Oaktree Blog

Bill of Lading adalah : Berikut Pengertian dan Contohnya

Bill of Lading adalah _ Berikut Pengertian dan Contohnya

Apa itu Bill of Lading?

Bill of Lading adalah dokumen yang bertindak sebagai bukti pengiriman barang yang dibuat / dikeluarkan oleh pengirim barang. Ini menyatakan jenis barang, jumlahnya, tujuan, dan informasi lainnya tentang pengiriman. Salinan dari Bill of Landing diberikan kepada penerima barang, yang kadang disebut sebagai “konosemen”.

Sebuah Bill of Landing dapat digunakan untuk melacak pengiriman dan memastikan bahwa barang yang dikirim telah diterima. Ini juga digunakan sebagai bukti pembayaran untuk pengiriman. Bill of Landing mengkonfirmasi bahwa suatu barang telah diterima oleh penerima dan tidak mengalami kerusakan.

Baca juga  Poin Penting Dalam Bisnis Forwarding Dalam Bisnis

Di dalam Bill of Landing, pengirim yang mengirimkan barang tersebut menyatakan bahwa barang-barang tersebut telah diterima dalam keadaan baik. Ini berarti bahwa penerima barang bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan barang-barang tersebut setelah mereka diterima.

Contoh Bill of Landing

Contoh Bill of Lading

Bill of Lading dapat menyimpan informasi penting bagi pengirim dan penerima, seperti nama pengirim, nama penerima, alamat, nomor kontainer, jumlah kontainer, jenis barang, dan jumlah barang. Hal ini juga akan mencakup informasi tentang biaya pengiriman, waktu pengiriman, dan lokasi pengiriman.

Baca juga  Peluang Bisnis Distributor: Menggali Potensi yang Menguntungkan

Bill of Landing juga dapat berfungsi sebagai bukti pembayaran untuk pengiriman. Dokumen ini akan mencakup informasi tentang bagaimana pembayaran akan ditangani. Bill of Landing dapat diterbitkan oleh beberapa perusahaan pengiriman yang berbeda, dan kadang-kadang juga diterbitkan oleh pengirim sendiri.

Bill of Lading adalah dokumen penting yang harus diikuti ketika mengirimkan barang. Ini akan memastikan bahwa barang yang dikirim diterima dalam keadaan baik, dan akan memberikan bukti pembayaran yang sah. Ini juga memungkinkan orang yang mengirim barang untuk melacak pengiriman mereka dan mengetahui apakah barang-barang yang dikirim telah tiba di tujuan atau tidak.

Baca juga  Green Freight Transport : Solusi Transportasi Ramah Lingkungan

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top