Oaktree Blog

Cari Tau Tentang Apa Itu Proforma Invoice

proforma invoice

Dalam sebuah layananya, terkadang suatu perusahaan menerbitkan yang namanya proforma invoice. Pembahasan tentang hal ini sebenarnya sudah banyak sekali dibahas. Namun apakah Anda sudah tau dengan apa pengertiannya dan tujuan dari adanya proforma invoice ini.

Dalam artikel ini, kita akan coba membahas tentang apa itu proforma invoice.

Pengiriman barang dan layanan internasional seringkali melibatkan proses administrasi yang rumit, termasuk penggunaan dokumen-dokumen yang penting. Salah satu dokumen yang sering digunakan dalam perdagangan internasional adalah proforma invoice. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu proforma invoice, tujuannya, dan bagaimana cara menggunakannya.

Apa Itu Proforma Invoice

Proforma invoice adalah dokumen yang digunakan untuk memberikan rincian tentang barang atau layanan yang akan dikirimkan atau diberikan kepada penerima. Hal ini berfungsi sebagai perkiraan tagihan atau tawaran harga yang dikirimkan kepada pelanggan sebelum transaksi aktual terjadi.

Baca juga  Arti Damaged dalam Bahasa Gaul, Game, dan Cargo

Proforma invoice biasanya diterbitkan oleh eksportir atau penjual kepada importir atau pembeli sebagai referensi dan persetujuan sebelum mengirimkan barang atau memulai layanan.

Tujuan dari proforma invoice adalah memberikan informasi yang jelas dan terperinci kepada penerima mengenai spesifikasi barang atau layanan yang ditawarkan.

Ini mencakup informasi seperti deskripsi barang, jumlah, harga unit, total harga, tanggal pengiriman atau pemberian layanan, syarat pembayaran, dan instruksi pengiriman. Proforma invoice juga dapat mencakup informasi tambahan, seperti kode produk, berat, ukuran, dan kondisi khusus lainnya.

Baca Juga : Alat Konversi Cm in Feet: Mudahnya Mengubah Satuan Panjang

Fungsi Proforma Invoice

Proforma invoice memiliki beberapa kegunaan penting.

Fungsi Pertama, itu membantu pembeli dalam merencanakan dan menganggarkan pembelian mereka. Dengan memiliki proforma invoice sebelum transaksi, pembeli dapat memperkirakan biaya total yang terkait dengan pengiriman barang atau pemberian layanan tersebut. Ini membantu dalam pengelolaan keuangan dan perencanaan bisnis mereka.

Baca juga  Arti Kata dari Vessel dalam Kelautan

Selanjutnya, proforma invoice memungkinkan pembeli untuk melakukan verifikasi terhadap spesifikasi barang atau layanan yang ditawarkan. Ini memungkinkan mereka untuk memastikan bahwa apa yang mereka pesan sesuai dengan yang mereka harapkan dan memungkinkan untuk negosiasi lebih lanjut jika ada perbedaan atau ketidaksesuaian.

Ketiga, proforma invoice juga digunakan oleh eksportir atau penjual sebagai referensi untuk pengiriman dan proses logistik. Ini membantu dalam mengatur pengiriman, mengoordinasikan persyaratan khusus, dan mempersiapkan dokumen-dokumen lain yang diperlukan untuk keperluan bea cukai atau perizinan ekspor.

Baca Juga : Bagging Artinya: Proses Pengemasan yang Harus Diketahui

Penggunaan Proforma Invoice

Dalam penggunaannya, proforma invoice harus disiapkan dengan hati-hati dan akurat. Informasi yang diberikan harus jelas, terperinci, dan sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat antara kedua belah pihak.

Baca juga  Apa Nama Pelabuhan di Jakarta? 12 Pelabuhan Jakarta

Jika ada perubahan atau revisi, perlu dilakukan perubahan dalam proforma invoice dan disampaikan kepada penerima untuk persetujuan mereka.

Penting untuk dicatat bahwa proforma invoice berbeda dari faktur komersial. Proforma invoice bukan merupakan dokumen pembayaran yang sah dan tidak mengikat penerima untuk melakukan pembayaran. Ini hanya berfungsi sebagai perkiraan atau tawaran harga.

Faktur komersial, di sisi lain, adalah dokumen yang digunakan untuk pembayaran yang sah dan mencatat transaksi yang sebenarnya.

Dalam konteks perdagangan internasional, proforma invoice memainkan peran penting dalam menjaga transparansi, memfasilitasi perencanaan, dan memberikan informasi yang diperlukan kepada semua pihak yang terlibat. Dengan memahami penggunaan dan pentingnya proforma invoice, bisnis dapat memastikan proses perdagangan mereka berjalan dengan lancar dan efisien.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top