Oaktree Blog

Bagging Artinya: Proses Pengemasan yang Harus Diketahui

Bagging Artinya

Bagging Artinya Apa?

Bagging artinya dalam bahasa Indonesia dikenal juga sebagai proses pengepakan barang adalah suatu proses yang dilakukan untuk mengemas barang-barang dengan tujuan pengiriman yang spesifik.

Dalam tahap ini, barang-barang tersebut akan dikemas dengan hati-hati dan diperlakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Bagging memainkan peran penting dalam rantai pasokan, memastikan barang dapat sampai ke tujuan dengan aman dan terorganisir.

Tahapan-tahapan Bagging

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui dalam proses bagging. Tahapan-tahapan ini memiliki peran masing-masing dalam memastikan barang dikemas dengan baik dan siap untuk dikirim. Berikut adalah tahapan-tahapan penting dalam bagging:

  1. Sorting
    Sorting adalah tahap awal dalam proses bagging. Pada tahap ini, barang-barang yang akan dikirim akan dikelompokkan berdasarkan tujuan pengiriman atau destinasi.Misalnya, barang-barang tersebut dapat ditempatkan pada satu palet dan dikirim ke suatu kota atau daerah, seperti Sukabumi. Proses sorting ini penting untuk memastikan bahwa barang-barang yang memiliki tujuan yang sama dapat dikemas bersama-sama.
  2. Pembuatan Manifest
    Manifest barang merupakan dokumen yang sangat penting dalam proses bagging. Manifest ini berfungsi sebagai identitas barang yang akan dikirim.Jika barang tidak memiliki manifest, maka barang tersebut tidak akan memiliki identitas yang jelas.

    Tanpa identitas yang jelas, barang tersebut akan sulit untuk dijual atau dikirimkan kepada penerima yang tepat. Manifest barang berisi informasi yang lengkap mengenai jenis barang, berat barang, volume barang, dan informasi lainnya yang diperlukan.

  3. Labeling
    Setelah manifest dibuat, tahap selanjutnya dalam bagging adalah pemberian label pada barang. Label ini bertujuan untuk memberikan informasi yang jelas mengenai tujuan pengiriman barang. Misalnya, kardus A dapat diberi label “Sukabumi”.Dengan adanya label ini, kardus tersebut akan dipisahkan dan dikelompokkan bersama barang-barang lain yang memiliki tujuan pengiriman yang sama. Proses labeling ini membantu dalam mengidentifikasi dan mengatur barang-barang yang akan dikirimkan.
  4. Pembuatan SMU (Surat Muatan Udara)
    SMU atau Surat Muatan Udara adalah dokumen penting yang diperlukan dalam pengiriman udara. SMU berfungsi sebagai bukti perjanjian antara pengirim kargo dan pihak pengangkut udara.Dokumen ini memberikan hak kepada penerima kargo untuk mengambil barang yang dikirim. Dalam SMU, terdapat informasi rinci mengenai barang yang dikirim, seperti jenis barang, jumlah, berat, dan informasi lainnya yang diperlukan dalam proses pengiriman.
  5. Prealert
    Prealert adalah pemberitahuan yang dikirim kepada pihak bandara bahwa barang telah dikirimkan ke gudang bandara. Pemberitahuan ini penting untuk memberikan informasi kepada pihak terkait di bandara mengenai kedatangan barang.Dengan adanya prealert, pihak bandara dapat mempersiapkan segala sesuatunya untuk proses pengiriman lebih lanjut.
  6. Regulated Agent (RA)
    Regulated Agent atau Badan Hukum Terkendali merupakan badan usaha di Indonesia yang memiliki izin khusus untuk melakukan pemeriksaan keamanan terhadap barang dan pos yang akan dikirim melalui angkutan udara.RA memiliki peran penting dalam proses bagging, karena mereka bertanggung jawab untuk memastikan keamanan barang-barang yang dikirimkan. RA menjalankan kegiatan usaha dengan badan usaha angkutan udara dan telah memperoleh izin dari Direktur Jenderal untuk melaksanakan pemeriksaan keamanan.

Dalam proses bagging, tahapan-tahapan ini harus dilakukan dengan teliti dan teratur. Setiap tahap memiliki peran penting dalam memastikan barang dikemas dengan baik, teridentifikasi dengan jelas, dan siap untuk dikirimkan. Dengan memahami bagging artinya dengan baik, kita dapat meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam pengiriman barang.

Baca juga  Shipping Barrels : Apa Itu dan Jenis Barang yang Bisa Dikirim

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top