum barang dikirimkan.

Karena commercial invoice berfungsi sebagai bukti pembelian dan sebagai dokumen untuk memproses pembayaran, maka dokumen ini harus diisi dengan benar dan akurat. CI juga harus disertai dengan dokumen pendukung lainnya, seperti packing list, dokumen pengiriman atau dokumen pabean.

Baca Juga : Pengertian dan Penjelasan Tentang Undername

Fungsi Dari Commercial Invoice

Commercial invoice merupakan dokumen penting yang harus disiapkan dalam proses bisnis internasional. Dengan menggunakan commercial invoice, pelaku bisnis dapat memastikan bahwa mereka telah melakukan transaksi dengan benar dan akurat.

Commercial invoice juga berguna untuk memastikan bahwa barang yang dikirim sesuai dengan hukum dan peraturan internasional.

Baca juga  Apa Itu Kurs : Pengertian dan Kurs Dollar Hari Ini

Mereka memberikan informasi tentang mana yang bertanggung jawab atas pengiriman, jenis produk yang dikirim, dan kewajiban bea cukai. Ini sangat penting untuk memastikan bahwa produk dikirim dengan aman dan tepat waktu. CI juga berguna untuk memastikan bahwa transaksi internasional berjalan lancar.

Mereka memberikan informasi yang berguna untuk memastikan bahwa pengiriman tepat waktu dan tidak ada masalah dengan pembayaran atau bea cukai.

Baca juga  Ekspor dan Impor: Pengertian, Tujuan dan 5 Contoh Kebijakannya

Baca Juga : Ketahui Lebih Lanjut Tentang Surat Registrasi Pabean

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, CI adalah dokumen yang penting yang harus disediakan untuk setiap pengiriman internasional. Mereka memberikan informasi yang berguna untuk tujuan pengiriman, pembayaran, dan kewajiban bea cukai. Ini sangat penting untuk memastikan bahwa transaksi internasional berjalan lancar dan tepat waktu.

Bagikan artikel ini ke

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Layanan paling populer di Indonesia untuk bisnis
EMKL EMKU Logistik Distribusi |